Kesalahan-Kesalahan Fatal Yang Dilakukan Blogger Pemula

Selamat tiba di blog Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula. pada kesempatan kali ini saya mau coba sharing mengenai hal-hal dasar tapi aneka macam dilewatkan oleh  para blogger, khususnya pemula.

Mungkin saja diantara sobat yang sedang membaca artikel ini, ada yang merupakan blogger atau juga yang ingin memulai ngeblog. Jadi, saya ingin kembali membuatkan tips perihal blogging untuk pemula semoga tidak salah arah kedepannya dalam mengelola blog.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Kesalahan-Kesalahan Fatal yang Dilakukan Blogger Pemula

Khusus bagi blogger pemula, tentu saja harus menghindari kesalahan-kesalahan kecil yang membuat ngeblog jadi tidak asik, sehingga mengakibatkan timbul imbas malas dan blog yang di kelola sepi pengunjung. Ada beberapa kiat yang harus sobat perhatikan semoga blog sobat tidak sepi pengunjung dan dipandang bagus di mata Google.

Kesalahan-Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Yang namanya manusia, tak pernah luput dari kesalahan. Demikian halnya blogger, kan blogger juga insan – bahkan blogger sukses sekalipun.
Berikut ini kesalahan-kesalahan yang mesti dihindari oleh sobat sebagai blogger pemula berdasarkan sudut pandang blog :

Tidak Memiliki Tujuan Ngeblog

Paling dasar dalam hal blogging ialah sobat harus mempunyai tujuan. Yang di maksud tujuan disini ialah tujuan untuk ngeblog. Sobat harus tahu kemana arah blog yang sobat kelola akan mengalir semoga tidak salah langkah. Hal yang paling simpel yang perlu sobat lakukan yakni memilih tujuan untuk blogging ialah dengan membuat visi misi yang terperinci dan niat yang berpengaruh untuk ngeblog.

Sebagai blogger pemula, Sobat dituntut untuk membuat misi semoga mempunyai pegangan kedepannya. Misalnya, sobat ingin membuatkan kepada pembaca perihal tips dan trik cara blogging, maka harus fokus membuat artikel tips dan trik cara blogging. Untuk spesifikasinya, pilih niche atau topik yang paling sobat kuasai dan merasa nyaman.

Salah Pilih Layanan Ngeblog

Banyak sekali layanan yang sanggup gunakan untuk aktivitas ngeblog, menyerupai Blogger.com, WordPress.com, Tumblr.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi berdasarkan saya langsung Blogger.com ialah pilihan sempurna buat sobat. Selain alasannya ialah gratis, blogger.com sangat simpel dipakai untuk pemula dan simpel di monetisasi ke AdSense. Maka dari itu sebelum melangkah pikirkan baik-baik layanan mana yang akan sobat gunakan

Tidak Mau Belajar Menulis

Menjadi blogger dan memutuskan untuk terjun di dunia Blogging sudah niscaya sangat indentik dengan  aktivitas menulis. Kalau tidak sanggup menulis dan tidak mau berguru menulis, bagaimana mau jadi blogger yang hebat?

Agar goresan pena menjadi indah, simpel dibaca dan bermanfaat untuk pembaca, sobat harus sanggup menulis dan mau berguru menulis semoga menjadi penulis yang baik. Ada aneka macam blogger profesional yang memperlihatkan tips cuma-cuma diblog mereka, semoga kau sanggup menulis lebih baik.

Bila perlu, tidak ada salahnya ikut kelas-kelas menulis yang diadakan komunitas blogger dan bergabung di forum-forum terkenal menyerupai kaskus.co.id, ads.id, dll.

Tidak Mengenal Audiens 

Satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger pemula ialah mereka tidak tahu siapa yang jadi sasaran audiens. Mereka membuat konten atau artikel perihal banyak hal tanpa menyadari apakah pembaca mau membacanya atau tidak.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Kesalahan-Kesalahan Fatal yang Dilakukan Blogger Pemula

Sebelum sobat mulai menulis, sobat terlebih dahulu harus punya citra yang terperinci perihal siapa yang sobat targetkan. Setelah itu, sobat perlu melaksanakan riset perihal apa yang ingin dibaca oleh sasaran audiens.

Tidak Mau Berinteraksi dengan Pembaca Melalui Kolom Komentar

Menerbitkan atau memposting sebuah artikel berarti sobat harus siap-siap untuk menjawab pertanyaan dari pembaca yang singgah di blog sobat.

Ya, selain menulis hal-hal yang bermanfaat, sobat nanti akan berjumpa dengan komentar oleh pembaca. baik itu berupa apresiasi atau pertanyaan seputar artikel yang sobat tulis.

Perlu sobat diketahui, membalas komentar itu sangat penting, ini sanggup menjadi tanda kalau sobat care pada pembaca. Bila satu komentar dibalas dengan baik, maka pembaca lainnya juga ikut memperlihatkan komentar di artikel kau dan secara otomatis, reputasi kau jadi meningkat di dunia maya.

pesanku, jangan malas-malas balas komentar pembaca ya, kecuali komentar SPAM yang wajib dihapus.

Tidak Mau Tau Tentang SEO

Selain sobat harus berguru menulis, sobat juga di tuntut dan juga wajib berguru Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Blogger Pemula Kesalahan-Kesalahan Fatal yang Dilakukan Blogger Pemula

Ini akan berkhasiat untuk membuat kualitas konten yang kau buat bernilai dimata Google dan mesin pencari lainnya. Belajar SEO tidak sulit, bahkan ada beberapa ebook perihal SEO yang tersebar gratis di internet yang sanggup sobat download untuk belajar. Sobat juga di tuntut harus berguru SEO On Page dan SEO Off Page.

Referensi: Download Ebook Gratis.

Sibuk dengan Tampilan Blog

Kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula ialah terlalu sibuk dengan tampilan blog. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll.

Memiliki tampilan blog yang keren memang bagus, tapi yang akan membuat blog sobat menjadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah alasannya ialah tampilan, tapi alasannya ialah konten sobat sobat sajikan di blog. Biar blog elok tapi tidak di topang dengan konten yang berkualitas percuma juga.

Blog Loading Lambat dan Tidak Responsive

Hari gini masih punya blog loading lambat, gak jamannya!. Blogger pemula harus tau, kecepatan jalan masuk sebuah blog akan penentu kesuksesan. Semakin cepat blog, semakin disukai oleh pembaca dan mesin pencari terutama Google.

Lalu apa saja faktor-faktor yang mengakibatkan sebuah blog menjadi lelet dan lambat dikala diakses?
  • Punya gambat/foto tidak di kompres dulu sebelum di publish
  • Terlalu banyak pakai plugin atau widget yang tak berkhasiat di blog
  • Salah pilih tema atau template. Gunakan template VioMagz menyerupai blog ini
  • Tidak kompress script CSS, HTML dan JavaScript
Selain gosip blog lambat, blogger pemula tidak peduli terhadap tema responsive, apa itu?

Tema responsive ialah tema atau template yang kalau dibuka melalui desktor dan mobile tampilannya akan mengikuti ukuran gadget-nya. Dengan punya tema atau template responsive, seorang blogger tidak perlu repot untuk memikirkan tema untuk versi mobile.

Mementingkan Kuantitas daripada Kualitas

Blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan goresan pena sebanyak mungkin dengan keinginan sanggup dengan cepat mendapat banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingan yang di hasilkan berkualitas atau tidak,atau hasil nulis sendiri atau hasil jiplak goresan pena blogger lain. Alhasil blognya dan artikel kalah bersaing di PageOne

Malas Bergabung di Komunitas Blogger

Makara blogger itu harus banyak asupan energi, gak sanggup sendirian jalan nanti sanggup cepat bosan dan mengakibatkan blog terbengkalai.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, seorang blogger sangat disarankan untuk ikutan sebuah grup blogger, baik online atau offline. Ini sangat berkhasiat untuk menambah jaringan pertemanan, serta meningkatkan blogging skill alasannya ialah bertemu para master dan tentunya menjadi motivasi tersendiri untuk sanggup sebaik mereka.

Tidak mempromosikan blog

Ketika sobat membuat blog, itu artinya kau telah membentuk sebuah bisnis gres di internet.

Sama dengan kebanyakan bisnis lainnya yang membutuhkan promosi semoga dikenal orang, sebuah blog juga butuh promosi semoga keberadaannya diketahui dan artikelnya dibaca orang.

Oleh alasannya ialah itu, jangan hingga blog yang sobat kelola sudah bagus-bagus dibuat, tapi tidak pernah di promosikan. Harus ada sistem jemput bola untuk mempromosikan blog, apalagi masih gres dan belum terkanal.

Banyak cara untuk mempromosikan blog, sanggup melalui forum-forum online, sosial media, hingga iklan di facebook ads atau media iklan lainnya kalau sobat sudah mempunyai modal.

Jika kau blogger pemula dan belum punya cukup dana untuk promosi, maka sanggup coba cara yang sederhana, yaitu dengan membagikan artikel terbaru di lembaga online atau menambahkan alamat blog di setiap profil kamu, simpel bukan?

Tapi semua kembali ke diri masing-masing blogger. Jika sobat menggangap mempromosikan blog tidak penting dan menjalankan blog hanya untuk kesenangan belajar. Sobat sanggup melaksanakan yang diinginkan.

sibuk memikirkan traffic blog

Punya blog yang banyak dikunjungi oleh orang setiap harinya, siapa yang tidak ingin? Semua blogger ingin menyerupai itu  baik pemula atau senior.

Tapi terlalu berharap banyak pada pengunjung akan tinggi ketika awal mulai ngeblog ialah sebuah hal yang mustahil. Butuh proses yang panjang untuk mendapat traffic yang tinggi, salah satunya dengan mempunyai konten yang berkualitas. Makara intinya, pengunjung akan tiba pada saatnya. Jangan khawatir soal traffic!

Terlalu banyak membaca informasi tapi minim praktek

Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu hingga kepalanya penuh dengan informasi dan gundah yang mana yang harus dipraktekan. Lebih baik sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan daripada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak digunakan.

Inkonsistensi

Banyak blogger gres mulai dengan bersemangat berapi-api tapi seiring waktu mereka mejadi inkonsisten, tidak sering blogging, tidak bersahabat dengan pembaca, atau menulis artikel sekenanya.

Mempertimbangkan jumlah blogger dan konten yang menyerang kita setiap harinya, menjadi inkonsisten sanggup jadi kesalahan fatal seorang blogger. Pembaca akan lupa perihal sobat dengan cepat dan sobat akan kehilangan semua sumber traffic .

Baca Juga: 6 Tips Agar Visitor Blog Tetap Stabil Meskipun Malas Mengupload Artikel

Sebelum mulai blogging, coba atur kiprah dengan cara yang realistis semoga Anda selalu tahu apa yang harus dilakukan. Buat kalender editorial bulanan untuk inspirasi posting blog dan tulis sebanyak mungkin. Setelah menerbitkan satu posting, pastikan Anda punya waktu untuk mempromosikannya.

Mencakup Terlalu Banyak Topik

Kesalahan lain yang dilakukan blogger ialah meliputi terlalu banyak topik. Banyak blogger ingin tampil untuk sebanyak mungkin audiens jadi mereka menulis perihal banyak topik. Masalahnya ialah lingkup blog sanggup menjadi hilang dan mungkin tidak menarik bagi audiens. Mendefinisikan beberapa area kunci yang blog post akan cakup sanggup dengan baik mengasah konten dan memfokuskan pengetahuan dan keahlian blogger.

Membuat terlalu banyak blog

Jujur cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog sobatku, puluhan bahkan hingga ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog alasannya ialah akan membuat tidak fokus dan membuat sobat stres.

Meskipun sobat bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan sobat. Jika sobat ingin membuat blog semoga sanggup terkenal dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.

Membuat Judul atau Headline yang Jelek

Headline yang jelek sanggup mengakibatkan traffic yang buruk. Judul jadi pecahan yang menarik pembaca ke konten, jadi harus menarik perhatian. Yang biasa dilakukan blogger gres ialah mereka tidak memberi kejelasan perihal isi postingan, atau mereka terlalu berusaha keras untuk jadi cerdas atau lucu, sayangnya ini tidak berhasil.

Baca Juga: Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Semakin spesifik sobat perihal subjek yang ditulis, akan lebih baik. Ini tidak hanya memberi pembaca informasi lebih perihal seberapa berharga postingan sobat untuk mereka, tapi juga meningkatkan kemungkinan peringkat post di mesin pencari alasannya ialah kompetisi yang kurang untuk istilah yang sobat gunakan.

Sebisa mungkin buat headlines yang pendek, tapi tetap deskriptif. Jangan gunakan 10 kata bila Anda sanggup mengatakannya dalam  7 kata. Google membatasi judul hingga 70 huruf jadi Anda harus selalu membuat judul di bawah jumlah ini.

Tidak Memperhatikan Editan Artikel

Pada banyak blog, baik yang gres atau lama, Anda sanggup tahu kalau kontennya tidak diedit sama sekali, bahkan terlihat menyerupai diterbitkan segera sesudah ditulis. Blog post yang tidak diedit atau sembarang diedit dengan duduk kasus struktur bahasa, kalimat tidak efektif, penggunaan kata yang tidak perlu, dan sebagainya, membuat pengalaman membaca yang jelek dan hal ini mengkomunikasikan kalau Anda tidak memperhatikan hal rinci.

Terlalu berambisi untuk menghasilkan uang dari Blog

Siapa sih yang tidak pengin mendapat uang hanya dengan nulis-nulis doang di depan layar monitor? Saya pengin, semua orang juga kepengin.

Tapi kalau sobat gres berguru ngeblog, apalagi berguru dari nol, maka cukup penting untuk tidak terlalu berambisi menghasilkan uang dari blog. Setidaknya untuk tahun-tahun pertama fokuslah untuk mempelajari hal-hal dasar perihal blog lebih dulu.

Ngeblog itu bukan hanya duduk kasus uang, masih banyak manfaat lain yang sanggup kita dapatkan dari blog. Dari sanggup jadi pinter nulis, berguru banyak hal, tidak gaptek, dan yang paling utama sanggup membantu orang lain melalui goresan pena yang kita buat.

Akhir Kata...

Tiap orang membuat kesalahan, dan blogger tidak terlepas dari hal ini. Apa yang berdasarkan sobat jadi kesalahan terbesar dan paling umum yang dilakukan blogger? Dan kesalahan apa yang sobat perbuat sebagai blogger? segera perbaiki. Semoga tips perihal blogging di atas bermanfaat.

0 Response to "Kesalahan-Kesalahan Fatal Yang Dilakukan Blogger Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel