Peran Serta Pertolongan Pemerintah Dalam Menghadapi Problem Sampah ||| Bab Iii

- Persoalan sampah masih saja menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperbincangkan hingga dikala ini. Tentunya kasus sampah tidak akan pernah ada habisnya mungkin hingga sampah tersebut hilang dari permukaan bumi ini. Sangat banyak hal menarik yang sanggup kita perbincangkan mengenai sampah, mulai dari imbas jelek dari sampah hingga pada kegunaan sampah itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari terutama dari segi perekonomian. 

masih saja menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperbincangkan hingga dikala ini Peran Serta Dukungan Pemerintah Dalam Menghadapi Persoalan Sampah ||| Bagian III


Walaupun sampah merupakan salah satu sumber perekonomian bagi sebagian masyarakat sekarang, tetapi sampah tetap saja merupakan sebuah kasus yang tidak bisa disepelekan. Karena dampak dari sampah sendiri akan mensugesti kehidupan bumi secara berkelanjutan. 

Dalam jangka waktu pendek, mungkin saja imbas jelek sampah ini masih sulit terlihat, dan sebaliknya dalam jangka waktu panjang imbas jelek sampah ini akan terlihat sangat mengancam kehidupan bumi. Salah satu misalnya menyerupai yang pernah kami bahas pada goresan pena sebelumnya " SAMPAH ", 

Beberapa waktu yang kemudian ditemukan sisa-sisa pembuangan sampah plastik yang mencemari maritim di negara Thailand. Efek buruknya adalah, nama baik bangsa kita tercoreng. Masalah lainnya juga adalah, sampah plastik yang dibuang sembarangan ke laut, akan sangat mengancam pertumbuhan ekosistem maritim menyerupai terumbu karang dan lain sebagainya. Dengan rusaknya ekosistem maritim pula, maka pengaruhnya bukan saja dirasakan oleh para biota laut, namun insan sendiri juga sebagai salah satu makhluk yang juga mengandalkan biota maritim sebagai salah satu sumber masakan sehari-hari akan mencicipi dampaknya.

Dalam mengatasi kasus sampah kami selalu mempunyai keyakinan, bahwa tidak cukup satu pihak saja yang bergerak untuk peduli tetapi seluruh pihak seharusnya bergerak peduli sesuai dengan kemampuan dan wewenang masing-masing. Pada opini sebelumnya, kami telah mencoba menerbitkan opini kami mengenai “Peran, Serta Dukungan Berbagai Pihak(Masyarakat dan Pihak Non-Pemerintah) Terhadap Upaya Pengurangan dan Pengelolaan Sampah”. Untuk melihat beberapa opini yang telah kami publish sebelumnya, silahkan kunjungi blog kami di  atau bisa juga diakses akun academi edu sang penulis " Khalil Alfalah ".

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba memperlihatkan opini atau review kami mengenai “Peran, Serta Dukungan Pemerintah Dalam Menghadapi Persoalan Sampah”. Peran pemerintah sangatlah dibutuhkan dalam mengatasi banyak sekali macam kasus di salah satu wilayah, baik itu tingkatan bawah hingga pada tingkatan teratas. 

Khususnya dalam menghadapi kasus sampah ini, bekerjsama banyak sekali cara telah dilakukan oleh pemerintah khususnya pemerintah di negara kita Indonesia. Mulai dari pemerintah sentra yang menerbitkan beberapa kebijakan maupun peraturan perundang-undangan mengenai sampah, dan ditingkatan kawasan terlihat dari dibentuknya dinas tersendiri yang dikhususkan untuk mengatasi kasus sampah didaerahnya.

Beberapa langkah yang telah dilakukan tersebut tentu saja sanggup menggambarkan keseriusan pemerintah sentra maupun kawasan dalam menghadapi kasus sampah. Selain itu dibeberapa kawasan provinsi maupun Kabupaten/Kota juga telah dari dulu mencanangkan beberapa aktivitas unggulan kawasan mereka dalam menangani kasus sampah. 

Sebut saja aktivitas Zero Waste yang akhir-akhir ini sangat banyak dicanangkan oleh sebagian besar pemerintah kawasan di Indonesia, ada juga aktivitas MTR atau Makassar Tidak Rantasa yang dicanangkan oleh pemkot Makassar Sulawesi Selatan semenjak masa kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Danny Pomanto dan Deng Ical. 

Sejak dicanangkan aktivitas tersebut, pemkot Makassar juga memulai penggunaan kendaraan beroda empat sampah yang mempunyai desain tertutup. Sehingga pada dikala pengangkutan sampah dari titik penjemputan hingga ke titik pembuangan, potensi sampah yang diangkut untuk tertumpah atau terbawa angin sanggup diminimalisir. Dan lewat aktivitas MTR tersebut, pemkot Makassar telah berhasil mendapat banyak penghargaan baik ditingkatan lokal maupun tingkat nasional. Walaupun telah banyak meraih penghargaan, tetap saja aktivitas unggulan tersebut masih mempunyai beberapa persoalan. 

Mulai dari kesadaran masyarakat yang masih kurang dalam merawat salah satu kemudahan pembuangan sampah yang disebut gendang 2(dua), yang dimana kemudahan tersebut merupakan salah satu sub aktivitas yang dibutuhkan sanggup mendukung berjalannya aktivitas MTR atau Makassar Tidak Rantasa. Selain itu, tidak konsistennya pemerintah atau pelaksana aktivitas dalam melaksanakan pengawasan dan penilaian terhadap aktivitas gendang 2(dua) juga merupakan salah satu kasus sehingga kemudahan pembuangan sampah yang dipasang di hampir seluruh jalanan di Kota Makassar tersebut seakan menjadi sia-sia.

Selain pemkot Makassar, pemkot Surabaya juga menjadi salah satu yang menjadi percontohan dari segi pengelolaan sampah. Beberapa aktivitas unggulan dari pemkot Surabaya yakni adalah dengan mencanangkan aktivitas Bank Sampah, membentuk kader dan fasilitator lingkungan, dan lain sebagainya. 

Dari beberapa aktivitas yang dicanangkan oleh beberapa pemerintah kawasan maupun pemerintah sentra diatas, sedikit banyaknya sanggup menggambarkan keseriusan dari pemerintah dalam upaya mengatasi kasus sampah yang seakan tidak ada habisnya. Nah, sudah sewajarnya kita sebagai warga negara yang baik juga bergerak peduli untuk membantu pemerintah dalam upaya mengatasi kasus sampah.


Bagian I                                                                   Bagian II

0 Response to "Peran Serta Pertolongan Pemerintah Dalam Menghadapi Problem Sampah ||| Bab Iii"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel