Apa Itu Selaput Dara Dan Apa Kaitannya Antara Keperawanan Dan Selaput Dara ??? Ingin Tau !!!

-  Setiap perempuan mempunyai selaput dara yang berbeda-beda. Ada dari perempuan yang mempunyai selaput dara yang sangat tipis, tebal, tidak lentur dan ada yang elastis. Dalam dunia kesehatan selaput dara di kenal dengan sebutan Hymen. Selaput darah atau Hymen merupakan jaringan mukosa yang mengelilingi lubang vagina perempuan baik secara keseluruhan dan sebagian saja.



Keperawanan seorang perempuan selalu di kaitkan dengan keberadaan selaput darah yang dimilikinya. Selaput dara yang masih utuh sering atau belum mengalami perobekan selalu di bilang bahwa perempuan tersebut masih perawan (original).

Dan banyak anggapan yang di yakini dimata masyarakat bahwa kalau seorang perempuan dengan kondisi selaput dara yang sudah robek dan tidak utuh lagi maka perempuan tersebut di cap sudah tidak perawan lagi dan di klaim sudah pernah melaksanakan relasi intim dengan lawan jenisnya. Jika ingin memastikan pasangan sahabat masih perawan atau tidak maka lakukan pengecekan pada ahlinya dan pengecekan ini dimanakan tes keperawanan.

Apa itu selaput dara atau Hymen

sudah sempat saya singgungkan diatas bahwa selaput dara atau Hymen merupakan jaringan mukosa yang yang mengelilingi secara keseluruhan atau sebagian saja di lubang vagina seorang perempuan dan merupakan selaput yang sangat tipis dan rentan sobek.

Pada perempuan yang masih kategori anak-anak, selaput dara bentuknya ibarat bulan sabit atau donat kecil, pada umumnya perempuan yang sudah puber maka selaput dara bentuknya ibarat cincin denganadanya lubang pada cuilan tengah. Lubang kecil pada cuilan tengah berfungsi untuk keluarnya darah menstruasi.

Perubahan bentuk dan ukuran selaput dara pada perempuan sanggup terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Tidah hanya mengalami perubahan bentuk saja, elastisitas selaput darah juga sanggup mengalami perubahan. Pada masa-masa remaja selaput dara seorang perempuan akan menjadi lebih elastis. Tapi hal demikian tidak berlaku untuk perempuan yang sudah beranjak sampaumur maka selaput daranya pun akan semakin menebal, perubahan tersebut didasari oleh perubahan hormon, yakni hormon estrogen.

Banyak sekali di antara perempuan yang tidak mengetahui letak selaput dara punyanya, padahal sangat simpel sekali mengamati selaput dara milik sendiri dan cara ini sangat simpel dan ptaktis dan hanya memakai alat bantu cermin

" Letakan cermin di depan, langkah selanjutnya renggangkan kaki sahabat wati dan bukalah dengan memakai kedua tangan bibir vagina atau libia. Maka sobatwati akan melihat selaput dara tersebut
Note : Tips ini hanyak untuk wanita

Penyebab selaput dara sanggup sobek

Pada umumnya, kasus robeknya selaput dara sanggup terjadi atau di akibatkan alasannya adanya penetrasi, maksud dari penetrasi disini ialah masuknya penis seorang laki-laki ke dalam lubang vagina perempuan dikala melaksanakan relasi intim (seksual).

Namun perlu digaris bawahi sobat, bukan hanyak semata-mata alasannya penetrasi saja yang sanggup menjadikan robeknya selaput dara. Aktivitas lain yang sanggup menjadi pemicu robeknya selaput dara diantaranya :  kegiatan fisik  ( bersepeda , berkuda dan senam), mansturbasi berangasan ( melaksanakan penetrasi dengan alat bantu dan memasukannya terlalu dalam atau tanpa alat bantu yakni memasukan jari-jari terlalu dalam ), penggunaan tampon ( memasukannya terlalu dalam ) dan terakhir trauma yang pernah dialami ( benda tajam yang melukai tempat vagina, kecelakan yang berbenturan pribadi dengan tempat vagina dan korban pemerkosaan).

Pada belum dewasa dan perempuan remaja, selaput dara yang sobek yang diakaibatkan oleh cedera atau trauma fisik masih sanggup di pulihkan kembali dan sanggup berlangsung dalam kurun waktu yang cepat di bandingkan perempuan dewasa.

Kaitan antara selaput dara dan keperawanan seorang wanita

Selaput dara selalu dikait-kaitkan dengan keperawanan seorang wanita, memang tidak salah kalau beranggapan begitu. Tapi tidak semua perempuan mengalami sobekan atau robek pada selaput dara di akibatkan relasi seksual  pertama kali dengan lawan jenisnya kalau itu menjadi acuannya maka sahabat agak keliru. Selaput dara sanggup saja sobek di akibatkan oleh hal-hal lain ibarat yang sudah saya paparkan diatas tadi, bahkan kebanyakan kasus yang pernah saya baca ada sebagian perempuan yang lahir tanpa selaput dara.

Pendarahan ringan yang terjadi di dikala melaksanakan relasi intim itu di karenakan penis seorang laki-laki berusaha menembus selaput dara secara paksa. Dan berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan bersama-sama keluarnya darah pada dikala pertama kali  melaksanakan relasi seksual dengan pasangan (suami-istri) hanya terjadi pada sebagian perempuan saja.

robek dan tidaknya selaput darah seorang perempuan bukan merupakan tolak ukur yang niscaya untuk memvonis bahwa perempuan tersebut masih perawan atau tidak, atau sahabat pribadi mengklain secara sepihak bahwa perempuan atau pasangan sahabat sudah pernah melakukannya dengan lelaki lain. Tapi sahabat harus perhatikan juga dari aspek lain yang menjadikan selaput dara itu robek atau tidak utuh lagi.

Demikianlah celotehan singkat saya tentang Apa Itu Selaput Dara dan Apa Kaitannya Antara Keperawanan dan Selaput Dara ???  dan saya berharap apa yang saya bagikan ini sanggup bermanfaat buat semua orang.

0 Response to "Apa Itu Selaput Dara Dan Apa Kaitannya Antara Keperawanan Dan Selaput Dara ??? Ingin Tau !!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel