Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo Off Page Untuk Website Atau Blog, Terbukti Ampuh!

Selamat tiba di blog . Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog, Terbukti Ampuh!. Bagi para blogger atau pemilik mutlak sebuah website atau blog mungkin sudah tak ajaib lagi dengan istilah Search Engine Optimization atau disingkat SEO. Ada dua jenis SEO yang biasa dipakai yakni On-Page dan Off- Page.

Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog, Terbukti Ampuh!

Tujuan utama seorang blogger memakai SEO semoga menaikan traffik dan page ranking di mesin pencari.  Sobat ingin website atau blog sobat muncul di halaman pertama Google atau setidaknya urutan kelima dari halaman pertama maka lakukan keduanya secara maksimal untuk blog sobat antara off page SEO dan on page SEO.


Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai SEO off page dan bagaimana cara pengoptimasiannya.

Cara Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog

DAFTAR ISI
 Apa itu SEO Off Page?
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page?
Mengapa SEO Off Page  Penting untuk Blog?
 Metode Kuno Optimasi SEO Off Page untuk Website atau Blog
 Metode Baru Optimasi SEO Off Page, Terbukti Ampuh

Apa Itu SEO Off Page ?

SEO Of Page atau Of Page SEO merupakan langkah meningkatkan secara optimal SEO yang dilakukan diluar konten atau sanggup di bilang tidak ada hubungannya dengan halaman website atau blog. Jika di SEO On Page sobat bermain di faktor-faktor internal website, Tapi SEO of page lebih menggiring sobat untuk mengoptimasinya dari faktor eksternal website. Yang dimaksud dengan faktor eksternal disini adalah inbound link/backlink hingga share di media sosial.

Kebanyakan para blogger salah mempersepsikan soal SEO of page, yang paling umum di  SEO of page adalah hanya membahas ihwal linkbuilding atau backlink semata. Padahal meningkatkan secara optimal sesunggungnya ihwal SEO of page jauh lebih luas dari itu. Link building atau backlink merupakan faktor terpenting dalam SEO off page untuk sebuah website atau blog, tapi itu bukan satu-satunya.  Ada banyak sekali langkah yang sanggup sobat lakukan dalam meningkatkan secara optimal SEO off page dan saya coba akan menjelaskannya masing-masing secara lengkap pada artikel kali ini.

Sebelum melangkah terlalu jauh, sobat perlu mengenal apa perbedaan antara keduannya supaya paham dan tidak resah ihwal cara pengoptimasiannya nanti

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Disaat mesin pencari berusaha mengevalausi blog atau website sobat, hal pertama yang dilakukan yaitu hal-hal mengenai website sobat ( on page ) dan kemudian melihat seberapa populernya website sobat ( off page).

Kalau disederhanakan, kategori peringkat website sobat di tentukan oleh on page dan seberapa tinggi peringkat website atau blog sobat di tentukan oleh off page.

Dalam SEO on-page, cara atau tips yang biasanya dilakukan yaitu mengenai kecepatan loading halaman, konten, kualitas konten, eksternal links, internal links, template yang responsif, judul, deskripsi serta keyword LSI dan lainsebagainya. Sedangkan dalam SEO off-page, sobat akan diberikan tips mengenai link building, social media marketing, dan social bookmarking.

Mengapa SEO OF Page  Penting untuk Blog?

Pada ketika seseorang berusaha mencari informasi di internet, biasanya mereka sudah punya pendapat tersendiri berdasarkan review, komentar dari teman atau keluarga, bahkan kenalan dari dunia maya, serta informasi apapun yang mereka sanggup dapatkan baik online maupun offline.

SEO Off-page memegang peranan penting dalam memberi tahu mesin pencari menyerupai Google bagaimana pendapat pengunjung mengenai website sobat yang sanggup membantu website sobat menjadi website otoritas dengan meningkatkan visibilitas. Teknik ini juga menciptakan pengunjung menyebut website atau blog sobat dan menautkan ke konten website sobat dengan suka rela.

Metode Kuno Optimasi SEO Off-Page untuk Website atau Blog

  • Promosi Website atau Blog Melalui Forum

Meskipun tidak merugikan namun cara ini memakan waktu yang cukup banyak. Sobat diminta untuk menyebutkan dan membagikan nama Website atau Blog sobat di banyak sekali lembaga yang sesuai dengan topik atau niche yang di blog sobat. Lebih baik sobat memanfaatkan waktu yang terbuang sia-sia tersebut untuk meningkatkan hal penting lainnya dalam website sobat menyerupai tulis artikel yang berkualitas.

  • Mesubmit Website atau Blog dalam Mesin Pencari

Cara ini menjadi cara yang dulu umum dipakai untuk memastikan website atau blog sobat muncul dalam pencarian Google dan Bing. Tapi, dengan semakin berkembangnya algoritma mesin pencari, cara ini dianggap tidak lagi menyampaikan hasil yang optimal.

  • Direktori Konten / Artikel

Membuat konten untuk direktori artikel juga menjadi salah satu cara usang yang umum dilakukan dalam pemasaran konten. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak membaca website direktori ini lantaran artikelnya tidak berkualitas dan berisi hal-hal yang tidak relevan.

Saat Google Panda muncul, website direktori ini merupakan kategori website pertama yang mengalami penurunan trafiic yang signifikan.

  • Website Direktori

Ini merupakan cara yang dulunya dianggap ampuh namun kini website ini dianggap tidak berguna. Website ini jarang dikunjungi lantaran Google kini telah menggantikan kegunaan website direktori dengan waktu pencarian yang lebih cepat.

  • Social Bookmarking

Mengikuti lembaga sosial media menyerupai Reddit dan StumbleUpon akan menyampaikan hasil yang baik kalau merk Anda menjadi viral, namun kesempatan ini sangat sulit untuk didapatkan. Hal ini disebabkan website menyerupai ini di perbaharui dengan cepat sehingga kalau Anda mengunggah sesuatu, postingan Anda sanggup hilang keesokan harinya.

  • Penggunaan Sosial Media yang Berlebihan

Mungkin berdasarkan Anda semakin banyak sosial media yang Anda miliki semakin besar kemungkinan untuk meningkatkan traffic. Banyak sosial media yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Anda memerlukan jaringan sosial yang berkaitan untuk membantu promosi yang baik.

Fokuslah pada beberapa sosial media yang sesuai dengan bisnis Anda sehingga Anda sanggup berkonsentrasi dengan pengikut Anda di sosial media tersebut.

Metode Baru Optimasi SEO Off Page, Terbukti Ampuh

Link Building

Bicara ihwal SEO off page memang tidak pernah sanggup lepas dari link building. Link building merupakan faktor paling penting dalam SEO off page. Mengapa link menjadi faktor terpenting dalam SEO off page?

Sebab Google memakai algoritma berjulukan Page Rank. Page Rank yaitu algoritma yang menilai kuantitas dan kualitas backlink yang ada di sebuah website atau blog. Beberapa profesional SEO menyampaikan Page Rank sudah kedaluwarsa. Namun, faktanya Google mengonfirmasi bahwa Page Rank masih menjadi faktor evaluasi Google. 

Laporan dari Ahrefs pun menandakan ada kekerabatan kuat antara jumlah inbound link/backlink sebuah website terhadap performanya di hasil pencarian.



Grafik di atas memperlihatkan bahwa semakin banyak referring domain, semakin anggun tinggi juga organic traffic-nya. Referring domain yaitu domain yang menyampaikan inbound link/backlink ke sebuah website.

Oleh lantaran itu, sobat harus perlu mendapat backlink/inbound link berkualitas untuk memperkuat SEO off page website sobat. Nah, dalam melaksanakan link building apa saja faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan? Setidaknya ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Berikut penjelasannya:makin banyak bunyi derma Anda di mata Google dan beberapa mesin pencari lainnya.

  • Page Authority dan Domain Authority. 


Setiap link punya kualitas berbeda. Kualitas link dari website A berbeda dari link dari website B. Bahkan link dari halaman 1 di website A dan halaman 2 di website A juga punya kualitas yang berbeda.

Kualitas link tersebut diukur dengan skala Domain Authority dan Page Authority. Domain Authority yaitu kualitas profil backlink di sebuah domain secara keseluruhan. Domain Authority diukur dengan skala 1 hingga 100. Semakin tinggi angkanya, semakin anggun juga kualitas link dari domain tersebut.

Di sisi lain, Page Authority yaitu kualitas link di sebuah halaman tertentu. Page Authority dihitung dengan skala 1 hingga 100. Semakin tinggi angkanya, semakin anggun juga kualitas link yang diberikan halaman tersebut.

Lalu bagaimana cara mengetahui DA dan PA sebuah website?

Anda perlu memakai aplikasi menyerupai Moz atau Ahrefs untuk mengetahui kualitas link sebuah website. Moz dan Ahrefs sama-sama merupakan aplikasi berbayar sehingga Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk menggunakannya. Harga paket termurahnya yaitu 99 US Dollar per bulan.

Walaupun begitu, Anda sanggup memakai versi trial dari Moz. Dengan versi trial, Anda punya kesempatan untuk mengecek kualitas link maksimal 10 kali. Ahrefs juga menyediakan versi trial selama tujuh hari dengan harga 7 US Dollar.

Ahrefs memakai nama metrik berbeda, yaitu URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR). Namun, cara kerjanya hampir sama dengan PA dan DA. UR untuk mengukur kualitas link di halaman spesifik, sedangkan DR berfungsi mengukur kualitas link di domain secara keseluruhan.

Nah, ketika akan melaksanakan guest posting atau bekerjasama dengan pemilik website, Anda perlu mempertimbangkan kualitas UR/PA dan DA/DR mereka. Dengan begitu, Anda sanggup membangun link yang berkualitas untuk website Anda.

  • Dofollow dan Nofollow


Tidak semua link dideteksi oleh Google. Google hanya mendeteksi link yang bersifat dofollow. Apa itu dofollow? Dofollow yaitu link yang dideteksi oleh bot Google sehingga sanggup meningkatkan kualitas authority sebuah website. Secara default, link di sebuah website biasanya sudah diatur sebagai dofollow.

Sebaliknya, nofollow link disertai dengan nofollow tag yang menyampaikan sinyal kepada Google untuk tidak mendeteksi link tersebut. Kaprikornus link yang bersifat nofollow tidak akan besar lengan berkuasa pada kualitas authority website Anda.

Bagaimana cara mengetahui mana link dofollow dan mana link nofollow? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memasang ekstensi Chrome NoFollow. Ekstensi ini akan menyampaikan highlight pada tautan-tautan yang bersifat nofollow.

Lalu jenis link mana yang anggun untuk website Anda? Sebenarnya, ini tergantung tujuan Anda. Jika tujuan Anda yaitu meningkatkan authority website, sebaiknya usahakan untuk mendapat kerjasama link yang bersifat dofollow.

Berbeda kalau fokus Anda hanya trafik. Tautan bersifat nofollow tetap menyampaikan bantuan untuk website Anda, yaitu berupa trafik. Namun, link nofollow tidak akan besar lengan berkuasa apa pun terhadap kualitas authority website.

  • Anchor text


Anchor text yaitu teks berisi link yang sanggup diklik pengunjung website. Google menyatakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pencarian yaitu anchor text. Link dengan anchor text yang sama persis dengan kata kunci yang ditargetkan menghasilkan kualitas pencarian lebih baik dibanding yang tidak.

Anda memang tidak sanggup selalu mengontrol anchor text di link website lain, kecuali Anda memintanya secara spesifik kepada pemilik website. Walaupun begitu, Anda juga perlu berhati-hati. Sebab terlalu banyak inbound link/backlink dengan anchor text yang sama persis sanggup mengakibatkan penalti Google.

  • Relevansi

Relevansi juga menjadi faktor penting yang harus Anda perhatikan ketika membangun backlink. Usahakan untuk mendapat backlink dari website yang masih satu niche dengan website Anda.

Misalnya, website Anda berada di niche kuliner maka sebaiknya Anda mendapat backlink dari website yang membahas tema serupa. Begitu juga dengan niche lainnya. Mendapatkan inbound link/backlink dari niche yang sama punya nilai lebih dibanding backlink dari niche berbeda.

  • Trafik 

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan ketika membangun backlink yaitu trafik. Semakin tinggi trafik sumber backlink, semakin besar juga kemungkinan Anda kebanjiran trafik dari link di website tersebut. Sebab kemungkinan link menuju website Anda untuk diklik semakin besar.

Untuk melihat asumsi trafik di sebuah website atau halaman spesifiknya, Anda sanggup memakai Ahrefs. Berikut pola asumsi organic traffic di sebuah halaman website memakai Ahrefs:

Idealnya, Anda perlu mendapat backlink dari website dengan authority bagus, menyampaikan link dofollow, memakai anchor text yang sesuai, relevan dengan website Anda, dan trafik yang tinggi. Sayangnya, belum tentu semua website menyediakan lima hal tersebut. Ada beberapa yang hanya mempunyai dua dari tiga hal tersebut atau bahkan hanya satu.

Di sinilah kiprah Anda, yaitu memilah faktor mana yang perlu diprioritaskan. Jika tujuannya untuk membangun authority website Anda, PA/UR dan DA/DR sanggup diprioritaskan. Namun, kalau membutuhkan trafik besar saja, Anda perlu memprioritaskan trafik dibanding authority website. 

  • Kualitas Link

Tidak semua link mempunyai nilai yang sama. Link dari blog terkenal tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula.

Website yang biasanya dikategorikan sebagai website yang terpercaya biasanya merupakan:

Website dengan domain .edu atau .gov
Authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword Anda
Website yang sudah ada semenjak lama
Website yang sesuai dengan topik konten Anda
Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih disukai dibandingkan mempunyai 100 link tidak berkualitas.

  • Kecepatan Link Building

Kecepatan link building juga menjadi salah satu faktor penting dalam ­off-page SEO. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan dianggap tidak masuk akal oleh mesin pencari dan sanggup berakibat penalti (terutama kalau website Anda masih tergolong baru).

Mesin pencari sanggup mengetahui kecepatan link building yang baik, sehingga mendapat 1.000 link berkualitas rendah dalam satu hari ketika website Anda hanya berumur kurang dari sebulan tidak terlihat wajar.

Selama Anda tidak memakai alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Alat off-page SEO

Untuk mempermudah Anda, kini telah banyak bermunculan alat-alat yang membantu mengoptimalkan metode off-page SEO Anda. Berikut beberapa alat yang sanggup Anda gunakan:

Google AdWords

Banyak orang menganggap bahwa Google AdWords merupakan alat paling bermanfaat untuk off-page SEO. Fitur yang ditawarkan antara lain: meningkatkan jumlah pelanggan, mendapat hasil yang cepat dan gampang dimengerti, peningkatan traffic yang berkualitas, memberi informasi mengenai pasar, dan pencarian keyword. Google AdWords merupakan alat pemasaran yang menyampaikan kesempatan untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dan menjadi leads bisnis Anda. Alat ini juga gampang digunakan, terjangkau, dan mempunyai relevansi maksimal.

Ahrefs

Alat ini berkhasiat untuk banyak sekali hal lantaran Ahrefs mempunyai database backlink yang besar dan membantu Anda mengetahui segala hal mengenai website Anda dan kompetitor. Anda akan sanggup mengetahui bagaimana cara mengungguli peringkat pesaing Anda. Fitur yang ditawarkan seperti: melacak backlink Anda, menemukan kata kunci yang paling relevan, mengetahui informasi pesaing Anda, dan menganalisis seni administrasi mereka.

Majestic

Majestic juga merupakan salah satu alat terbaik untuk SEO. Alat ini juga dikenal sebagai alat backlink paling canggih. Database nya dianggap mempunyai informasi mesin pencari yang paling rinci. Fitur yang ditawarkan antara lain: SEO untuk professional, media analytics, alat pengusaha, perbandingan dengan pesaing, menjelajahi domain secara rinci.

Moz

Layanan yang diberikan oleh Moz sangat lengkap yang memperlihatkan data traffic yang unik. Dengan memakai Moz, Anda akan sanggup fokus pada seni administrasi yang Anda miliki sehingga memungkinkan Anda gampang ditemukan di antara miliaran pencarian yang dilakukan setiap harinya. Fitur yang ditawarkan oleh Moz antara lain: open site explorer, melacak kampanye pemasaran Anda, meneliti peluang sebuah kata kunci, dan melacak kesalahan penjelajahan.

Seimbangkan penggunaan off-page dan on-page SEO

Biasanya para andal SEO menghabiskan waktu lebih banyak untuk off-page SEO dibandingkan on-page SEO.

Namun, seberapa besar pun perjuangan yang Anda lakukan untuk off-page SEO, tanpa on-page SEO yang baik maka perjuangan Anda akan menjadi tidak maksimal.

Suatu website yang terlihat tidak terpercaya dari awal Anda membukanya tentu tidak akan menciptakan Anda mau menyampaikan backlinks menuju website tersebut. Website dengan desain yang sederhana namun menarik, higienis dari kesalahan penulisan akan lebih memungkinkan untuk mendapat backlink dari website-website besar dan terpercaya menyerupai Forbes.

Meskipun Anda mempunyai link yang banyak, hal ini akan sia-sia kalau pengunjung yang awalnya tertarik dengan review website Anda melihat website Anda yang terlihat tidak professional dan terpercaya. Semakin banyak orang membaca atau melihat konten Anda, semakin besar potensial Anda mendapat link atau citation.

Semakin banyak Anda mendapat citation dan link, semakin baik off-page SEO Anda.

Oleh lantaran itu, maksimalkan metode on-page SEO Anda sebelum Anda mulai memakai metode off-page SEO.

Kesimpulan

Dalam dunia SEO, ada dua metode penting yang harus dilakukan secara seimbang untuk mendapat hasil yang optimal; on-page dan off-page SEO.

Off-page memang sangat penting dalam meningkatkan popularitas dan reputasi website Anda namun metode nya tidak hanya dengan link building.

Meskipun mendapat link menjadi faktor utama (baik kini dan di masa depan), perlu diingat bahwa ini hanyalah satu faktor di antar 200+ faktor lainnya dalam algoritma Google.

Selain itu, link building bukan lagi suatu proses linear di mana Anda terus menerus membangun link. Anda juga harus memakai seni administrasi untuk mendapat link secara alami. Disinilah on-page SEO berperan penting di mana konten yang berkualitas yang berisi klarifikasi rinci akan menarik lebih banyak pembaca dan menciptakan konten Anda menjadi konten yang layak dijadikan backlink.

Meskipun kedua hal ini berhubungan, masih banyak orang percaya bahwa hanya dengan melaksanakan salah satu dari dua cara ini menyampaikan mereka hasil yang optimal.

Semoga panduan off-page SEO ini sanggup membantu Anda!

0 Response to "Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo Off Page Untuk Website Atau Blog, Terbukti Ampuh!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel