Cara Mencari Dan Memperbaiki Broken Link ( Tautan Mati ) Di Blog Blogger

Selamat tiba di blog Cara Mencari dan Memperbaiki Link Mati (Broken Link) di Blog Blogger. Broken link atau link mati dalam blog atau website merupakan hal yang paling mengganggu keberadaannya. Apalagi bagi seorang pemula yang gres melangkah, membangun dan merancang sebuah  website atau blog  Keberadaan broken link sanggup mempertaruhkan reputasi website dan menjatuhkan ranking website di mesin pencarian.

 Broken link atau link mati dalam blog atau website merupakan hal yang paling mengganggu k Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link  ( Tautan Mati ) di Blog Blogger

Selain dari menghancurkan reputasi blog yang sahabat kelola di mata mesin pencari, ternyata efek lain yang di hasilkan broken link atau link mati sanggup menciptakan pengunjung setia blog sahabat jerah dan kapok untuk mengunjungi kembali blog sobat. Sebuah survei yang dilakukan menandakan sebanyak laman 404 (error page).

Meski kehadirannya merupakan sebuah persoalan besar, bukan berarti broken link atau link mati tidak sanggup diatasi. Pada Artikel kali ini saya akan membantu sahabat mengenal lebih jauh apa itu broken link, cara mengecek broken link dan cara mudah  mengatasi broken link  website atau blog di blogger.com dengan cepat.

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Broken Link

Broken link atau link mati yakni sebuah link pada halaman website atau blog yang kita kelola dan juga di website orang lain yang dimana kalau sahabat klik  link tidak ditemukan, link error, atau 404 not found pada browser. Ada juga istilah-istilah keren untuk link mati tersebut diantaranya broken link/broken url/dead link/url mati 

Penyebab Broken Link

Broken link sebuah istilah untuk tautan yang tidak sanggup diakses oleh mesin pencari. Ada beberapa hal yang mengakibatkan sebuah tautan menjadi broken link:

1. Merubah alamat atau URL postingan yang sudah di publikasi.

Biasanya hal ini sering di lakukan pemula menyerupai saya dulu saya sering mengotak atik dan mengganti URL postingan yang sudah saya terbitkan dan juga sudah di Submit ke Search Console. Alhasil berbagai link mati yang saya dapati di blogku ini.

2. Salah dalam menulis link atau tautan

Biasanya hal ini terjadi di ketika kita mencoba memasukan link yang mengarah ke website orang lain sebagai rujukan tapi kita salah menulisnya sehingga mesin pencari tidak sanggup menjangkau link yang kita tuliskan tersebut, bukan hanya link yang mengarah ke luar saja yang mengakibatkan broken link tapi link internal atau link yang mengarah ke artikel lain tapi masih dalam satu website atau blog.

3. Perubahan Domain ( Mengganti domain )

Ketika sahabat tetapkan untuk mengganti domain lama ke domain gres atau domain berbayar  maka semua tautan di blog akan berubah. Jika sahabat tidak mengalihkan pengaturan antar domain kesudahannya link atau tautan yang ada dalam blog sahabat akan eror atau ada broken link.

4. Komentar di blog

Pada kolom komentar yang sudah di siapkan oleh sahabat biasanya, ketika artikel yang sahabat tulis di rasa bermanfaat maka para pengunjung sering meningganlkan jejak dengan cara berkomentar di bawah postingan. Pada kolom komentar juga biasanya para pemburu backlink sering menyisipkan URL aktif yang mengarah ke blognya atau biasanya juga mengambil eksklusif dari URL profil blogger Jika URL atau Profil Blogger tersebut sudah tidak aktif maka hal demikian akan menjadikan broken link.

5. Tautan yang berisikan file sudah tidak tersedia

Tautan yang sahabat cantumkan untuk mengunduh file-file menyerupai PDF, gambar, dan video sudah di hapus atau di pindahkan hal ini akan mengakibatkan broken link.

6. Direktori situs

Hal ini berlaku bagi pengguna WordPress. Ketika berusaha memindahkan file ke direkori baru, otomatis semua tautan akan berubah pula. Maka di perlukan pengalihan biar tidakterjadi broken link.

Cara Cek Broken Link

Sebenarnya mengecek sanggup dilakukan secara manual yakni dengan membuka tautan satu persatu yang ada di blog. Namun kedengaranya agak membosankan, namun sahabat sanggup gunakan tools gratis yang ada di internet yakni Broken Link Checker.

Untuk mengeceknya sangatlah gampang dan cukup satu kali klik maka akan muncul semua link yang sudah mati maka sahabat sanggup mengikuti tutorial di bawah ini:

1. Pertama buka situs Brokenlinkcheck.com
2. Setelah itu masukan URL situs Sobat pada kolom yang sudah disediakan dan klik “Find Broken Links”.
 Broken link atau link mati dalam blog atau website merupakan hal yang paling mengganggu k Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link  ( Tautan Mati ) di Blog Blogger

3. Sobat wajib mengisi security code yang sudah di siapkan,  pilih antara 2 opsi yaitu:
  • Report distinct broken links only, atau
  • Report all occurrences of each dead link (may be slower
Saran dari  saya gunakan opsi yang kedua, alasannya yakni biarpun prosesnya lebih lambat, namun report dan segala penyebab broken link sanggup kita ketahui secara lengkap. Setelah itu klik “Find broken links now !”.

 Broken link atau link mati dalam blog atau website merupakan hal yang paling mengganggu k Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link  ( Tautan Mati ) di Blog Blogger

4. Setelah itu sobattinggal duduk bagus menunggu tools ini menilik blog sobat. Maka akan muncul laporan lengkap menyerupai di bawah ini.

 Broken link atau link mati dalam blog atau website merupakan hal yang paling mengganggu k Cara Mencari dan Memperbaiki Broken Link  ( Tautan Mati ) di Blog Blogger

5. Untuk mengetahui di artikel mana yang mengalami broken link tersebut berada silahkan sahabat klik src pada kolom Page Where Found maka sahabat akan di arahkan ke link artikel tersebut (Lihat link paling atas). Silahkan sahabat cek eksklusif di Blogger untuk edit artikel tersebut dengan menghapus Link yang sudah mati.
6. Selesai.

Cara Mengatasinya!

Gambar di atas yakni laporan lengkap blog sejak artikel ini terbit. Terdapat 16 tautan yang sudah lama atau mati. Ternyata berbagai berasal dari Anchor Txt dalam blog ini yang mengarah ke blog luar.

Untuk mengatasinya buka artikel yang bermasalah dan matikan link yang mengarah ke website orang lain yang menjadi sumber referensi.

Komentar Blog

Sobat sanggup pasang script yang menonaktifkan komentar blog di blog sobat. Jika permasalahan yang dialami berasan dari komentar blog kalau tidak abaikan saja. Saran dari saya gunakan komentar Disqus dan komentar Facebook saja sebagai langkah aman.


Akhir Kata...

Bagaimana cukup gampang bukan Cara Mencari dan memperbaiki link yang sudah mati di blog. Silahkan sahabat edit dengan link yang aktif atau link yang baru. Bisa juga hapus link tersebut supaya tidak menjadikan persoalan pada blog dan kepercayaan mesin pencari dengan blog sobat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan apabila mengalami kesulitan silahkan di tanyakan di kolom komentar, Sekian dan Terima Kasih.

Jangan Lupa Subscribe untuk mendapat Uptade artikel terbaru blog ini....

0 Response to "Cara Mencari Dan Memperbaiki Broken Link ( Tautan Mati ) Di Blog Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel