11 Hal Penting Google Search Console Yang Harus Di Ketahui Pemula

Selamat tiba di blog . 11 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula. Google Search Console (sebelumnya disebut sebagai Google Webmaster Tools) yaitu perangkat atau tools gratis yang disediakan Google dan harus dimiliki oleh semua webmaster, pemilik blog, dan pengelola situs web.  Alat ini sangat penting untuk meningkatkan secara optimal mesin pencari (SEO) yang begitu efektif dan efisien.


Karena membantu teman memahami pandangan Google perihal situs web teman dan memberi teman beberapa  data, informasi, dan saran untuk menuntaskan duduk kasus dan melaksanakan perbaikan terhadap situs web sobat.

Dengan Search Console, Google telah melaksanakan pekerjaan yang sangat baik dalam menyediakan gabungan pelaporan, alat, pendidikan, dan banyak data bermanfaat yang semuanya berada di bawah satu payung.


Jika teman belum memakai alat gratis Google Search Console yang sangat mempunyai kegunaan ini, saya sangat menyarankan teman untuk  segera menggunakannya dan melaksanakan registrasi terlebih dahulu.. Sejalan dengan itu, maka saya akan tunjukkan cara mendaftar Google Search Console sebelum memperlihatkan kepada teman 11 hal luar biasa yang sanggup teman lakukan dengan Google Search Console.

Mendaftar Google Search Console

Memulai untuk mendaftarkan situs web atau blog ke Search Console itu sangat mudah. Yang teman butuhkan hanyalah akun Google (yaitu akun Gmail). Jika teman sudah mempunyai akun Google yang ada, teman hanya perlu masuk ke akun yang sama ini untuk menyiapkan Search Console.

Cukup buka halaman Search Console untuk mendaftar.

 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula


 Berikut langkah-langkahnya:
  • Tambahkan properti Search Console (yaitu, situs web atau aplikasi Android sobat)
  • Verifikasi situs web sobat
  • Hubungkan Search Console ke Google Analytics
  • Tambahkan Peta Situs XML
  • Validasikan file robot.txt sobat
Setelah masuk dengan akun Google sobat, cari tombol merah yang bertuliskan "Tambahkan Properti." Masukkan URL situs web teman dan klik tombol Tambah.



Setelah itu, Google akan meminta sobat untuk memverifikasi kepemilikan domain yang sobat ingin gunakan Search Console terlebih dahulu sebelum sobat diberikan saluran ke dasbor. 

Notes: Lakukan dengan baik untuk menambahkan semua versi situs sobat (HTTPS dan HTTP dan WWW dan versi non-WWW) sebagai properti berbeda untuk melacak semua kemudian lintas dan mendapatkan data bermanfaat.

Menautkan dan memverifikasi situs web atau blog teman sanggup dilakukan dengan beberapa cara.

Salah satu alternatif yaitu memakai Google Analytics. Kaprikornus kalau teman sudah memakai Google Analytics, cukup pilih "Google Analytics" sebagai metode verifikasi pilihan sobat. Selama arahan pelacakan Google Analytics sobat ada dibagian dari beranda website, situs sobat akan ditautkan dan diverifikasi.


atau pilihan kedua menggunakan menu HTML tag dan copy semua code yang ada. Perlu diingat jangan dulu menutup  halaman Google Webmaster tools / Search Console dimana berfungsi untuk langkah terakhirnya nanti yakni untuk memverifikasi. setelah itu pilih menu Tema, pilih Edit HTML, cari kode <Head> dalam tema  dan pastekan arahan yang teman dapatkan tadi pas di bawah tulisan <Head>. Setelah pastekan arahan tadi jangan lupa untuk klik Simpan tema.

langkah yang kita lakukan hampir selesai tinggal teman kembali ke halaman Google Search Console atau Google Webmaster Tools dan klik VERIFY, sesuai pesan saya diatas tadi supaya jangan menutup laman Google Webmaster tools / Search Console.

11 Hal Penting Google Search Console

Google Search Console hadir dengan banyak  fitur. Bahkan, sanggup jadi teman masih awam dan ingin tau untuk mencoba berkenalan dengan semua fitur di Search Console.

Kaprikornus untuk membantu Anda bangun dan berlari cepat dengan alat ini, saya akan memandu Anda melalui beberapa hal penting yang sanggup Anda lakukan dengannya menurut pada beberapa fitur yang ada pada paket alat ini.

➧ Temukan Wawasan dan Metrik Kunci Tentang Situs Web Sobat


Google Search Console dimuat dengan banyak alat pelaporan yang sanggup melacak dan menampilkan data dan informasi penting perihal kegiatan SEO situs web. serta banyak sekali metrik pengunjung. Ini yaitu wawasan eksklusif dari Google perihal bagaimana mesin pencari melihat situs web sobat.


Salah satu area di mana sobat dapat menemukan laporan semacam ini yaitu bab Search Analytics, yang menyediakan banyak sekali wawasan kunci yang komprehensif perihal kinerja pencarian situs web sobat di Google.


➧ Mendapatkan Informasi Tentang Masalah SEO dan Keamanan Situs Web Sobat

Search Console secara teratur dan terusmenerus mengusut situs web atau blog teman untuk melihat kesalahan yang ada menyerupai tautan rusak, halaman mati, duplikat konten , dan beberapa duduk kasus SEO tidak ramah lainnya di dalam website sobat.

Di Konsol Pencarian sobat akan mendapatkan pesan eksklusif dari Google terkait duduk kasus apa pun dengan, atau tindakan yang diambil terhadap, situs web sobat. Ini sanggup berupa serangan pada situs sobat, peringatan malware, eksekusi manual untuk praktik SEO yang jelek atau pemberitahuan teknis lainnya yang ingin diketahui oleh mesin pencari.

Selain itu, sobat dapat mengatur Search Console untuk mengirimi sobat peringatan email saat Google mengidentifikasi duduk kasus di situs sobat. Dengan ini, sobat bisa melihat URL mana yang dipengaruhi oleh duduk kasus ini dan memberi tahu Google ketika sobat telah memperbaikinya.

➧ Mengidentifikasi Kata Kunci yang Digunakan Orang Untuk Menemukan Situs Sobat dan Halaman Paling Populer

Ke mana lagi teman lebih suka mencari kata kunci yang sempurna untuk dipakai pencari dalam menemukan situs teman kalau bukan dari Google?

Search Console memberi sobat informasi ini secara gratis. Sobat akan menemukannya dengan mengklik bilah Pencarian Analytics di dalam dasbor utama. Di sana, sobat akan melihat daftar semua kata kunci yang dipakai orang dalam menemukan situs sobat dan berapa kali pengguna mengklik tautan sobat setelah mencari setiap kata kunci.

Untuk menemukan halaman mana yang muncul kata kunci mana, cukup klik pada kata kunci tertentu dalam daftar dan gunakan opsi filter di hidangan atas. Singkatnya, Anda akan sanggup menemukan halaman berkinerja terbaik di SERP sempurna di bab tersebut.

➧ Lihat Dari Mana Pengunjung Sobat Berasal dan Perangkat Apa yang Mereka Gunakan

Sobat sanggup menemukan informasi ini di bab yang sama di mana kata kunci dan data halaman ditemukan. Dengan menentukan Negara di menu, teman akan sanggup melihat jumlah klik yang diterima situs web teman dari masing-masing negara, dengan angka tertinggi di bab atas daftar.

Search Console memungkinkan teman untuk juga beralih untuk melihat hasil menurut tayangan, rasio klik-tayang, dan posisi peringkat pencarian. Selain itu, teman juga sanggup melihat perangkat apa yang mereka gunakan dalam mengakses situs teman (bagus untuk pengoptimalan untuk seluler dan desktop).

➧ Laporan Kecepatan Halaman

Ini yaitu fitur gres yang diluncurkan pada November 2019. Ini mengambil data dari Laporan Pengalaman Pengguna Chrome dan secara otomatis mengelompokkan URL ke dalam kategori "Cepat," Sedang, "dan" Lambat. "Ini berfungsi menyerupai halnya laporan Konsol Penelusuran lainnya yang mengelompokkan URL. menurut seberapa baik URL tersebut memenuhi kriteria tertentu menyerupai mempunyai markup data terstruktur yang valid.

Dengan ini, Anda mendapatkan daftar kemungkinan duduk kasus kecepatan halaman. Dengan mengeklik salah satu duduk kasus yang diidentifikasi, Anda akan sanggup mempelajarinya lebih lanjut alasannya yaitu akan mengirim Anda ke alat Google PageSpeed ​​Insights . Dari sana, Anda sanggup mempelajari lebih lanjut perihal cara mengoptimalkan halaman untuk menuntaskan duduk kasus tertentu. Selain mengusut halaman yang lambat dan sedang, Anda sanggup menelusuri lebih dalam ke halaman cepat untuk mempelajari lebih lanjut perihal kinerja mereka sehingga Anda sanggup mereplikasi hasilnya .

➧ Hapus URL dari hasil pencarian Google

Fitur "Hapus URL" sangat mempunyai kegunaan untuk menyembunyikan sementara URL tertentu dari halaman hasil pencarian Google dan untuk menghapus konten yang masih terdaftar untuk pencarian tertentu tetapi yang tidak lagi relevan.

Katakanlah ada konten terkenal yang mengubah kesan Google perihal situs teman ke arah yang salah, atau ada konten yang tidak menggambarkan atau menampilkan gambar terbaik perihal website atau blog sobat, atau ada halaman tertentu yang tidak lagi mempunyai kegunaan untuk website atau blog tetapi masih muncul di Google, teman sanggup memakai fitur ini untuk menyingkirkan halaman tersebut di hasil pencarian.

➧ Fetch as Google

Sobat ingin artikel cepat di indeks Google, maka Fetch as Google adalah fitur di Search Console yang sanggup melaksanakan hal tersebut:
  • Menunjukan pada teman bagaimana Google merender halaman yang teman publikasikan ... sehingga sobat dapat melihat situs sobat persis menyerupai yang dilihat Google.
  • Mengizinkan sobat mengirimkan situs atau halaman Anda untuk pengindeksan cepat.


Dengan kata lain, sobat dapat "mengambil atau Fetch" halaman untuk melihat bagaimana Google menampilkannya kepada pengguna, "mengambil dan merender" halaman untuk menciptakan bot Google merangkak dan mengindeks.

Sobat sanggup melihat semua pemrosesan dan seruan 'fetch' dan berhasil 'fetch and render' tercantum di halaman Fetch sebagai fitur Google, dengan simbol status yang memperlihatkan apakah setiap seruan sudah siap.

 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula

➧ Mengatur data terstruktur


Agar Google Search sanggup mengindeks dan menampilkan halaman web SOBAT dengan benar, perlu memahami konten halaman. Agar hal ini terjadi dengan lebih mudah, Sobat sanggup memperlihatkan petunjuk eksplisit perihal arti halaman ke Google dengan memasukkan data terstruktur (juga disebut markup skema) pada halaman.

Menurut Google:
"Data terstruktur yaitu format standar untuk memperlihatkan informasi perihal halaman dan mengklasifikasikan konten halaman; misalnya, pada halaman resep, apa bahan, waktu memasak dan suhu, kalori, dan sebagainya."


Dengan kata lain, Google memakai data terstruktur yang ditemukannya di web untuk memahami konten halaman, sehingga sanggup menampilkannya dengan benar kepada pencari.

➧ Tingkatkan HTML situs

Sama pentingnya dengan bagaimana Google memahami konten teman melalui data terstruktur, yaitu bagaimana konten yang teman hasilkan sanggup terlihat dalam hasil pencarian.




Agar Google sanggup menampilkan hasil konten sobat  dengan baik, fitur Perbaikan HTML di Search Console dipakai untuk menyoroti duduk kasus konten di situs sobat  seperti duplikasi meta tag atau duduk kasus judul. Itu memperlihatkan duduk kasus dengan situs sobat  dan memperlihatkan saran perihal cara memperbaikinya ... sehingga hasil pencarian sobat  terlihat sebaik mungkin.

➧ Kirim sitemap

Perayap web Google sendiri sanggup berguru banyak perihal situs web dan halaman web individualnya. Tetapi Anda sanggup memberi mereka sedikit pinjaman ekstra dalam mempelajari informasi yang mereka butuhkan perihal situs Anda dengan mengirimkan peta situs ke Google. Peta situs memperlihatkan daftar semua halaman situs web.

Submit sitemap ke Google Search Console 

Hal pertama yang wajib teman lakukan yaitu teman harus mendaftarkan blog teman tersebut ke di Google Search Console. Cara mendaftarkannya ada di artikel " cara daftar dan verifikasi blog di google search console "Jikasudah mengikuti langkah-langkahnya maka teman akan masuk ke langkah berikutnya
  • Buka akun Google Search Console yang sudah teman daftarkan URL blog teman tadi
  • Setelah itu teman perhatikan pada bab kiri dashboar Google Search Console  klik " Sitemap / Peta Situs ".
 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula

  • Setelah teman klik maka akan muncul hidangan " Tambahkan peta situs baru " atau dalam bahasa inggris " Add a new sitemap " perhatikan menyerupai gambar dibawah ini.
 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula
  • Sobat isi dengan format teks di bawah ini.
sitemap.xml
Lakukan sekali lagi menyerupai langkah di atas dengan memasukan format berikut ini
sitemap-pages.xml
  • Memasukan format teks pertama klik " KIRIM " dan lakukan cara begitu untuk format teks kedua.
Contoh Gambar :


Maka teman akan mendapatkan hasil balasannya menyerupai di bawah ini

 Hal Penting Google Search Console yang Wajib di Ketahui Pemula 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula

Setelah semua sudah selesai langkah selanjutnya yaitu teman melaksanakan pengaturan do dashboard blogger perihal pengaturan robot.txt, cara ini untuk menginformasikan kepada robot google dimana letak URL sitemap dan dan pengaturan robot.txt sanggup mempercepat blog teman di indeks.

Dan sesudah mempublikasikan postingan artikel, Lakukan submit URL fungsinya semoga meminta mesin pencari google untuk melaksanakan pengindeksan terhadap artikel yang sudah di publikasikan.


Akhir Kata...

Demikian artikel mengenai 11 Hal Penting Google Search Console yang Harus di Ketahui Pemula. Google Search Console mempunyai banyak sekali manfaat untuk perkembangan website atau blog sobat. Dengan Google Search Console, Sobat sanggup mendapatkan data akurat mengenai kata kunci, keamanan, sampai kinerja website atau blog di hasil pencarian. Kaprikornus pastikan website atau blog teman sudah terdaftar di Google Search Console!

0 Response to "11 Hal Penting Google Search Console Yang Harus Di Ketahui Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel