Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo On Page Yang Efektif Untuk Blog Dan Website

Selamat tiba di blog . Optimasi SEO On Page pada website dan blog. Di tengah ketatnya persaingan perjuangan di dunia online ketika ini, bagaimana cara sobat memaksimalkan bunyi semoga bisa didengar dan diperhatikan oleh para pengguna internet? Mulailah dengan cara meningkatkan secara optimal SEO On Page untuk meningkatkan tingkat visibilitas website atau blog sobat di internet.

Optimasi SEO On Page pada website dan blog Cara Optimasi SEO On Page yang Efektif untuk Blog dan Website

Dalam praktik SEO, ada banyak faktor yang perlu sobat perhatikan semoga website atau blog yang di kelola bisa naik peringkat di hasil pencarian dan website atau blog sobat mempunyai peluang lebih besar berada di halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari ibarat Google, Bing dan lain-lain. 

Untuk memudahkan sobat dalam mempraktikanya, SEO untuk sebuah website atau blog di bagi menjadi dua jenis, yakni SEO on page dan off page, khusus artikel kali ini saya akan fokus membahas apa itu SEO On Page dan bagaimana cara optimasi  on page SEO yang efektif untuk website dan blog sobat.

Apa Itu SEO On Page ?


Mungkin sobat sering mendengarkan dan tidak abnormal lagi dengan istilah yang satu ini, namun apa bahwasanya sih yang di maksud SEO on page?

SEO On-page yaitu praktik mengoptimalkan SEO setiap halaman web yang di terbitkan untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi dan mendapat lebih banyak kemudian lintas yang relevan di mesin pencari. 

Langkah mengoptimasi  SEO on page fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten atau halaman web. Sederhananya, SEO on page sanggup diartikan sebagai langkah meningkatkan secara optimal meningkatkan kualitas konten blog atau website semoga gampang dibaca dan dipahami pembaca website atau blog.

Tidak hanya itu saja, on page SEO yang dioptimasi dengan baik dan benar juga akan sanggup memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relevansi website sobat dengan kata kunci yang dicari.

Jadi, fokus sobat disini yaitu membuat sebuah website atau blog dengan konten yang berkualitas di dalamnya. Dimana para pengunjung akan betah dan merasa suka dengan konten yang sobat suguhkan, sehingga mereka akan lebih sering dan lebih usang berinteraksi dengan inspirasi kreatif yang sobat tuangkan lewat lonten yang berkualitas. Semakin sering pengunjung berinteraksi dan betah berlama-lama di web atau blog sobat, maka hal inilah yang dicari oleh Google.

Cara Optimasi SEO On Page untuk Blog dan Website


Membahas ihwal taktik ini, mungkin sobat sudah familiar  dan tak abnormal lagi dengan istilah-istilah ibarat keyword density, meta tags, title tag dan lain sebagainya.

Semuayang bersangkutan dengan istilah-istilah tersebut mengacu pada teknik yang dipergunakan dalam cara meningkatkan secara optimal SEO on page sebuah website atau blog. Namun, tahukah sobat kalau ada begitu banyak sekali teknik-teknik lain yang bisa sobat gunakan dalam mengoptimalkan SEO on page.

Dibawah ini yaitu daftar cara meningkatkan secara optimal SEO on page yang gampang untuk diikuti dan di praktikan namun jitu dalam memperlihatkan hasil yang sobat inginkan untuk menaikan peringkat website atau blog sobat.

Daftar isi:
  1. Meletakan Keyword pada Title Tag
  2. Membuat URL Artikel yang Singkat
  3. Membuat URL Artikel yang SEO Friendly
  4. Gunakan Long Tail Keyword pada Judul Artikel
  5. Gunakan Heading (H1/H2/H3…H6)
  6. Kenyamanan Pengunjung atau User
  7. Buatlah Artikel yang Panjang
  8. Buatlah Artikel Berkualitas dan Solutif
  9. Letakan Keyword di 100 Kata Pertama  Dalam Artikel
  10. Sisipkan Outbound Link Pada Artikel
  11. Gunakan Internal Link dalam Artikel
  12. Gunakan Permalink Sederhana
  13. Multimedia
  14. Optimasi Gambar dalam Artikel
  15. Gunakan Tempalate yang Responsif
  16. Kecepatan Loading Website atau Blog
  17. LSI Keyword
  18. Buat Link Kaprikornus Open in New Tab
  19. Tombol Share Media Sosial di Bawah Postingan
  20. Gunakan Meta Description
  21. Kroscek atau me-review Penulisan


1. Meletakan Keyword pada Title Tag

Pada title tag sobat bisa meletakan kata kunci yang di bidik. Berdasarkan ajuan oleh para pakar SEO, Keyword atau kata kunci lebih baik di letakan di awal judul dibandingkan di letakan di tengah dan simpulan judul. 

Misalkan  sehabis riset kata kunci sobat ingin membuat judul artikel dengan membidik kata kunci " Optimasi SEO On Page ", sobat bisa mengembangkan kata kunci tersebut sebagai berikut :

  • Judul 1  : Optimasi SEO On Page yang efektif pada webite atau blog
  • Judul 2  : Ungkap diam-diam dari cara Optimasi SEO On Page yang efektif pada webite atau blog
Dari kedua judul di atas terlepas dari faktor apapun, mesin penelusuran lebih menyukai dan lebih  memprioritaskan judul 1 lantaran pada judul 1, kata kunci Optimasi SEO On Page diletak pada awal kalimat sedangkan pada judul 2 kata kunci yang di bidik di letakan di tengah kalimat.

Jadi bisa ditarik kesimpulan mengenai Title Tag  adalah. dalam membuat judul sebuah artikel alangkah baiknya kata kunci di letakan di awal judul artikel semoga artikel yang di buat juga SEO friendly.

2. Membuat URL Artikel yang SEO Friendly

Sering kita jumpai majemuk bentuk penulisan URL artikel atau halaman statis di website atau blog, ada URL yang pendek dan gampang di ingat tapi ada pula yang panjang sulit dan sangat sulit untuk di ingat  dan kadang susah di mengerti.

URL artikel yang baik yaitu URL yang tidak terlalu panjang, minimal 5 kata akan lebih cantik lagi kalau kurang dari 5 kata, dan mewakili isi keseluruhan dari artikel. Misalnya URL https://teamwork212.blogspot.com/cara-optimasi-seo-on-page.htmlSelain itu pastikan ada kata kunci utama yang diletakkan di dalam URL. Biasanya saya hanya meletakkan kata kunci utama saja untuk meningkatkan secara optimal SEO On Page pada URL, jadi URL akan kelihatan pendek.

Mengapa alamat URL singkat begitu penting pada meningkatkan secara optimal SEO on page?, sama halnya ibarat title tag di atas, alamat URL merupakan sebuah sinyal petunjuk untuk semua mesin pencari mengenai niche atau topik yang sobat bahas di artikel.


Berikut ini beberapa situs yang bisa membantu sobat mempersingkat  atau memperpendek URL artikel sobat:

Google URL Shortener Kunjungi situsnya, masukkan link asal yang ingin diperpendek pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol “Shorten URL”. Maka risikonya bisa pribadi sobat dapatkan.

Bitly URL Shortener Caranya sama ibarat pada Google URL Shortener, kunjungi situsnya dan masukkan URL sobat pada kolom tersedia kemudian klik tombol “Shorten”. Maka sobat akan mendapat hasil link singkatnya di bawah kolom tersebut beberapa ketika setelah sobat klik tombol “Shorten”.

3. Buatlah Judul Artikel yang Menarik

Ketika orang-orang mencari sesuatu dengan mengetikan kata kunci di penelususran Google, mereka hanya fokus melihat judul dan deskripsi singkat artikel sobat yang muncul di hasil penelusuran. Kaprikornus sobat perlu membuat judul artikel semenarik mungkin semoga orang pribadi tertarik untuk membaca artikel yang sobat tulis.

Sobat bisa akali dengan menambah angka atau kata sifat untuk membuat judul artikel sobat lebih menarik. Dikutip dari Content Marketing Institute, judul dengan angka akan menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibanding judul tanpa angka. Sebagai contoh:
Meskipun demikian, tidak semua artikel sobat cocok untuk memakai angka pada judul. Tentu sobat tidak harus memakai angka dalam judul artikel yang sobat publikasikan nanti.

4. Gunakan Long Tail Keyword pada Judul Artikel

Seperti halnya membuat judul yang menarik, Long tail Keyword merupakan kata kunci utama namun di kembangkan lagi menjadi 2-5 suku kata. Meskipun kata kunci yang sobat bidik lebih dari 5 suku kata tidak muncul di hasil penelusuran riset kata kunci. Tapi para pengunjung lebih suka suka bahkan lebih banyak memakai Long tail Keyword pada kotak penelusuran Google.

Buatlah judul artikel dengan Long tail Keyword dengan menambahkan frasa yang menarik pengunjung contohnya memakai Tahun, 101, paling banyak di cari , paling lengkap dan lain-lain.

5. Gunakan Heading (H1/H2/H3…H6)

Manfaatkanlah penggunaan heading mulai dari H1, H2, dan seterusnya dengan H6 secara maksimal.

Bagaimana caranya?

Mulai dengan H1. H1 sering juga disebut headline tag. Pastikan bahwa hanya ada 1 buah H1 dalam setiap webpage. Pergunakan H1 sebagai judul artikel dan pastikan terdapat kata kunci yang sobat bidik di dalamnya.

Selanjutnya, pergunakan H2 dan seterusnya sebagai sub-heading alias sub judul. Setiap sub judul menjelaskan mengenai satu aspek tertentu. Dalam setiap sub judul, pergunakan kata-kata yang relevan dan berkaitan dengan kata kunci utama.

Apa manfaat dari penggunaan heading ibarat ini?

Penggunaan heading akan membantu sobat membentuk struktur artikel atau webpage. Artikel dengan struktur yang rapi akan lebih terperinci dan lebih menarik bagi para pengunjung. Dari segi kegunaan ataupun dari segi SEO, penggunaan struktur ibarat ini terperinci jauh lebih bermanfaat.

Para pengunjung juga akan lebih gampang dalam melaksanakan scanning untuk menemukan topik khusus yang mereka cari. Jadi, manfaatkan penggunaan heading dengan baik dalam artikel yang sobat buat.

6. Kenyamanan Pengunjung atau User

Kenyamanan user atau pengunjung merupakan meningkatkan secara optimal SEO yang juga perlu sobat perhatikan dan sangat penting. Pernah masuk web atau portal gosip yang isinya penuh iklan ? apakah sobat merasa nyaman baca artikel-artikel yang ada di dalamnya ?

Atau pernahkah sobat berkunjung di blog yang artikelnya dipotong-potong jadi beberapa halaman ? apakah sobat merasa nyaman atau malah merasa terganggu ketika membacanya ? Saya yakin sobat kesal dan juga merasa risih.

Kenyamanan user dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya navigasi yang mudah, pemilihan warna blog yang sedap dipandang, desain blog yang menyesuaikan ketika dibuka di hp, dan banyak lagi.

Jadi, pastikan sobat sudah membuat pengunjung blog sobat nyaman dan betah untuk berlama-lama membaca isi artikel di blog sobat.

7. Buatlah Artikel yang Panjang

Mengapa harus bersusah payah membuat suatu artikel atau konten yang panjang? Jumlah kata dalam konten juga menjadi salah satu indikator SEO on page yang perlu sobat perhatikan. Tidak hanya itu saja konten yang panjang itu sanggup memuat lebih banyak LSI keyword sekaligus sanggup dianggap sebagai klarifikasi atau pemaparan yang komprehensif dari pertanyaan/ keingintahuan pengunjung akan suatu hal yang sobat bahas di artikel sobat.

Mengenai jumlah banyaknya kata yang bisa lebih optimal bagi SEO memang masih jadi perdebatan dari tahun ke tahun di kalangan pakar SEO. Tidak ada angka niscaya berapa jumlah kata yang harus ada dalam artikel. Sebab penentuan jumlah kata selalu berbeda tergantung kata kunci yang ditargetkan dan konten kompetitor. 

Pada tahun 2016 kemudian rata-rata pakar SEO dari Amerika memperkirakan angka 2250 kata sebagai jumlah kata paling ideal demi meningkatkan secara optimal On Page SEO di Blog dan Website . Namun beberapa pakar SEO lainnya beropini apa yang lebih penting yaitu bagaimana kualitas kontennya diubahsuaikan dengan sasaran khalayak, jumlah kata ideal bisa saja hanya 1000 kata namun frekuensi publikasinya ditingkatkan. Tetapi sekali lagi, yang niscaya bila dilogikakan, makin panjang konten Anda maka makin banyak kemungkinan LSI keyword yang ada di dalamnya.

Sobat perlu mengukur berapa panjang kata dalam artikel yang sobat buat. Caranya yaitu dengan melihat jumlah kata konten kompetitor. Setidaknya lihat jumlah kata Artikel yang ada di peringkat tiga teratas hasil pencarian. Setelah itu, buat konten yang jumlah katanya sama atau lebih dari kompetitor. 

8. Buatlah Artikel Berkualitas dan Solutif


Ingatlah sobat “content is king” jadi Buatlah konten  atau artikel yang benar-benar berkualitas.


Selain jumlah kata yang panjang untuk membuat artikel, hal lain yang harus diperhatikan ketika membuat artikel yaitu kualitasnya itu sendiri. Tanpa kualitas yang baik, sebanyak apa pun jumlah kata yang sobat tuliskan, maka akan sulit untuk memenangkan persaingan di hasil pencarian Google. Artikel berkualitas dan disukai pembaca akan lebih gampang mendapat peringkat yang baik, meskipun meningkatkan secara optimal SEO On Page nya tidak maksimal. Berlaku juga sebaliknya.

Seperti apa artikel yang berkualitas?

Artikel yang sobat buat harus bisa menjawab pertanyaan serta permasalahan yang dialami pembaca. Ketika mereka mengetikkan sebuah kata kunci di mesin penelusuran, yang mereka harapkan yaitu tanggapan atas permasalahan yang sedang mereka alami. Kaprikornus pastikan untuk memperlihatkan informasi yang relevan sesuai kebutuhan si pencari. 

Fokuslah sobat membuat artikel yang berkualitas dan memperlihatkan manfaat untuk pembaca di blog sobat. Kalau pembaca suka, percayalah, lambat laun artikel sobat akan naik perlahan lantaran dianggap Google sebagai artikel berkualitas.

9. Letakan Keyword di 100 Kata Pertama  Dalam Artikel

Selain judul artikel, paragraf pertama dalam sebuah artikel juga harus memperlihatkan kesan pertama yang baik pada pengunjung. sobat harus to the point mengenai apa yang akan sobat sampaikan di dalam artikel tersebut. Kaprikornus sebaiknya, letakkan  keyword di 100 kata pertama kalau memungkinkan kalau tidak bisa biarkan saja jangan pernah terkesan memaksa. 

meskipun demikian, tidak semua  keyword yang di bidik cocok untuk diletakkan pada 100 kata pertama pada artikel. Jika memang tidak memungkinkan, sobat tidak perlu memaksakan untuk meletakkan keyword di paragraf pertama atau 100 kata pertama pada artikel . Dengan catatan, sobat bisa membuat paragraf pertama yang menarik dan terperinci sehingga pembaca pribadi tahu apa yang akan sobat bahas di artikel tersebut. 

10. Sisipkan Outbound Link Pada Artikel

Mungkin dari sobat sekalian ada yang masih awam dengan istilah yang satu ini?

Apa sih outbound link? Outbound link ialah referensi pada website lain. Bila sobat mengutip informasi dari website lain, tempatkan sebuah link yang mengacu pada website tersebut.



Ketika sobat membuat artikel, usahakan setidaknya ada satu link ke website lain atau outbound link. Namun, bukan website asal-asalan yang jadi referensi untuk artikel sobat, ya. Pastikan website yang sobat jadikan sumber rujukan punya reputasi yang baik di mata Google. 

Outbound link berfungsi untuk memperlihatkan bahwa konten yang sobat buat punya sumber yang kredibel. Dengan link yang mengarah ke sumber rujukan yang sesuai, konten sobat juga dianggap punya topik yang sama dengan website rujukan tersebut. 

11. Gunakan Internal Link dalam Artikel

Tautan internal atau Internal Link yaitu tautan yang pergi dari satu halaman di domain ke halaman lain di domain yang sama. Internal Link biasanya dipakai dalam navigasi utama.



Tidak hanya menyisipkan outbound link saja di artikel, sobat juga perlu memaksimalkan internal link. Jenis tautan yang satu ini sangat penting untuk memudahkan para pembaca setia blog sobat bisa berpindah dari satu artikel ke artikel lainnya di website atau blog sobat.

Selain daripada itu, internal link juga membantu mesin pencari  ibarat Google,bing, Yahoo untuk memahami artikel dan korelasi antar halaman dalam website atau blog.  Khusus Google paling mengutamakan website atau blog yang artikelnya saling berhubungan. Dan melalui internal link, sobat bisa memperlihatkan keterhubungan antar artikel di website sobat. 

Berapa banyak internal link yang perlu dipergunakan? Cukup beberapa buah internal link dalam setiap webpage atau artikel sudah lebih dari cukup.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memakai internal link:

  • Gunakan internal link yang relevan dengan artikelnya. Jangan hingga link yang sobat tautkan bahwasanya tidak terlalu relevan dengan konten sobat atau bahkan tidak berkaitan sama sekali. Kesalahan tersebut akan membuat pengunjung sobat kesal.

  • Cobalah untuk tidak mencantumkan kata/ frase umum ibarat “Klik di sini” atau “Selengkapnya” sebagai anchor text. Kata-kata ibarat itu bukanlah kata yang teroptimasi bagi SEO.

  • Masukkan setidaknya 2-3 internal link lantaran jumlah memengaruhi meningkatkan secara optimal bagi SEO. Bila suatu halaman sering dihubungkan ke halaman-halaman lainnya dalam artikel, mesin penelusur semacam Google akan menangkap sinyal bahwa halaman di situs itu penting.

  • Gunakan internal link sobat dalam artikel secara natural atau terkesan alami  demi kenyamanan pengunjung dan bobot konten yang lebih. Link yang letaknya dalam konten artikel mempunyai bobot yang lebih dibandingkan link yang diletakkan pada footer maupun sidebar.

12. Gunakan Permalink Sederhana

Cara meningkatkan secara optimal SEO On Page berarti sobat harus memperhatikan URL.

Berbicara mengenai URL, ada beberapa prinsip dasar yang sebaiknya sobat ikuti sebagai cuilan dari teknik SEO on page, yaitu:

  • Deskriptif atau menggambarkan isi dari artikel sobat 
  • Pendek. Pihak Google sendiri telah menyatakan bahwa 3-5 kata pertama dalam URL mendapat perhatian utama. Jadi, buatlah URL yang pendek namun tetap deskriptif. sobat ingin semoga para pembaca bisa dengan gampang mengetahui isi dari artikel sobat tanpa harus melihat segala macam isyarat dan angka dalam URL tersebut.
  • Masukkan kata kunci ke dalamnya
  • Dalam penulisan URL, pisahkan setiap kata dengan hypen (-), bukan dengan underscore (_).
Bandingkan antara 2 rujukan penulisan URL berikut ini:

Contoh 1: http://www.example.com/seo/seo-on-page
Contoh 2: http://www.example.org/title/d4rt7

URL pada rujukan 1 memperlihatkan dengan terperinci isi dari webpage tersebut. Mesin pencari ibarat Google akan dengan menemukan relevansi dari website tersebut untuk ditampilkan pada hasil pencarian.

Sementara itu, penulisan URL pada rujukan 2 terkesan tidak jelas. Mesin pencari tidak bisa menemukan relevansi yang cocok dari webpage tersebut. Tidak ada informasi atau kata kunci khusus yang bisa dikaitkan dengan URL ini. Jenis URL ibarat ini hampir tidak mempunyai nilai bagi mesin pencari.

13. Multimedia

Apa yang sobat rasakan ketika membaca sebuah artikel yang begitu panjang namun hanya dipenuhi dengan kata-kata semata?

Membosankan?

Dalam tekhnik SEO on page, sangatlah penting bagi Anda untuk memanfaatkan banyak sekali jenis multimedia untuk menarik dan mempertahankan perhatian para pembaca.

Anda bisa mempergunakan jenis multimedia yang sesuai dengan kebutuhan.

Bila artikel tersebut merupakan sebuah tutorial, berikan gambar untuk masing-masing tahapan. Bila perlu, buat sebuah video tutorial untuk memperlihatkan citra yang lebih terperinci kepada para pengunjung.

Lebih baik lagi kalau setiap artikel sobat disisipkan video. Menurut Vidyard, artikel dengan video punya kesempatan 53 kali lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google dibanding artikel tanpa video. 

14. Optimasi Gambar dalam Artikel

Saya pribadi sangat merekomendasikan untuk menambahkan gambar di dalam semua artikel sobat. Agar gambar yang sobat tambahkan dalam artikel bisa meningkatkan kualitas SEO on page, ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan. 

Pertama, pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar. Gambar berukuran besar hanya akan memperlambat loading website atau blog sobat. Oleh lantaran itu, sobat perlu memperkecil ukuran gambar. Setidaknya ukuran satu gambar tidak lebih dari 100 KB. 

Sobat bisa memanfaatkan layanan kompres gambar gratis ibarat TinyPNG, ILoveIMG, Trimage, Kraken, OptiPNG dan imagecompressor . Layanan-layanan tersebut akan membantu sobat mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya.

Kedua, berikan nama file sesuai dengan keyword yang sobat targetkan. Nama file yang sesuai dengan keyword bisa membantu gambar tersebut untuk muncul di Google Image Search

Ketiga, ubah alt text sesuai keyword. Alt text atau alternative text berfungsi untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang Anda bahas di artikel. Selain itu, alt text yang sempurna juga memudahkan gambar untuk muncul di hasil pencarian gambar. 

Keempat, Tambahkan judul yang unik untuk setiap gambar

Jenis gambar ibarat apa yang bisa Anda masukkan dalam setiap webpage?

Anda bisa memasukkan gambar apapun yang relevan dengan konten yang ada. Bisa berupa foto, tabel, infografis, diagram, data statistik, dan lain sebagainya.

15. Gunakan Template Responsif (Mobile Friendly)

Yang dimaksud dengan tema atau template responsif yaitu tema atau tempalate yang kompatibel dengan perangkat apa pun. Baik dibuka di perangkat desktop, tablet, maupun perangkat smartphone, website sobat tetap berjalan dengan baik dan responsif.


Sayangnya tidak semua tema blog atau website responsif. Kaprikornus sobat harus teliti sebelum menentukan tema untuk website atau blog sobat. Pastikan tema yang sobat pilih responsif di semua perangkat, terutama perangkat mobile.

Terlebih lagi, Google sekarang telah menerapkan mobile first indexing yang menuntut pemilik website untuk membuat website yang mobile friendly. Dengan Google Mobile First Index, sekarang Google menilai performa website melalui website versi mobile. Jika website versi mobile sobat menghasilkan performa yang buruk, kemungkinan besar akan besar lengan berkuasa jelek pada kualitas SEO website keseluruhan.

Baca Juga : Tips Memilih Template yang SEO Friendly

16. Kecepatan Loading Website atau Blog

Loading website lambat hanya akan membuat pengunjung putus asa kemudian meninggalkan website sobat. Semakin banyak yang meninggalkan website sobat, semakin tinggi pula bounce rate-nya. Bounce rate yang tinggi tentu akan besar lengan berkuasa jelek pada kualitas SEO sobat.

Maka dari itu, sobat wajib meningkatkan kecepatan website sobat. Sekarang coba cek berapa kecepatan loading website sobat. sobat bisa mengeceknya memakai salah satu dari

Jika kecepatan loading website Anda masih di atas 5 detik, sobat harus mulai waspada. Sebab berdasarkan riset Google, 53 persen pengunjung meninggalkan website yang loading-nya lebih dari 3 detik.

17. LSI Keyword

sobat memang perlu mengulang keyword beberapa kali dalam satu konten atau artikel. Namun, bukan berarti sobat bisa mengulangnya secara berlebihan. Mengulang kata kunci secara berlebihan hanya akan membuat Google menganggap konten atau artikel yang sobat baut sebagai spam.

Untuk menyiasatinya, sobat bisa memanfaatkan LSI keyword. LSI keyword yaitu kata kunci yang masih punya makna ibarat dengan keyword yang sobat targetkan.


Mengapa Anda perlu memakai LSI keyword? Karena kata kunci yang diberikan keyword tool biasanya yaitu hasil penyeragaman dari beberapa kata kunci yang mirip. Akibatnya variasi kata kunci yang diberikan terbatas.

Padahal tidak semua orang memakai satu kunci yang sama persis. Realitanya orang-orang memakai banyak sekali variasi kata kunci untuk mencari sebuah topik. Nah, variasi kata kunci itulah yang disebut dengan LSI keyword. Untuk menemukan LSI keyword, sobat bisa memakai layanan ibarat LSIGraph atau LSIKeywords

18. Buat Link Kaprikornus Open in New Tab

Mungkin membuka link di tab gres terlihat sepele, tapi bisa meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung website sobat. Bayangkan, kalau ada tiga atau empat link di satu artikel, pembaca perlu menekan tombol back berulang kali untuk kembali ke konten pertama. Selain melelahkan bagi pembaca, membuka link di tab yang sama juga dikhawatirkan akan meningkatkan bounce rate.

Sayangnya, blog dengan memakai blogspot secara otomatis mengatur pembaca untuk membuka link di tab yang sama. Kaprikornus sobat perlu mengubah pengaturan ini secara mandiri. Tak perlu khawatir lantaran caranya sangat mudah.

Anda bisa memodifikasi pengaturan link menjadi open in new tab  di editor blogspot ibarat dibawah ini:

1. Klik Link pada Editor blogger blogspot
2. Masukan Link yang di tuju
3. Pilih" Open this link in a new window "
4. Klik " Ok"

Lihat Gambar di Bawah ini



Kekurangan dari cara di atas yaitu sobat perlu memodifikasi pengaturan link setiap memasukkan link di artikel. Apabila ingin cara otomatis, Anda bisa memakai derma script tertentu yang di tanam di sajian edit HTML.

19. Tombol Share Media Sosial di Bawah Postingan

Walaupun share di media umum tidak besar lengan berkuasa secara pribadi ke kualitas SEO, sobat tidak bisa mengabaikannya. Media sosial bisa membantu sobat menjangkau dan membangun audiens gres di banyak sekali platform.

Apalagi masyarakat Indonesia ketika ini dikenal aktif di media sosial. Berdasarkan penelitian APJII 2017, 87 persen pengguna internet Indonesia memanfaatkan internet untuk membuka media sosial. Harapannya pembaca sobat akan membagikan konten sobat ke teman-teman dan followers-nya di media sosial.


Agar pembaca bisa membagikan konten dengan mudah, sobat perlu menambahkan tombol share di semua konten website atau blog sobat. Dengan begitu, mereka hanya perlu menekan tombol share dan otomatis menyebarkan konten di media umum pilihannya.

Untuk menambahkan tombol share di media sosial, sobat bisa memakai derma script tertentu. Terdapat banyak script media umum yang bertebaran di internet yang bisa sobat pilih. Gunakan media umum yang cocok untuk website sobat di artikel ini.

Baca Juga : Cara Memasang Tombol Share Keren dan Responsif di blogger

20. Guna Meta Description

Meta description bukanlah sebuah faktor penting yang akan mempengaruhi peringkat website, namun jangan mengabaikan aspek yang satu ini. Karena, meta description masih menjadi salah satu cara meningkatkan secara optimal seo on page yang memudahkan pengguna menentukan website yang berada di halaman pertama Google.

Mesin pencari ibarat Google akan membaca meta description ini untuk mengetahui topik dari sebuah webpage. Buatlah meta description yang sempurna untuk lebih menarik perhatian para pembaca dan mesin pencari.

Pada awal tahun 2016, Google memperpanjang jumlah abjad yang ditampilkan dalam versi desktop dan mobile. Dalam versi desktop, sobat bisa melihat hingga 200 karakter, sementara untuk versi mobile, sobat bisa melihat hingga 172 karakter.

Jadi, buatlah meta description yang singkat (antara 160-170 karakter), deskriptif, menarik, dan jangan lupa tambahkan kata kunci didalamnya.

21. Kroscek atau me-review Penulisan

Pastikan sobat selalu me-review ulang semua hasil goresan pena di blog sobat sebelum dipublikasi. Baik itu goresan pena sobat sendiri, maupun artikel hasil order jasa penulisan artikel di daerah lain.

Review penulisan dimaksudkan untuk menghindari kesalahan penulisan kata, penambahan / pengurangan kalimat, menghapus kata / kalimat yang dirasa kurang pas ketika di baca, dan banyak lagi.

Buatlah artikel sobat sebaik mungkin lantaran berkaitan dengan kenyamanan user ketika membacanya. Kalau mereka nyaman, otomatis mereka niscaya akan betah berlama-lama di blog sobat.

Dan ini merupakan sinyal cantik untuk Google.

Berlaku sebaliknya. Kalau banyak user yang hanya mampir beberapa detik ke blog sobat karena artikel sobat buruk, maka angka bounce rate akan melonjak tinggi, dan itu membuktikan tidak baik untuk website atau blog sobat.

22. Bullet Point

Selain memanfaatkan tag heading usahakan juga memakai kombinasi bullet point atau angka untuk menjelaskan informasi yang bersifat berurutan / terdiri dari beberapa item.

Paragraf yang panjang terus menerus tanpa henti akan membuat pembaca jenuh. Adanya bullet point memudahkan goresan pena sobat dicerna pembaca.

Akhir Kata...

Demikianlah Tips Optimasi SEO On Page  bukanlah hal sulitkan sobat. Dengan menerapkan cara atau langkah di atas, sobat sudah meningkatkan kualitas on page SEO dengan baik Blog dan Website

0 Response to "Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo On Page Yang Efektif Untuk Blog Dan Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel