Belajar Fotografi Untuk Pemula

- Dapat mempunyai studio foto ialah harapan bagi sebagian pecinta fotografi, terkadang orang masih menganggap remeh perjuangan fotografi mereka menganggap bidang fotografi ialah bisnis biasa yang menghasilkan sedikit uang. 

Mereka sangat keliru dengan anggapan ibarat itu sobatku. Hingga ketika ini pun studio foto sangat diperlukan, mulai foto pre wedding, wedding, baby photo dan lain-lain sebab peralatan yang dipakai bukan hanya kamera saja, untuk menghasilkan foto studio foto yang manis memakai beberapa peralatan pendukung. 

Alat pendukung berikut dipakai studio foto. Saya menulis ini ialah studio foto untuk fotografer amatir, mengingat harga peralatan  cukup menguras kantong

Berikut ulasan aku di bawah ini mengenai semua yang diharapkan dalam menyiapkan studi foto

1. Kamera

Saat ini mungkin tidak ada studio foto yang memakai kamera dslr yang operasinya masih manual dan media penyimpanan memakai roll film, sebab perkembangan teknologi dslr menjadi pilihan utama bagi pecinta dan seniman fotografi dengan banyak sekali akomodasi penggunaan dslr telah menjadi primadona. 




Jenis-jenis kamera yang ada di pasaran berkisar dari amatir hingga profesional yang disajikan tergantung pada yang ingin kami pilih mana dan juga menyesuaikan keuangan sobat. Berbagai merek mulai dari nikon, canon, fuji, sony, samsung, fujifilm dan lainnya tersedia tunai dan kredit ditawarkan begitu gampang untuk mendapat kamera sesuai keinginan sobat, ulasan ihwal kelebihan dan kekurangan ditinjau di banyak media online, jadi teman tidak perlu lagi khawatir ihwal menentukan kamera yang salah.


2. Lensa 



Studio foto biasanya mempunyai 2 atau lebih lensa. Lensa tetap 35, 50, 85 mm selalu menjadi sasaran sebab menghasilkan foto bokeh yang cukup bagus, tetapi untuk anggaran rendah sanggup memakai lensa kit, meskipun lensa kit mempunyai banyak kekurangan kita masih bisa melaksanakan pengeditan untuk hasil yang lebih baik. Berbagai tutorial ihwal mengedit foto dengan gampang kita dapatkan di youtube dengan cara ini kita sanggup meminimalkan penggunaan dana.


3. Flash Eksternal.

Walaupun Dslr yang telah kami miliki dilengkapi dengan flash internal, kami masih membutuhkan flash eksternal, ini sebab kemampuan flash internal pada kemampuan kamera terbatas. Flash eksternal sanggup dipakai sebagai master ketika kami memakai lampu slave yang berarti lampu flash eksternal sanggup dipakai sebagai pemicu untuk menyinkronkan cahaya yang keluar dari lampu slave. Pilih flash eksternal dengan nomor panduan besar, untuk menciptakan lampu flash eksternal menjadi nomor panduan utama harus besar.


4. Lampu Studio 

Selain memakai flash internal dan flash eksternal, dalam peralatan fotografi janji nikah ada juga lampu studio sebagai sumber cahaya. Lampu-lampu ini bekerja lebih banyak untuk menghasilkan cahaya yang lebih terarah, sanggup diatur sudut pencahayaannya terpusat, simetris, atau diadaptasi sehingga sanggup diperlebar atau dipersempit. Pencahayaan sanggup diarahkan ke iradiasi pada bagian-bagian tertentu saja dan sanggup bervariasi dengan banyak sekali aksesoris lainnya.


5. Dudukan lampu (Light stand)

Alat ini mempunyai kegunaan sebagai penyangga lampu studio, banyak sekali merek dudukan lampu ditawarkan mulai dari yang murah hingga yang mahal tetapi kalau Anda membeli yang berkualitas baik dan berpengaruh menahan beban yang besar biasanya berukuran lebih besar.


6. Softbox



Di studio foto profesional penggunaan softbox menjadi andalan untuk menciptakan cahaya lembut dan merata ke objek. Karakter cahaya yang dihasilkan lunak lembut ibarat diffuser, dengan intensitas yang lebih berpengaruh sebab berkas cahaya dipertahankan dan dikembalikan oleh sisi reflektor. Keuntungan lain pada penggunaan softbox ialah kurangnya kebocoran cahaya.


7. Reflektor Payung 

Alat dalam bentuk payung putih mempunyai kegunaan yang sama dengan softbox tetapi sifat cahaya yang dihasilkan lebih lebar sehingga bayangan dan keseluruhan cahaya menjadi lebih lembut. Warnanya putih standar, tetapi ada juga warna perak (menghasilkan cahaya yang lebih kuat) dan emas (menghasilkan cahaya hangat). Sumber cahaya alat ini berasal dari strobo. Alat ini biasanya lebih banyak dipakai dalam foto janji nikah sebab ringan dan gampang dipasang. Mengenai harga payung reflektor ialah yang termurah di antara peralatan lainnya.


8. Trigger 

Triger dan receiver ialah alat yang dipakai sebagai pemicu cahaya eksternal atau lampu kilat untuk sanggup menyala secara bersamaan sambil menekan tombol rana pada kamera. Alat ini berfungsi dengan sistem nirkabel nirkabel sehingga lebih mudah untuk digunakan. Kita harus selalu menyelidiki baterai pada alat ini apalagi kita ingin melaksanakan pemotretan sebab aku sering kehabisan pemicu baterai pada ketika acara.


9. Tripod

Fungsi utama tripod dalam fotografi ialah untuk mendukung badan kamera. Dengan alat ini Anda sanggup sedikit mengurangi beban berat kamera ketika memotret dalam waktu yang lama. Juga dengan memakai tripod kita bisa mengurangi guncangan sehingga gambar yang dihasilkan tidak buram. Terlebih ketika kami memakai kecepatan rendah dalam mengambil foto.


10. Kabel Rilis

Fungsi utama kabel ini ialah untuk mengurangi guncangan sehingga gambar yang dihasilkan tidak kabur dengan goyang. Biasanya dipakai ketika kamera dipasang pada tripod.


11. Backround

Dalam bentuk panjang, polos merah, hijau, hitam, putih dan banyak sekali motif dipakai untuk memperlihatkan dekorasi visual dari foto yang kita ambil. Background sanggup memperlihatkan pesona tersendiri dalam foto, pemilihan latar belakang itu sendiri biasanya diadaptasi dengan kebutuhan foto yang kita ambil. Makara elemen yang tak kalah penting untuk menghasilkan foto yang manis selain objek ialah pemilihan latar belakang yang sesuai.


12. Ruang Studio 

Membangun studio yang paling penting ialah mempunyai ruang kosong yang besar, sebab dengan ruang kosong yang luas kita sanggup dengan bebas mendekorasi ruangan untuk menentukan tema yang akan ditampilkan dalam foto. Tetapi kalau kita tidak mempunyai ruang yang besar, kita cukup memakai ruangan dengan luas minimum 4 x 6 meter untuk mengatur latar belakang dan lampu studio. Yang paling penting kami berusaha untuk tidak memakai cat ruangan yang memantulkan cahaya. 

Itu sedikit citra dan klarifikasi dari aku kalau kita ingin mendirikan studio foto. Semakin baik peralatan yang dipakai hasil yang didapat juga akan bagus, tetapi kita tidak perlu khawatir dengan apa yang kita miliki kita tentu bisa menghasilkan foto yang manis kalau kita bersungguh-sungguh dan kemauan yang berpengaruh untuk bisa menghasilkan karya yang baik. 

" Tidak akan pernah ada pekerjaan baik tanpa pekerjaan jelek ".

semoga sanggup memperlihatkan sedikit informasi bermanfaat.

Nantikan artikel selanjutnya.

0 Response to "Belajar Fotografi Untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel