Apa Itu Backlink, Laba Backlink Dalam Seo Dan Tips Mendapat Backlink Berkualitas

"Backlink" ialah salah satu kata yang paling banyak dipakai di dunia meningkatkan secara optimal mesin pencari (SEO). Banyak blogger yang gres saja menciptakan sebuah blog atau website sering kesulitan memahami apa arti "backlink".

 ialah salah satu kata yang paling banyak dipakai di dunia meningkatkan secara optimal mesin pencari  Apa Itu Backlink, Keuntungan Backlink Dalam SEO dan Tips  Mendapatkan Backlink Berkualitas

Dalam posting ini, saya berharap sanggup memberi sobat sedikit pemahaman perihal apa itu backlink, mengapa backlink penting untuk SEO, dan mengapa backlink penting untuk kesuksesan sebuah blog atau situs web. Dan kali ini juga saya akan sedikit mengajarkan kepada sobat perihal cara menganalisis backlink pesaing sobat, dan bagaimana cara untuk memperolehnya

Apa Itu Backlink?


Backlink juga dikenal sebagai  "Tautan balik", "tautan masuk" atau "tautan satu arah" ialah Sebuah tautan yang didapat satu blog atau website  dari blog atau website lain.  

Tautan balik ini sanggup mengatakan dampak yang besar pada keunggulan blog atau website dalam hasil mesin pencari. Halaman dengan banyak backlink cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi di semua mesin pencari utama, termasuk Google.


Inilah sebabnya backlink dianggap sangat berkhasiat untuk meningkatkan peringkat SEO blog atau website. Mesin pencari menghitung peringkat atau merengking website memakai beberapa faktor salah satunya dari backlink yang berkualitas untuk di tampilkan di hasil pencarian. Tidak ada yang tahu niscaya berapa banyak jumlah yang menjadi patokan mesin pencari untuk menaikan peringkat sebuah website atau blog, namun yang perlu kita ketahui bersama bahwa tautan balik tersebut sangatlah penting.

Karena pentingnya backlink, ada banyak praktik jelek yang diikuti oleh pemilik situs web untuk mendapatkan backlink. Beberapa praktik jelek ini adalah: membeli backlink, jaringan pertukaran tautan, menjual backlink, dll. Sebagian besar praktik ini tidak direkomendasikan oleh mesin pencari. Google biasanya melaksanakan deindex dan menghukum situs web yang diduga terlibat dalam praktik semacam itu.

Tautan balik ke website atau blog sobat harus alami, ini berarti bahwa sobat dihentikan memakai cara apapun atau Tools otomatis  menciptakan tautan balik untuk website atau blog sobat. Yang perlu sobat ingat kualitas tautan  jauh lebih penting daripada kuantitasnya.

Contoh I: Situs web A ialah merupakan sebuah restoran dan menerima backlink dari Situs B yang merupakan blog atau situs yang mengulas banyak sekali jenis makan terkemuka. Ini merupakan backlink yang berharga, alami, dan relevan yang diperoleh Situs A.

Contoh II: Seorang blogger Sugeng menulis artikel yang sangat menarik perihal program meningkatkan secara optimal blog. Blogger lain mba Igniel tidak baiklah dengan artikel mas sugeng, dan mba Igniel menulisnya di artikel lain untuk majalah online. Ia menautkan ke artikel mas sugeng, sehingga pembacanya sanggup memahami kedua sudut pandang yang berbeda tersebut. Blog mas sugeng menerima backlink yang berharga. Di sisi lain, artikel mba Igniel menjadi terkenal dan banyak situs web lain yang terhubung ke artikelnya. Situs web mba Igniel mendapat banyak backlink baru. Meskipun mas sugeng hanya menerima satu backlink untuk artikelnya, nilai backlinknya meningkat dengan backlink yang dihasilkan artikel mba Igniel.

Singkatnya, ialah jaringan halaman website atau blog yang terhubung satu sama lain melalui hyperlink. Setiap hyperlink yang terhubung ke website atau blog baru menambah pertumbuhan web secara keseluruhan. Mesin pencari memudahkan sobat menemukan halaman website tersebut. Halaman web yang dihubungkan oleh banyak halaman web lain pada topik yang sama dianggap lebih bernilai dan berharga.  Seperti teladan II di atas, artikel mas sugeng mendapat evaluasi yang baik lantaran memicu percakapan yang menghasilkan banyak halaman web lain yang saling terhubung. Kaprikornus backlink tidak hanya penting bagi sebuah situs web juga penting untuk mesin pencari dalam memilih relevansi keseluruhan dari konten yang ada web atau blog.

Istilah umum terkait dengan backlink 

Berikut ini merupakan daftar istilah umum yang terkait dengan backlink yang perlu sobat ketahui:

  • Juice Tautan atau Link Juice

Juice Tautan: Ketika sebuah halaman web menautkan ke salah satu artikel sobat atau situs web sobat, itu melewati "jus tautan". Jus tautan ini membantu memilih peringkat artikel, dan juga meningkatkan otoritas domain . Sebagai seorang blogger, sobat sanggup berhenti mengirimkan jus tautan dengan memakai tag No-Follow.

  • No Follow Link

No-Follow Link: Ketika sebuah situs web menautkan ke situs web lain, tetapi tautan tersebut memiliki  tag No-Follow , tautan itu tidak dianggap link juice . Link no follow tidak mengatakan manfaat mengenai peringkat halaman lantaran tidak berkontribusi dan tidak mempunyai dampak apa pun. Secara umum, seorang  pakar webmaster memakai tag no follow ketika beliau menaut ke situs yang tidak sanggup relevan dengan topik yang di bahas. menyerupai teladan berkomentar di blog orang lain atau blog walking.

  • Do-Follow Link

Do-Follow Link : Secara umum, semua tautan yang sobat tambahkan ke posting blog ialah do-follow links atau link mengikuti  dan link tersebut  dianggap link juice.

  • Menautkan Root Domains

Menautkan Root Domains:  Ini merujuk pada jumlah backlink yang masuk ke situs web sobat dari domain unik dan mempunyai peringkat. Bahkan jikalau situs web telah menautkan situs web sobat sepuluh kali, itu hanya akan dianggap sebagai  satu root domain  yang ditautkan.

  • Tautan Berkualitas  Rendah  atau Low-QualityLink

Tautan Berkualitas  Rendah : Tautan berkualitas rendah ialah tautan yang berasal dari situs yang dipanen, situs otomatis, situs spam, situs download software bajakan atau bahkan situs porno. Tautan menyerupai itu jauh lebih berbahaya. Ini ialah salah satu alasan sobat harus berhati-hati dikala membeli backlink atau menyuruh orang menciptakan backlink otomatis.

  • Tautan Internal

Tautan Internal: Tautan yang berpindah dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut tautan internal atau tautan yang masih mengarah ke artikel yang masih satu website atau blog. Proses itu sendiri disebut sebagai  tautan internal atau interlinking.

  • Anchor Text

Anchor text ialah potongan teks berisi tautan yang sanggup diklik. Bentuknya cukup berbeda dari teks biasa. Di mesin pencarian umumnya, anchor text berwarna biru atau berupa teks yang digarisbawahi. Teks ini berkhasiat sebagai informasi bagi pengguna dan mesin pencari mengenai tautan website yang dilampirkan.

Anchor Text: Teks yang dipakai untuk hyperlink disebut anchor text. Tautan backlink teks berfungsi baik ketika sobat mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

.

Daftar isi:
Keuntungan Menggunakan Backlink dalam Praktik SEO
  1. Peringkat di Mesin pencari
  2. Proses pengindeksan Lebih Cepat
  3. Mendapatkan banyak Lalu Lintas  Rujukan
Tips Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

  1. Buatlah Artikel yang mengatakan informasi dan solusi
  2. Blogging Tamu (guest blogging)
  3. Membangun Relasi Pertemanan sesama Blogger
  4. Tulis Informasi yang Paling Banyak Dicari
  5. Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama
  6. Hapus Tautan Rusak di Blog
Website Sumber Backlink Gratis
  1. About Me
  2. Medium.com
  3. YouTube.com
  4. Scribd
  5. Kaskus.co.id

Keuntungan Menggunakan Backlink dalam Praktik SEO



Sebelum saya berbicara perihal laba atau kelebihan backlink backlink salam sebuah website atau blog, Sobat perlu sedikit ketahui bahwa banyak backlink telah berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Ada dikala dimana ketika  tautan berkualitas rendah dari website lain juga sanggup membantu memilih peringkat suatu situs web. Namun semenjak Google meluncurkan algoritma Penguin-nya, seluruh backlinking telah berubah.

Penting bagi sobat untuk mendapatkan backlink dari situs berkualitas, dan backlink tersebut harus kontekstual atau relevan. Misalnya, jikalau sobat mempunyai websiteyang membahas perihal kesehatan, dan sobat menciptakan tautan dari situs niche lain perihal aplikasi bajakan, tautan yang sobat buat tidak akan berguna. Sasaran sobat ialah untuk mendapatkan tautan dari situs resmi dan relevan.

Sekarang mari kita tela'ah mengapa penting bagi sobat untuk mendapatkan backlink ke situs sobat:

1Peringkat di Mesin pencari


Backlink membantu dalam mendapatkan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Catatan penting: "SERP" berarti halaman hasil mesin pencari. Tangkapan layar ini hanya mencerminkan apa yang dilihat orang di Google.

Contoh.Ambil topik “SEO Backlinks ”.

Jika saya memasukkan istilah pencarian ini ke Ahrefs 'Kata Kunci Explorer ( alat penelitian kata kunci ), saya sanggup melihat bahwa sebagian besar halaman peringkat tinggi mempunyai banyak backlink:


Jika konten dalam website atau blog sobat mendapatkan backlink dari situs lain, konten itu secara alami akan mulai menempati peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Jika tidak, maka sobat harus proaktif dan membangunnya secara bertahap.

Yang perlu sobat lakukan ialah menciptakan tautan ke setiap posting / internal link bersama dengan yang mengarah ke beranda blog sobat.

2. Proses pengindeksan Lebih Cepat


Bot mesin pencari akan menemukan halaman web gres dengan mengikuti backlink dari halaman web yang ada. Hanya ketika mereka telah menemukan situs sobat mesin pencari sanggup dengan leluasa menjelajah situs Anda secara efektif .

Akan lebih sulit bagi bot mesin pencari untuk menemukan situs sobat jikalau sobat tidak mempunyai backlink di website atau blog kesayangan sobat. Khusus untuk situs web baru, penting untuk mendapatkan backlink lantaran membantu dalam inovasi dan proses pengindeksan situs sobat akan lebih cepat.

3. Mendapatkan banyak Lalu Lintas  Rujukan

Salah satu manfaat utama backlink ialah membantu website sobat mendapatkan kemudian lintas rujukan. Pada dasarnya, seseorang yang membaca posting sobat sanggup mengklik tautan di posting untuk mengetahui lebih lanjut perihal topik yang dibahas.

Karena orang mengklik tautan secara sukarela, mereka biasanya lebih bertarget dan kecil kemungkinannya untuk meninggalkan halaman dengan cepat (alias tingkat pentalan atau bounce rate rendah).

Biasanya, kemudian lintas rujukan ditargetkan dan mempunyai rasio pentalan yang rendah.

Tips Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Cara mulai mendapatkan backlink:

Kaprikornus kini sobat mengerti apa arti istilah "backlink" lantaran berkaitan dengan SEO dan mengapa mereka penting. Sekarang mari kita mencar ilmu beberapa teknik sederhana untuk memperoleh backlink baru:

Satu fakta penting yang perlu Anda ingat perihal SEO backlink ialah bahwa itu bukan jumlah backlink yang penting, tetapi kualitas backlink.

Jika Anda memakai beberapa layanan berbayar untuk mendapatkan tautan ke situs Anda, kemungkinan besar Anda akan dihukum  oleh algoritma Google Penguin .

Kaprikornus inilah pertanyaannya:

Apa sajakah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog Anda?Cara mulai mendapatkan backlink:

Apa sajakah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk blog Anda?

1. Buatlah Artikel yang mengatakan informasi dan solusi

Jika sobat ingin orang lain atau para blogger lain menciptakan tautan backlink ke blog sobat, sobat harus memberi mereka sebuah alasan. Dan alasan terbaik ialah menciptakan artikel yang luar biasa unik, menarik serta mengatakan informasi dan solusi pada orang lain.

Jika konten Anda bermanfaat dan menyenangkan, orang akan dengan bahagia hati menautkannya ke artikel sobat.

Bagaimana Anda menciptakan artikel yang luar biasa unik, menarik serta mengatakan informasi dan solusi pada orang lain. ?

Berikut ialah beberapa tips untuk Anda mulai:


  • Menyelesaikan masalah. Kebanyakan orang atau pembaca setia sobat membaca konten lantaran mereka mencari solusi dari permasalahan yang sedang mereka alami. Pastikan sobat mengartikulasikan duduk kasus yang sempurna dan mengajari mereka cara memperbaikinya serta mengatasinya.
  • Buat konten yang gampang dibaca dan gampang di pahami. Tulis dalam kalimat pendek dan sederhana tapi padat dan jelas. Jadikan artikel terlihat menarik dengan menambahkan pemformatan, judul, gambar, dan multimedia lainnya biar para pembaca tidak cepat jenuh.
  • Memiliki sudut yang unik. Ada begitu banyak konten di Internet dikala ini dengan pembahasan yang sejenis. Bagaimana artikel Anda akan menonjol dari pada website atau blog lain? maka langkah yang paling ampuh buatlah artikel yang membahas sesuatu dari sudut pandang sobat.
  • Bangun otoritas ke dalam artikel. Orang ingin atau blogger pemula sering mencar ilmu dari blogger yang mempunyai otoritas perihal topik itu di websitenya. Jika bukan salah satunya, sobat tidak perlu khawatir lantaran sobat sanggup mendapatkanya dengan cara mewawancarai dan mengutip para hebat perihal topik tersebut.

Selama bertahun-tahun, saya telah menerbitkan banyak artikel di blog ini yang akan membantu soabt
menciptakan artikel unik, menarik serta mengatakan informasi dan solusi pada orang lain dalam waktu singkat:

Setelah sobat menciptakan artikel yang luar biasa unik dan menarik dan sudah mempublikasikannya. Sekarang saatnya sobat untuk mengirim beberapa email ke jangkauan sobat yakni sekelompok orang yang baik untuk dijangkau ialah para blogger yang telah menerbitkan artikel dengan topik serupa. Karena mereka telah menulis perihal topik itu sebelumnya, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka akan tertarik melihat posting Anda dan menautkan ke artikel sobat.

Untuk menemukan orang-orang ini, cukup masukkan topik artikel sobat (ingat untuk mencoba variasi!) Ke Google. Kumpulkan daftar artikel yang muncul di SERP.

2. Blogging Tamu (guest blogging)

Secara definisi, Guest Blogger atau blogger tamu ialah seorang blogger yang menulis dan mengirim artikel di blog orang lain untuk di publikasikan. Lalu dengan izin si pemilik website artikel tersebut diposting dan diterbitkan di blog tersebut. atau sederhananya, sobat yang menulis satu atau dua artikel di blog orang lain (menyumbang tulisan). Itu yang dimaksudkan dengan Guest Blogger.

Satu tantangan besar dengan blogging tamu ialah menemukan situs untuk blog tamu. Untuk meningkatkan peluang sobat diterima, sobat dapat mencari situs yang sudah mendapatkan posting tamu. Situs-situs ini biasanya mempunyai halaman yang memanggil kontributor, menyerupai halaman “Write For Us” atau “Contribute”. Untuk menemukan situs-situs ini, sobat dapat memakai pencarian  Google.

Tulislah kata-kata di bawah ini di kolom search Google :

  • Tulis Untuk Kami
  • Blogging Tamu
  • Postingan Tamu
  • Blogger Tamu
  • dll
Pastikan sesuaikan dengan niche sobat. Untungya semua itu sanggup gampang dilakukan dengan masuk ke group Facebook Indo Guest Writer, disana ialah daerah untuk menemukan penulis tamu dan blog yang mendapatkan kiriman tamu.

3. Membangun Relasi Pertemanan sesama Blogger

Jika sobat merupakan seorang blogger, jangan hingga terlewatkan hal penting yang satu ini untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Di Jogja misanya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jejaring pertemanan.

Kalau sobat beruntung, sanggup jadi ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website sobat dan bersedia untuk diajak saling bertukar link.

4. Tulis Informasi yang Paling Banyak Dicari

Untuk sanggup menghadirkan konten berkualitas ada banyak sekali macam jalan yang sanggup sobat ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak diharapkan atau sedang ramai di perbincangkan. Sobat sanggup gunakan Google Trend

5. Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama

Blogwalking ialah seorang blogger yang berkunjung ke blog milik blogger lain dengan meninggalkan jejak,jangan hanya membaca artikel saja tetapi sobat juga sebisa mungkin harus meninggalkan jejak supaya sanggup dikunjungi balik oleh Blog Tetangga tersebut. jejak itu menyerupai berkomentar disuatu postingan milik blog tetangga.. ( hingga sini sudah paham?? ).

Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan lantaran dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendongkrak posisi website di hasil pencarian. Namun, bagaimana jikalau blogwalking dilakukan pada blog/website dengan topik bahasan yang sama? Silahkan Anda coba dan buktikan sendiri efeknya.

6. Hapus Tautan Rusak di Blog

Website atau blog kesayangan sobat terus berkembang. Halaman dimodofikasi mengubah, memindahkan, atau dihapus tanpa sengaja. Tautan rusak ialah tautan ke halaman yang sudah tidak ada.

sudah niscaya baik itu pemilik atau pengunjung Tidak ada yang suka akan hal itu itu. Webmaster dan pencari membenci tautan yang rusak lantaran mereka berkontribusi pada pengalaman pengguna yang buruk.

Tapi, mereka tetap ada lantaran sibuk dan tidak menyadarinya. Dibutuhkan banyak upaya untuk terus-menerus membersihkan situs sobat dari tautan yang rusak.

Strategi ini memanfaatkan itu. Konsepnya sederhana:


  • Sobat menemukan tautan yang rusak di blog
  • Sobat menciptakan ulang konten yang mati atau salah hapus
  • Sobat menjangkau orang-orang yang menautkan ke konten yang mati itu dan meminta mereka untuk menautkan ke versi yang sobat buat ulang.
Bagian terpenting dari seni administrasi ini ialah menemukan konten "rusak" yang sempurna untuk diciptakan kembali dan dilemparkan. Untuk melaksanakan ini, sobat akan memerlukan alat yang memungkinkan untuk menganalisis Tautan rusa menyerupai 404 not found”.

Manfaatkan  Free Tools Melihat Backlink Kompetitor

Agar proses pencarian backlink Anda semakin mudah, gunakan juga tools menyerupai Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang sanggup menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dari data tersebut, kemudian sanggup Anda pilah untuk dijadikan sasaran menciptakan link building yang lebih optimal. Sayangnya, tools ini menerapkan sistem berlangganan sehingga Anda harus mengeluarkan investasi uang yang angkanya cukup lumayan.

Mengirimkan blog Anda ke direktori web

Mengirimkan blog sobat ke direktori web ialah cara gampang lain untuk mendapatkan backlink. Metode ini tidak terlalu terkenal akhir-akhir ini lantaran menemukan direktori web yang legal tidak mudah. Terutama harus menghindari direktori web yang meminta sobat menciptakan backlink ke situs web mereka untuk memasukkan situs web sobat ke direktori mereka.

Note penting:  Jika sobat menggunakan taktik penyerahan otomatis, berhentilah melaksanakan tidakan dengan segera. Pengiriman situs web otomatis akan menjadikan blog sobat muncul sebagai spam, dan biayanya akan sangat besar dalam hal otoritas domain sobat atau bahkan peniadaan total blog sobat dari mesin pencari Google jikalau Google mendapati hal tersebut.

Website Sumber Backlink Gratis

 ialah salah satu kata yang paling banyak dipakai di dunia meningkatkan secara optimal mesin pencari  Apa Itu Backlink, Keuntungan Backlink Dalam SEO dan Tips  Mendapatkan Backlink Berkualitas

Agar semakin melengkapi pengetahuan sobat perihal apa itu backlink, dibawah ini sudah kami rangkum sejumlah website yang sanggup dijadikan sebagai sumber mencari backlink berkualitas untuk website atau blog sobat.

Perlu diketahui bahwa, proses mencari backlink melalui beberapa situs ini cukup memakan waktu dan melelahkan, jadi jangan lupa siapkan kopi serta makanan ringan biar tetap fokus dan mendapatkan hasil maksimal.

About Me
Domain Authority (DA): 93

Tipe backlink: Profile

Cara mendapatkan backlink: Membuat akun kemudian menambahkan URL website sasaran di halaman about atau profil tautan website atau blog sobat.

Medium.com
Domain Authority (DA): 95

Tipe backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Medium tak ubahnya menyerupai blogspot atau wordpress.com yang mengatakan platform blogging dengan kebebasan menulis yang tidak dibatasi. Jadi, sobat bisa memanfaatkn layanan ini sebagai sarana latihan menulis sekaligus menyisipkan backlink contextual yang mengarah ke website sobat.

YouTube.com
Domain Authority (DA): 99

Tipe backlink: Profile / contextual

Cara mendapatkan backlink: Sebagai salah satu produk hasil besutan Google, YouTube tentu sanggup menjadi salah satu website powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Ada dua cara mendapatkan backlink dari YouTube, pertama sobat bisa memasang URL homepage website di halaman profil about me, kemudian yang kedua YouTube backlink berupa URL homepage maupun artikel yang sanggup disematkan di dalam kolom deskripsi.

Scribd
Domain Authority (DA): 94

Tipe backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Apakah sobat punya file-file kiprah kuliah yang menumpuk di harddisk komputer? Jangan sia-siakan kerja keras sobat tersebut, edit dan tambahkan hyperlink di kepingan dokumen yang berdasarkan sobat relevan, kemudian unggah ke website dokumen sharing Scribd untuk mendapatkan potensi backlink dari situs DA besar.

Kaskus.co.id
Domain Authority (DA): 80

Tipe backlink: Contextul

Cara mendapatkan backlink: Untuk sanggup mendapatkan backlink berkualitas dari Kaskus sobat harus sanggup menciptakan sebuah thread menarik yang tidak repost dan bermanfaat bagi banyak orang. Di bawah thread sobat bisa mengatakan tautan rujukan atau sumberyang benar-benar sesuai dengan topik bahasan terkait.

Demikianlah pembahasan terkait Apa Itu Backlink, Apa Keuntungan Backlink Dalam SEO dan Tips  Mendapatkan Backlink Berkualitas yang sanggup dijadikan sebagai alternatif pilihan. Kita semua tentu setuju jikalau salah satu langkah meningkatkan secara optimal website ialah dengan cara menambahkan kualitas maupun kuantitas backlink senatural mungkin dan jangan lupa untuk selalu cek backlink secara berkala.

0 Response to "Apa Itu Backlink, Laba Backlink Dalam Seo Dan Tips Mendapat Backlink Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel