Cara Mendaftar Dan Memasang Tracking Arahan Google Analytics Di Blogger Blogspot { Terbaru }

Selamat tiba di blog Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger ( Blogspot ). Jika sahabat gres terjun di dunia blogging dan sahabat yaitu blogger pemula yang mempunyai sebuah website atau blog, tapi sahabat resah bagaimana cara memonitoring interaksi pengunjung dengan halaman yang ada di blog sobat. Maka dari itu sahabat harus mengenal alat cangging nan unik buatan Google yakni Google Analytics.

Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Cara Mendaftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Blogspot { Terbaru }


Daftar isi:
Apa Itu Google Analytics?
Alasan Menggunakan Google Analytics di Website atau Blog !
Cara Mendaftar Google Analytics
Cari ID pelacakan Analytics 
 Cara Menambahkan pelacakan Google  Analytics  di blog

  • Menggunakan Tracking ID
  • Menggunakan Tracking Kode atau Tag Situs Global


Belajar Memahami Fungsi Google Analytics

Apa Itu Google Analytics?


Wikipedia Google Analytics yaitu layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google kepada pemilik web atau blog untuk melacak dan melaporkan kemudian lintas situs web, ketika ini sebagai platform di dalam merek Platform Pemasaran Google . Google meluncurkan layanan Google Analytics pada November 2005 sehabis mengakuisisi Urchin. Jika disederhanakan  GA merupakan salah satu tools gratis yang disediakan oleh Google yang sanggup dipakai untuk memantau interaksi pengunjung terhadap halaman website atau blog serta membantu sahabat menganalisa trafik yang tiba dari website atau blog lain.

Google Analytics juga sangat berkhasiat sekali dan sering dipakai oleh webmaster alasannya yaitu menyajikan informasi yang sangat berguna, akurat dan lebih superior mengenai halaman blognya. Dengan pemberian Google analytics sahabat sanggup mengetahui segala bentuk warta yang menyangkut interaksi pengunjung terhadap blog sobat.

Dengan menyajikan informasi yang sangat berguna, akurat dan lebih superior sahabat sanggup mengevaluasi dan menganalisa kekurangan dari blog yang sahabat kelola biar menjadi lebih baik lagi. Namun biar sanggup menampilkan dan merekam jejak para pengunjung terhadap blog yang sahabat miliki, sahabat harus mengintegrasikan tools gratis Google Analytics dengan website atau blog yang sahabat miliki.

Cara Mengintegrasikannya yakni dengan cara memasang Tracking arahan Google Analytics pada blog sobat. Untuk mendapat dan memasang Tracking arahan Google Analytics  di blog, langkah awal yang harus sahabat lakukan yaitu melaksanakan registrasi blog sahabat ke Google Analytics. Setelah blog sahabat sudah terdaftar di Google Analytics barulah sahabat sanggup mendapatkan Tracking Kode Google Analytics yang sanggup sahabat letakan di blog.

Ada dua syarat  utama yang harus sahabat penuhi sebelum melaksanakan registrasi ke Google Analytics yaitu sahabat harus mempunyai email Google atau biasa disebut Gmail.dan juga sahabat harus mempunyai sebuah blog, jadi sahabat harus menciptakan akun email milik Google dan sehabis itu buatlah sebuah blog baru. Silakan sobat membuat email di Gmail terlebih dahulu dan bila sahabat juga belum mempunyai blog, sahabat juga bisa membuat blog  dengan memakai email yang sudah sahabat buat terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi kedua syarat tersebut maka sahabat sudah sanggup mendaftarkan ke Google Analytics.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang  alasan sahabat harus memakai Google Analytics di blog dan cara menciptakan akun analytics serta menuntun sobat memasang Tracking arahan Google Analytics pada blog khusus blogspot.

Alasan Menggunakan Google Analytics di Website atau Blog

Berikut yaitu beberapa laba yang sanggup sahabat dapatkan ketika memasang dan memakai Google Analytics untuk website atau blog :
  • Sobat sanggup mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi website atau blog.
  • Sobat sanggup mengetahui dimana dan darimana pengunjung website atau blog sobat berasal.
  • Sobat bisa mengetahui jumlah, asal, halaman yang dikunjungi dan masih banyak lagi secara live.
  • Sobat sanggup memantau  situs mana yang mengirimkan kemudian lintas ke situs web atau blog sobat
  • Sobat bisa mengetahui strategi pemasaran yang mendorong kemudian lintas ke situs web atau blog sobat
  • Sobat bisa melihat halaman paling terkenal di website atau blog
  • Dapat melihat laporan harian, mingguan, bulanan dan tahunan secara lengkap dan terperinci
  • Sobat sanggup melihat Tingkat Bounce rate  di website atau blog.
Diatas yaitu beberapa laba yang akan sahabat dapatkan ketika memakai Google Analytics, tapi tentu saja yang disebutkan diatas hanya sebagian kecilnya saja, Sobat masih sanggup mendapat hal-hal penting lain di Google Analytics untuk melihat laporan website atau blog sobat.

Dan kini silahkan lanjutkan membaca untuk cara mendaftar untuk akun Google Analytics website Anda dibawah ini.

Langkah 1 : Cara Mendaftar Google Analytics

Sebelum memakai tools gratis Google Analytics dan mengintegrasikannya dengan blog sobat, sahabat terlebih dahulu harus melaksanakan registrasi ke Google Analytics terlebih dahulu. Silakan sahabat ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Sobat kunjungi halaman utama Google Analytics.

2. Pada halaman tersebut. Silakan klik Mulai Gratis pada bab pojok kanan atas.

Tampilan beranda Google Analytics


ada dua pilihan
  • Masuk ke Analytic ( Sign in to analitics ) : Di peruntukkan buat sobat  yang sudah pernah mendaftar Google Analytics sebelumnya
  • Mulai gratis ( Start for free) : Jika sahabat gres pertama kali mendaftar 
2. Untuk mulai mendaftarkan blog yang sahabat miliki , klik Mulai gratis. Maka sahabat akan di bawah ke halaman pendaftaran, Klik Buat akun secara gratis

Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Cara Mendaftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Blogspot { Terbaru }

3. Setelah itu sahabat akan mengisi form Pembuatan akun yang telah di sediakan, beda Google analytics usang lebih ribet. Pada analytics gres sahabat cuman masukan Nama akun, setelah itu scrool ke bawah dan klik Berikutnya



4. Pada tab Apa yang ingin Anda ukur? karena sahabat ingin mendaftarkan blog di Google Analytics, pilih Web. (Namun, bila sahabat ingin mendaftarkan Aplikasi, pilih tab Apps atau sahabat ingin mendaftar semuanya maka klik Aplikasi dan web Setelah itu sahabat scrool ke bawah klik Berikutnya. Contohnya ibarat ini :


5. Pada tab Penyiapan properti sobat akan mengisi data penting Nama Situs : Isi nama blog sobat URL Situs : Alamat URL blog sobat Kategori Industri : Niche atau Topik yang sahabat bahas di blog Zona Waktu Pelaporan : Atur zona waktu sesuai daerah tinggal sobat.  Langkah selanjutnya klik Buat

Lihat Contoh :

6. Langkah selanjutnya sahabat akan di hadapkan dengan halaman Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics centang yang perlu di centang, kemudian scrool ke bawah dan klik Saya setuju. setelah itu sahabat sudah berhasil menciptakan akun Google analytics

Lihat tumpuan : 

Langkah 2 : Cari ID pelacakan Analytics 

Sebenarnya untuk menemukan ID Analytics sangatlah mudah, simak langkah-langkah dibawah ini :

Untuk menemukan ID Google Analytics:


  1. Login ke akun Analytics.
  2. Klik Admin.
  3. Pilih akun dari hidangan di kolom AKUN.
  4. Pilih properti dari hidangan di kolom PROPERTI.
  5. Di bagian PROPERTI, klik Info Pelacakan > Kode Pelacakan. ID Google Analytics ditampilkan di bab atas halaman.

Tag Situs Global

  1. Salin seluruh konten kotak teks.
  2. Tempelkan sempurna sehabis tag <head> di setiap halaman situs Anda. 


Tag situs global yaitu beberapa baris arahan pemrograman yang harus sahabat tempelkan ke setiap halaman situs. Tag situs global yang diubahsuaikan muncul di kotak teks di bawah judul "Tag Situs Global (gtag.js)".
Lihat tumpuan :

Langkah 3 :  Cara Menambahkan pelacakan Google Analytics  di blog


  • Menggunakan Tracking ID


  1. Login ke Blogger.
  2. Pada dashboard blogger, klik panah Bawah Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Cara Mendaftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Blogspot { Terbaru }.
  3. Klik blog yang ingin sahabat pasang tracking ID untuk analisis.
  4. Di hidangan dashboard sebelah kiri, klik Setelan Cara Daftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Cara Mendaftar dan Memasang Tracking Kode Google Analytics di Blogger  Blogspot { Terbaru } Lainnya.
  5. Di bab "Google Analytics", ketik Tracking ID pelacakan Analytics. Format ID harus: UA-XXXXX-XX.
  6. Di pojok kanan atas, klik Simpan setelan.

Ini sanggup memakan waktu hingga 24 jam hingga data muncul di Analytics.
Lihat Gambar : 

Menggunakan Tracking Kode atau Tag Situs Global
  • Login ke Blogger.com
  • Klik Tema (Theme) > Pilih Edit HTML


  • Pada kotak edit html, klik bebas di dalam kotak Edit HTML dan tekan CTRL + F (pada keyboard). Kemudian masukkan arahan <head> pada kotak pencarian lanjut tekan Enter (pada keyboard).
  • Selanjutnya, arahan yang kalian copy pada panduan Mendaftar Google Analytics tadi, pastekan sempurna di atas arahan <head> ibarat ini :

Jika sahabat masih resah copy arahan di bawah ini Silahkan ganti arahan UA dibawah dengan Kode Analitic sahabat kemudian masuk ke Edit HTML dan letakkan di atas arahan <Head>. Ganti Kode sebelumnya yang sudah terpasang apabila tidak berjalan.

<script type='text/javascript'>   var _gaq = _gaq || [];   _gaq.push(['_setAccount', 'UA-104095070-1']);   _gaq.push(['_trackPageview']);   (function() {     var ga = document.createElement('script'); ga.type = 'text/javascript'; ga.async = true;     ga.src = ('https:' == document.location.protocol ?  'https://ssl' : 'http://www') + '.google-analytics.com/ga.js';     var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(ga, s);   })(); </script>

Langkah 4 :  Belajar Memahami Fungsi Google Analytics

Sebenarnya, Google sendiri sudah menyebarkan klarifikasi perihal Google Analytics. Mungkin, ada sebagian dari sahabat yang belum memahami apa aja fungsi Google Analytics.
Untuk lebih jelas, silakan baca : Fungsi Google Analytics.

Bagaimana, cukup gampang bukan mendaftar ke Google Analitic !!! Makara jangan heran bila sahabat membuka beranda Google Analitic tidak sanggup tampil, itu alasannya yaitu sahabat belum mendaftarkan secara sukses ID Tracking dan Kode Tracking blog. Selain akurat menawarkan warta perihal statistik blog, ternyata memakai google analytics juga sanggup menawarkan warta pendapatan Google Adsense yang sahabat miliki. Selamat mencoba mendaftar dan memasang Google Analytics pada blog, semoga artikel ini bermanfaat!!!

0 Response to "Cara Mendaftar Dan Memasang Tracking Arahan Google Analytics Di Blogger Blogspot { Terbaru }"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel