Menulis

- Bismillah…menulis di kurun kini apalagi kalau sahabat berbisnis online, menulis online dan menulis artikel untuk blog adalah keahlian yang mungkin sudah sebaiknya Anda miliki.

Banyak hal yang bisa sahabat dapatkan dari menulis, termasuk saya.


Menulis tentunya akan menjadi kebutuhan utama sahabat dalam konten promosi bisnis dan menulis artikel untukmengisi blog sobat, namun selain itu menulis juga bisa membantu sahabat lebih leluasa dalam berkomunikasi dengan pelanggan sobat.


di kurun kini apalagi kalau sahabat berbisnis online Menulis


Anda mungkin sering melihat para CEO dari perusahaan besar mengutarakan isi pikirannya melalui goresan pena dan seringkali lezat banget untuk dibaca.

Karenanya salah satu pelajaran yang aku ambil dari menulis adalah:

"Clear writing is the sign of clear thinking."
Maksudnya yaitu orang yang bisa menulis dengan jernih biasanya cenderung mempunyai pikiran yang jernih pula.

Clarity atau kejelasan itu sangat penting untuk bisnis terutama dikala berkomunikasi, apalagi kalau sahabat yaitu pemilik dari bisnis itu sendiri.

Dengan menulis sedikit banyaknya akan membantu sahabat akan hal itu tanpa Anda sadari.

Mengapa demikian? Karena menulis sangat jauh berbeda berbeda dengan berbicara.

Mengartikulasikan pikiran sahabat menjadi bentuk goresan pena butuh semacam kontrol pikiran tersendiri.

Menulis yaitu salah satu proses mengartikulasikan dari sebuah pikiran menjadi sesuatu yang gampang dipahami namun jatuhnya lebih kompleks.

Sobat harus menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat, dari kalimat menjadi paragraf, terkadang kata yang satu dengan kata yang lain tidak sesuai.

Ketika menulis Anda harus mempunyai 2 sudut pandang, yang pertama yaitu sudut pandang dari sisi Anda sebagai penulis dan kedua dari pembaca goresan pena sobat.

Sudut pandang dari sisi pembaca inilah yang berdasarkan aku penting, dimana serumit apapun topik yang ingin sahabat coba sampaikan, harus bisa dengan gampang dipahami oleh para pembaca goresan pena sobat.

Terlepas dari teknik menulis itu sendiri, menulis mempunyai banyak manfaat untuk diri kita khususnya untuk saya.

Dari sisi kesehatan menulis menciptakan sahabat gampang mengingat apapun sehingga bisa mencegah Anda cepat pikun.

Menulis juga membantu aku memahami sesuatu yang gres aku pelajari dengan cepat.

Yang aku yakini hingga kini yaitu sahabat belum benar-benar paham apa yang gres saja sahabat pelajari, kecuali sahabat bisa menjelaskan hal tersebut kepada orang lain dengan mudah.

Salah satu media untuk menjelaskan tersebut yaitu dengan tulisan.

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa para orang jenius dari jaman dahulu selalu mendokumentasikan baik penelitian, maha karya atau sudut pandang mereka menjadi sebuah buku yang terperinci isinya yaitu tulisan.

Namun disisi lain, meski Anda harus bisa menulis dari sudut pandang para pembaca.

Tujuan dari menulis bagi aku bukan hanya untuk dibaca orang lain tapi lebih kepada cara kita berkomunikasi terhadap diri sendiri.

Karena diri sendiri yang bekerjsama harus Anda sering-sering ajak komunikasi.

Saya berguru banyak hal dari menulis, terutama dari goresan pena aku sendiri.

Dengan begini aku bisa memperbaiki goresan pena aku dari hari ke hari menjadi lebih baik dari sebelumnya.

_____

Namun aku sadar tidak semua orang gampang mengartikulasikan pikiran mereka dalam bentuk tulisan.

Dibutuhkan kemampuan khusus untuk bisa menuangkan pikiran sahabat dalam bentuk tulisan.

Namun bukan berarti sahabat tidak bisa, semua tergantung dari diri sahabat apakah mau membiasakan diri menulis atau tidak.

Kesempurnaan biasanya membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Tulisan aku hari ini sangat jauh berbeda dari goresan pena aku satu atau bahkan dua tahun yang lalu, semua mengalami proses perbaikan sedikit demi sedikit, kuncinya yaitu memulai & konsisten.

Sampai detik inipun aku masih belajar, dan aku tidak ingin berguru sendirian.

Karenanya melalui menu CONTACT FORM ini aku ingin sekali berdiskusi dengan Anda mengenai menulis.

Kira-kira apa 2  (dua) persoalan terbesar Anda dalam proses menulis? Baik itu konten iklan maupun bentuk goresan pena lain.

Silakan tulis artikel atau pendapat sahabat di contack form, tuliskan sepanjang mungkin persoalan yang bisa Anda utarakan, sekalian berguru menulis ^_^

InsyaAllah aku akan baca satu persatu dan kita bisa diskusi banyak melalui email, atau Anda juga bisa hubungi aku melalui Instagram disini dimana aku juga sering membagikan semua hal mengenai teknik atau eksperimen aku dikala menulis konten promosi.

Tentunya berbicara mengenai menulis salah satu channel yang berdasarkan aku terbaik untuk sobat.

Karena dengan  mengisi keluhan sahabat di contact form aku dan sahabat bisa berdiskusi secara pribadi dan lebih dalam melalui email pembaca goresan pena sahabat secara langsung.

0 Response to "Menulis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel