Tips Menciptakan Judul Artikel Menarik Untuk Website Atau Blog Yang Bisa Mengikat Perhatian Pembaca

Selamat tiba di blog . Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Mampu Mengikat Perhatian Pembaca. Ketika teman berselancar di internet untuk mencari sebuah informasi penting atau rujukan untuk goresan pena blog,  Mungkin teman pernah memperhatikan bahwa artikel-artikel atau konten yang di hasilkan  dari website ternama ibarat smallseotools dan dari indonesia niagahoster, sugeng.id Dll  mendapat aneka macam klik, views, dan pengunjung tetap di website tersebut. Apa kira-kira alasannya? Satu faktor yang berhasil membantu website mendatangkan banyak pengunjung website ialah mereka bisa menciptakan judul atau headline sebuah artikel yang sangat menarik dan Mampu Mengikat Perhatian Pembaca untuk membaca artikel hingga akhir.

Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Mampu Mengikat Perhatian Pembac Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Perlu di ingat bahwa salah satu pondasi yang sangat besar lengan berkuasa untuk mendongkrak keberhasilan suatu situs web atau blog yang di kelola yang tak lain dan tak bukan lagi ialah kualitas judul yang di buat. Kualitas judul yang di hasilkan memang merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan suatu situs web.

Bahkan berdasarkan pernyataan Garrett Moon dari CoSchedule, konten yang judulnya dioptimasi dengan sempurna akan mendapat jumlah share di social media hingga 10 kali lipat.

Karena hal paling pertama yang di perhatikan oleh seseorang pengunjung ketika melihat artikel ialah judul. Judul artikel ialah faktor penting dalam menjual sebuah artikel. Khusus teman pemilik website e-commerce, calon pelanggan teman akan menciptakan kesan pertama mereka wacana merk Anda dari headline yang Anda gunakan. Tujuan utama sebuah judul konten bukanlah hanya semata-mata menjual barang atau layanan Anda. Mereka juga harus bisa menciptakan pembaca mau membaca artikel hingga selesai.

Dalam aktivitas digital marketing, judul atau headline sebuah konten dipakai untuk SEO, email marketing, dan social media marketing. Oleh sebab itu, menciptakan judul konten yang menarik dan mengikat minat pembaca menjadi suatu keharusan.

Ada banyak pertanyaan yang biasa ditanyakan wacana headline. Seberapa panjang sebaiknya sebuah judul? Apakah ada batasan jumlah kata yang digunakan? Haruskah judul artikel hanya dioptimasi untuk SEO?

Pada artikel kali ini, saya ingin membuatkan tips menciptakan judul atau headline yang menarik. Kalau ingin tahu, yuk lanjut baca artikelnya hingga akhir.

Gunakan Formula Unik 4U Untuk Judul Sebuah Artikel

Tidak ada yang bisa membenarkan atau menyalahkan judul atau headline, tetapi teman harus tahu memang ada jenis headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan menerapkan formula yang mirip, judul yang akan teman buat bisa mendorong orang-orang untuk mengklik artikel yang teman publikasikan dan membacanya hingga akhir. Melanie Duncan, seorang blogger, yang menciptakan formula 4U. Formula ini sangat dipercaya bisa mendorong pengunjung website atau blog teman untuk membaca artikel hingga selesai.

Useful (bermanfaat)

Coba pikirkan judul atau headline ibarat apa yang akan teman klik ketika teman sedang melihat artikel yang sangat bermanfaat dan sangat teman butuhkan untuk memecahkan persoalan yang teman alami. sah niscaya salah satu jenis judul artikel yang akan teman klik biasanya artikel mengatakan tips atau cara yang mengatakan sesuatu yang bermanfaat untuk permasalahan sobat.

Dari itulah teman juga bisa melaksanakan hal yang sama persis ibarat yang teman alami, tawarkan artikel bermanfaat kepada pembaca atau pengunjung setia web atau blog teman di judul artikel. Mulai dengan mencoba pendekatan dan memahami pula apa yang pengunjung inginkan di website atau blog teman maka tawarkan hal itu kepada mereka. Judul ini harus mengidentifikasi sebuah persoalan dan mengatakan solusi. Begitu juga dengan isi artikelnya.

Poin ini bisa dipakai baik oleh perusahaan yang mengatakan produk maupun jasa. Kedua-duanya memang bisa membantu penggunanya untuk menuntaskan masalah. Biasanya jenis artikel yang mempunyai judul ibarat ini ialah artikel-artikel how-to dan listicles.

Urgent (mendesak)

Salah satu trik seorang blogger biasa menarik perhatian pembacanya ialah dengan menciptakan judul artikel yang menciptakan nuansa urgent. Karena dengan nada judul yang penting, orang-orang biasanya akan lebih tertarik untuk mengklik pada artikel tersebut. Diliputi rasa ingin tau dan mereka juga niscaya tidak mau ketinggalan wacana berita-berita yang sedang hangat dibicarakan, membantu, dan informatif.

Dari formula 4U, Urgent merupakan formula  yang paling susah untuk dilakukan oleh para blogger sebab belum tentu karakteristik ini sesuai dengan topik artikel. Maka poin ini banyak dipakai di berita-berita TV.

Unique (unik)

Orang-orang bahagia membaca sesuatu yang unik serta beda dari yang lainnya. Biasanya sesuatu yang unik sanggup eksklusif menarik perhatian seseorang dan menciptakan mereka ingin mengklik artikel tersebut. Kebanyakan website memakai plesetan kata-kata di judul untuk menarik perhatian. Salah satu website yang mempunyai judul-judul unik ialah Buzzfeed.

Ultra-Specific (sangat spesifik)

Jika teman blogger pemula mungkin sudah tak asing  lagi dengan judul dari website ternama sering memakai angka pada judul. Nah, judul artikel ibarat inilah yang dimaksud dengan ultra-specific. Pembaca akan tahu niscaya apa yang akan mereka dapatkan jikalau mereka mengklik artikel yang satu ini.

Dengan memastikan bahwa judul yang akan teman buat harus mempunyai keempat unsur ini, maka teman akan menarik perhatian lebih banyak pembaca gres di blog atau web yang teman kelola. Selain keempat unsur di atas, masih ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk menciptakan judul artikel yang menarik dan Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Tips Membuat Judul yang Menarik

Bukan hanya menarik atau memancing pembaca saja, melainkan judul yang bisa mengikat biar mereka membaca konten teman dan puas dengan apa yang didapatkan.

Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Mampu Mengikat Perhatian Pembac Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Oh ya. Apa yang dijelaskan dalam panduan ini tidak cuma berlaku pada judul artikel, bisa juga untuk judul konten jenis apapun contohnya video, audio, dan lain-lain. Bahkan juga bisa anda manfaatkan untuk judul halaman penjualan dan landing page.

# Membedakan Dulu Antara Judul dan Topik

Sebelum masuk ke pembahasan selanjutnya saya sedikit mengatakan citra buat teman wacana Kesalahan paling fatal ialah seorang blogger tidak bisa membedakan ‘Topik’ dengan ‘Judul’.
Jika di lihat keduanya hampir sama dan paling di anggap simpel padahal keduanya berbeda. Ya topik beda dengan judul, anak SD juga paham.

Tapi pada prakteknya tidak demikian. Kesalahan ini merupakan yang paling sering dilakukan oleh penulis, topiknya eksklusif dipakai sebagai judul konten. Supaya terang apa yang saya maksudkan, 

kita lihat contohnya.

Ini Topik:
  • Cara mengatasi stres
  • Tips wawancara di perusahaan
  • Cara bermain gitar
Anda niscaya sering melihat orang yang menulis judul ibarat ini. Padahal keempat contoh tersebut tidak pantas dipakai sebagai judul.

Jadi, apa sih yang membedakan topik dan judul?

Topik itu umum, judul itu spesifik.

Judul yang baik akan memperlihatkan bahwa artikel anda berbeda dari artikel lain dalam topik yang sama. Judul akan menciptakan artikel anda mempunyai nilai lebih dibandingkan artikel lain.

Contoh judul:
  • Lakukan hal ini dalam 30 menit sehari untuk mengatasi rasa stres
  • 9 Tips wawancara di perusahaan untuk mendapat pekerjaan impianmu
  • Cara bermain gitar untuk pemula hingga jadi pandai dalam 30 hari
Sekarang coba teman lihat kembali 3 contoh topik tadi. Bandingkan nomor 1 pada topik dengan nomor 1 pada judul, dan seterusnya.

Terlihat bedanya kan?

Bukan sebab lebih panjang. Judul ini punya nilai tambah yang menciptakan artikel teman jadi lebih menarik untuk dibaca. Ada kata-kata penjelas yang meng-upgrade nilai topik. Jadi, Lihat judul artikel yang sudah pernah anda tulis. Apakah masih memakai topik sebagai judul?

# Buat Draft Judul

Sebelum teman mulai menulis sebuah artikel, buatlah draft judul terlebih dahulu. Hal ini penting biar teman sanggup menciptakan artikel menarik dan tidak menulis artikel yang terlalu luas cakupannya serta fokus pada beberapa hal tertentu. 

Misalnya, teman ingin menulis artikel dengan topik “membuat blog”. Berikut ini ialah beberapa contoh judul artikel yang menarik yang bisa Anda dapatkan pada topik ini:

– Cara mendapat Pengunjung Organik Di Blog Dengan Mudah
Tips untuk Meningkatkan Peringkat Blog di Blogger


Terlihat perbedaannya bukan? Topik ialah pokok bahasan yang masih bisa dibagi menjadi beberapa artikel blog. Sedangkan judul ialah contoh spesifik dalam menulis sebuah artikel.

Namun, contoh-contoh judul di atas masih belum menarik bukan? Di langkah selanjutnya, akan dijelaskan bagaimana menciptakan judul yang menarik perhatian banyak orang.

# Pembaca Ingin Manfaat Dari Artikel, Tunjukan Pada Judul

Jika judul artikel teman menjanjikan sebuah manfaat, [embaca tanpa di paksa akan mengklik dan membaca artikelnya hingga akhir. Ingat sobat, membaca 1 artikel saja itu memakan waktu kurang lebih 3-5 menit, dan bahkan lebih. Lalu mengapa orang lain rela membuang waktunya yang berharga untuk membaca goresan pena anda?

Karena pembaca ingin manfaat.

Mereka membaca dengan harapan akan mendapat informasi, solusi dari permasalahan, hiburan semata, pengetahuan, dan manfaat lainnya. Inilah mengapa mereka merelakan waktunya. Judul yang teman buat sebaiknya eksklusif to the poin menjelaskan manfaat yang akan mereka dapatkan sehabis membaca artikel yang teman posting.

Dengan begitu, mereka akan tertarik membaca.

Contohnya 2 artikel dengan judul yang sangat mirip:
  • Tips presentasi yang baik
  • Tips presentasi untuk menciptakan audience terkesima
Dalam kalimat pertama, “yang baik” itu abstrak, tidak terang apa yang akan mereka dapatkan. Sedangkan kalimat kedua terang manfaatnya. Orang yang ingin berguru tips presentasi tentunya ingin menciptakan penonton terkesima, dan kita mengatakan manfaat tersebut melalui judul. Maka judul kedua jadi lebih menarik bagi mereka. Bukan hanya itu dari prinsip ini anda juga bisa menciptakan isi artikel yang lebih baik.

2 contoh judul artikel:
  • 5 cara kreatif memasak mie instan
  • 10 cara kreatif memasak mie instan
Manusia ingin manfaat maksimum dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kalau ada 1 artikel yang mengatakan 2x lipat manfaat daripada artikel lain, niscaya kita akan menentukan artikel tersebut. Sekali baca, informasi lebih banyak.

#4. Berikan Informasi yang Akurat di Awali Dari Judul

Mungkin teman sering kali mendapati judul-judul artikel clickbait yang bertebaran di internet. Hal yang paling menyebalkan, bukan? Ketika Sobat membuka dan membaca artikel tersebut ternyata isi artikel tidak sesuai dengan judul yang dituliskan.

Contoh judul artikel:

Cara Mengganti Tema Blogger Dengan Cepat

Sesuai dengan judul artikel tersebut, topik yang akan dibahas ialah panduan untuk mengganti tema di blogger dengan cepat. Bukan membahas hal lain yang tidak berkaitan dengan judul.

Salah satu hukum penting dalam menciptakan judul artikel ialah menghargai pengalaman pembaca. Jika teman mengatakan harapan atau ekspektasi terlalu tinggi pada judul yang tidak sesuai dengan isi artikel, Anda akan kehilangan kepercayaan pembaca.

# Buat Judul dengan Kata Sifat dan Angka Tapi Bukan Sembarang Angka

Dengan menciptakan judul artikel yang berisi informasi akurat, apakah teman bisa membuatnya menarik? Tentu saja bisakan sobat.

Sobat bisa memakai kata sifat (adjective) yang mewakili artikel yang ditulis sebagai salah satu cara menciptakan judul yang menarik. Misalnya, “menjanjikan”, “terbaik”, “paling populer”, “terpercaya”, dan kata-kata sifat lain yang kiranya bisa menarik perhatian orang, tetapi tetap mewakili isi dari artikel.

Lalu langkah selanjutnya, tambahkan angka ke dalam judul artikel, jikalau memungkinkan jangan di paksakan jikalau tidak bisa. Orang-orang akan lebih tertarik pada artikel-artikel dengan model listicle sebab mereka tahu berapa banyak poin penting yang akan didapatkan dari suatu artikel.
Berikut ialah beberapa contoh judul artikel terkenal yang memakai angka biar artikel terlihat lebih menarik:

11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula

6 Hal Penting Yang Harus di Perhatikan Penulis Blogger Pemula Agar Artikel Bisa Bersaing di Search Engine

Berdasarkan penelitian Content Marketing Institute, judul artikel blog yang memakai angka menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibandingkan judul artikel biasa-biasa saja.

Atau teman bisa gunakan cara dibawah ini bisa terlihat lebih menonjol daripada konten lain, ada beberapa variasi penggunaan judul angka yang bisa anda gunakan:
  1. Angka di tengah: Teknik link building – 5 taktik yang bisa anda lakukan kini juga
  2. Pertanyaan: 10 resep soto ayam paling nikmat di Indonesia – yang mana favorit anda?
  3. Langkah-langkah: 7 langkah menciptakan presentasi yang bisa memukau penonton
  4. Super lengkap: 54 alasan mengapa anda belum juga sukses
Angka bukan hanya bermanfaat untuk judul. Ada jenis artikel yang bergantung penuh terhadap angka atau biasa disebut ‘listicle’, artikel dalam bentuk list/daftar.

Listicle merupakan jenis artikel terpopuler dibandingkan yang lainnya:

Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Mampu Mengikat Perhatian Pembac Tips Membuat Judul Artikel Menarik Untuk Website atau Blog Yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca

Jika di lihat dari skema di atas jumlah rata-rata share per artikel dari listicle hanya kalah dari infografis.

# Judul yang Singkat dan Tidak Membingungkan

Membuat judul artikel blog memang susah susah gampang. Sobat bisa menyimpulkan keseluruhan artikel dalam beberapa kata.

Judul artikel yang terlalu panjang akan membingungkan calon pembaca yang ingin mencari informasi penting. Calon pembaca perlu mengetahui dengan niscaya apa yang akan mereka dapatkan sehabis meluangkan waktu untuk membaca sebuah artikel. Judul artikel yang singkat ini memperlihatkan ketegasan teman akan apa yang ingin disampaikan melalui artikel tersebut.

Panjang judul artikel juga harus diadaptasi dengan tujuan yang ingin teman capai. Jika tujuannya ialah biar artikel bisa mendapat peringkat anggun di hasil pencarian, sebaiknya pastikan panjang judul selalu di bawah 70 karakter.

Jika tujuan teman ialah biar artikel banyak dibagikan di media sosial, berdasarkan Hubspot panjang judul artikel yang efektif ialah 8-12 kata untuk Twitter dan 12-14 kata untuk Facebook.

Berikut contoh judul artikel dengan singkat dan terang sesuai topik:

– Cara menonaktifkan Komentar di Blogger


Judul yang ada di atas sudah menjelaskan topik yang akan dibahas tanpa perlu memakai kata-kata terlalu panjang.

#Judul di Buat untuk Pembaca, Bukan Mesin atau Boot

Sobat memang perlu berusaha mengoptimasi judul artikel yang diadaptasi dengan focus keyword yang ditargetkan. Namun, terlalu mengikuti focus keyword saja akan menciptakan artikel yang teman buat akan terkesan kaku, bahkan terlihat anehdan norak.

Meskipun begitu, jangan lupa bahwa teman sebenarnya  menulis judul tersebut untuk insan dandi konsumsi oleh manusia, bukan mesin. Memang lebih baik untuk meletakkan focus keyword di awal judul. Akan tetapi, jikalau tidak memungkinkan, jangan paksakan diri untuk meletakkan kata tersebut di depan.

# Sebisa Mungkin Bangkitkan Perasaan Pembaca melalui Judul Artikel yang di Buat

Salah satu judul artikel yang menarik bagi pembaca ialah dengan melibatkan perasaan pembaca. Buat pembaca menjadi ingin tau dengan judul artikel yang menciptakan rasa penasaran, ingin tahu, heran, yakin dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perasaan pembaca.

Berikut contoh judul artikel yang menghipnotis perasaan pembaca:

– 50 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website

Saat membaca judul tersebut, pembaca akan merasa yakin dengan kata yang dipakai dalam judul ibarat ‘akurat’ dan ‘wajib’. Pembaca akan tertarik untuk membaca artikel menciptakan mereka penasaran.

# Membuat Pembaca Seolah-olah Merasa Terlibat

Bagaimana caranya? Ajukan pertanyaan.

Pembaca akan mulai membayangkan suatu situasi dengan pertanyaan yang teman olok-olokan melalui judul.

Contol judul artikel:

– Apakah Anda Kesulitan Membuat Website? Ikuti 7 Langkah Praktis ini

Setelah Anda melihat judul di atas, apa yang Anda pikirkan? Anda akan merasa bahwa judul tersebut sesuai dengan yang pernah Anda alami?

Begitu juga bagi pembaca, dengan judul artikel tersebut pembaca merasa tertarik sebab sesuai dengan yang di alami dan akan membaca artikel yang Anda tulis.

# Letakkan Topik dalam Judul pada Posisi Strategis

Posisi topik yang teman masukkan pada judul juga penting untuk menarik pembaca. Biasanya topik akan ditambahkan dengan kata hiasan biar pembaca lebih tertarik atau ingin tau untuk membaca artikel tersebut.

Contoh: Tips Marketing Online yang sanggup Anda Ikuti dengan Budget Terbatas

Pada contoh judul artikel di atas, topiknya ialah 6+ Tips Marketing Online dan Bugdet terbatas. Lebih baik jikalau topik artikel diletakkan pada kepingan depan atau belakang judul, sebab pembaca hanya fokus pada kepingan itu saja, sedangkan pada kepingan tengah hanya akan dibaca sekilas atau bahkan dilewati.

#Berikan Kemudahan bagi Pembaca Untuk Memahami Isi Artikel Lewat Judul

Saat pembaca mau meluangkan waktunya untuk membaca sebuah artikel, tentu terdapat judul artikel yang menarik. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca melalui judul artikel?

Misalnya, orang membaca artikel “Cara Menghilangkan Malware pada Website” artinya pembaca memerlukan cara atau panduan untuk membantu mengatasi persoalan mereka. Dengan adanya artikel tersebut, pembaca akan menemukan fasilitas dalam mengatasi masalahnya.

Akhir Kata...

Judul atau headline ialah hal pertama yang dilihat orang sebelum memutuskan apakah akan mengklik konten sobt atau tidak.  Meskipun tidak ada cara yang mutlak untuk menulis judul, ada beberapa formula utama yang sanggup teman ikuti untuk menciptakan yang lebih baik. Untuk memulai, Sobat harus memakai formula 4U. Judul Anda harus selalu useful (bermanfaat), urgent (mendesak), unique (unik), dan ultra-specific (sangat spesifik). Membuat konten Anda menjadi panduan yang sanggup eksklusif dilakukan ialah cara klasik untuk meyakinkan pembaca bahwa mereka tidak akan menyesal membaca postingan Anda sebab ini sanggup menuntaskan persoalan mereka. Selain itu, menciptakan mereka ingin tau juga akan mendorong pengunjung website untuk membaca artikelnya. Bagaimana biasa Anda menulis judul konten Anda? Kalau Anda mempunyai tips & tricks yang belum ada di artikel ini, tinggalkan komen di bawah! Semoga artikel ini membantu!


Sumber:
PanduanIM
niagahoster
DewaWeb

0 Response to "Tips Menciptakan Judul Artikel Menarik Untuk Website Atau Blog Yang Bisa Mengikat Perhatian Pembaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel