Cara Alami Untuk Atasi Kram Perut Dan Nyeri Dikala Haid

Selamat tiba di Blog . Cara Praktis Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid. Untuk para ladies, mungkin sering mengalami kram perut sebelum dan sehabis masa haid. Kondisi yang sering dialami perempuan ini dalam dunia medis dikenal dengan sebutan dysmenorrhea dan umum terjadi pada wanita.



Hal demikian sering mengganggu acara sehari-hari dan bahkan rasa ketidaknyamanan hampir dirasakan oleh perempuan yang sedang haid ( Menstruasi ). Efek nyeri yang dirasakan oleh perempuan pada ketika haid berbeda-beda. Ada sebagian perempuan mencicipi biasa-biasa saja dan ada pula yang mencicipi sakit yang tak terhingga, sehingga mengganggu acara sehari-hari.

Jangan khawatir ada beberapa cara yang sanggup teman terapkan untuk mengurangi rasa sakit kram perut dan nyeri ketika haid. Sebelum masuk ke pembahasan inti teman perlu tahu penyebab kram perut dan nyeri ketika haid.

Penyebab Kram Perut dan Nyeri Saat Haid

Kondisi kram perut dan nyeri pada perempuan biasanya terjadi lantaran badan mengalami perubahan pada ketika haid ( menstruasi ). Kontraksi pada dinding rahim biasanya lebih besar lengan berkuasa supaya dinding rahim sanggup mengalirkan darah menstruasi.

Pada ketika dinding rahim berkontraksi, rahim ( Uterus ) akan menekan semua pembuluh darah yang melapisi rahim. Hal tersebut sanggup memutuskan pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan atau menghantarkan oksigen ke rahim, putusnya anutan darah yang mengantar oksigen ke rahim yang menyebabkan kurangnya kadar oksigen di rahim. Kondisi menyerupai ini menciptakan jaringan yang ada di dalam rahim mulai memproduksi zat kimia yang berjulukan prostaglanin, yang memicu rasa sakit atau nyeri ketika haid.

Cara Praktis Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid

Untuk mengatasi rasa kram perut dan nyeri ketika haid, ada beberapa cara yang sanggup teman lakukan

1. Mengkonsumsi Air Putih Yang Banyak

Banyak minum air putih merupakan solusi paling pertama untuk mengatasi kram perut dan nyeri ketika haid. Pada ketika haid atau mens teman sanggup siapkan sebotol air putih atau belilah sebotol air mineral yang gampang dibawah ketika bepergian jauh.Sobat sanggup menambahkan perasan lemon kedalam sebotol air tadi biar menambah selera dan memberi rasa. Minum banyak air putih memang tidak pribadi mengurangi rasa kram perut dan nyeri yang di timbulkan ketika haid, tapi dengan banyak minum air putih sanggup mengatasi perut kembung dan memperberat rasa kram perut yang sedang di alami.

minuman yang wajib dihindari : alkohol, minuman berkarbonat, dan minuman yang mengandung kafein. 

2. Mengkonsumsi masakan yang sesuai atau masakan yang sanggup mengurangi rasa sakit ketika Haid

Berikut ini masakan yang wajib di konsumsi untuk mengurangi kram perut dan nyeri ketika haid, diantaranya:

1. Makanan yang mengandung Kalsium

Kalsium yang mengandung kalsium di percaya sanggup mengurangi kram otot ketika haid atau menstruasi. Sangat dianjurkan untuk perempuan yang berumur 19-50 tahun biar mengkonsumsi sekitar 1000 mg kalsium setiap hari ketika haid. Berikut makan yang direkomendasikan kaya akan kalsium.
  • Makanan yang berbahan dasar susu
  • Sayur-sayuran berdaun hijau
  • Biji Wijen
  • Almond
Selain daftar masakan diatas, untuk memenuhi kalsium. Sobat sanggup memperolehnya melalui suplemen-suplemen yang banyak di jual di apotik, tapi alangkah baiknya jikalau ingin minum embel-embel kunsultasi dulu dengan dokter apakah embel-embel tersebut baik atau tidak diminum pada ketika Haid.

2. Jahe 

Jahe bukan hanya tumbuhan yang dipakai untuk menghangatkan badan saja, tapi jahe juga dipercaya sanggup mengurangi masalah-masalah kesehatan menyerupai : deman, flu, sakit kepala, dan juga nyeri pada ketika haid. Meminum sepotong jahe yang di campurkan kedalam air hangat sanggup mengurangi kram perut dan nyeri ketika haid.

3. Nasi merah

Nasi merah mengandung banyak vitamin B6. Vitamin B6 yang sanggup membantu teman mengurangi kembung ketika menstruasi.

4. Walnut, almond, dan biji labu (pumpkin seed)

untuk ketiga  jenis makan yang di sebutkan diatas kaya akan mangan,  mangan merupakan mineral yang sanggup membantu mengurangi kram perut dan nyeri ketika haid.

5. Cinnamon ( Kayu bagus )

Kayu bagus ( Cinnamon ) memang sudah usang diketahui dan mempunyai kegunaan untuk mengurangi tanda-tanda flu dan alergi. Akan tetapi, ternyata, kayu bagus juga sanggup membantu mengurangi kram perut dan nyeri  ketika menstruasi. Sebagai tambahan, kayu bagus kaya akan serat, kalsium, dan zat besi. Selain dari itu, kayu bagus juga mengandung mangan, mineral yang sanggup membantu mengurangi masalah-masalah ketika menstruasi.

6. Ayam, ikan, dan sayuran berdaun hijau

Ayam, ikan dan sayuran berdaun hijau ini mengandung zat besi. Zat besi merupakan komponen penting yang hilang pada ketika haid atau menstruasi. Oleh alasannya itu, baik untuk sobat  kembali “mengisi tubuh” teman dengan zat besi melalui masakan yang teman makan.

Sebagai tambahan konsumsilah makan yang rendah lemak dan kaya akan serat  sayur-sayuran berdaun hijau, buah-buahan, biji-bijian utuh.

Makanan yang sanggup memperparah kram perut dan nyeri ketika haid

Selama masa haid atau mens, teman wajib mengetahui dan menghindari masakan yang sanggup memperparah kram perut dan nyeri ketika haid. Berikut makan yang perlu teman hindari serta jauhi diantaranya:
  • Makanan cepat saji
  • Makanan berlemak
  • Goreng-gorengan

3. Kompres Air Hangat

Mengompres cuilan pinggang dan perut dengan kompresan hangat sanggup mengurangi kram perut dan nyeri ketika haid. Sobat sanggup membasahi handuk dengan air hangat atau isi sebotol air hangat kemudian tempelkan pada area pinggang dan perut yang sakit atau kram. Selain meredakan rasa nyeri ketika haid cara ini sanggup menciptakan teman lebih rileks lantaran sensasi hangat.

atau teman sanggup terapkan cara mudah berikut ini:
  • Buatlah kantung dari kain
  • Masukan nasi di kantung tersebut dan jahit sehingga kain tersebut menjadi kantung tertutup menyerupai bantal
  • Masukan kantung yang berisi nasi kedalam microwave beberapa menit, usahakan jangan terlalu panas, teman sanggup memprediksinya sendiri
  • Jika terlalu panas biarkan kantung berisi nasi tadi agak cuek dan kompreskan pada cuilan perut dan pinggang teman yang sakit. Jika ingin pribadi menggunakannya teman sanggup balut kantung nasi tadi dengan handuk atau kain yang tebal dan lansung sanggup digunakan.

4. Lakukan pijatan lembut pada cuilan yang keram

Untuk mengatasi kram perut dan nyeri teman sanggup melaksanakan pijatan lembuh pada perut cuilan bawah dengan gerakan memutar secara perlahan. Sobat sanggup gunakan minyak aroma terapi ketika memijat, yang sanggup menciptakan teman menjadi lebih rileks 

5.  Tetap aktif ( Berolahraga )

Saat rasa sakit akhir haid mungkin menciptakan teman malas bergerak, tapi teman harus lawan rasa sakit itu dengan tetap aktif atau berolahraga. Seperti jalan santai, berlari, dan senam aerobik. Karena dengan tetap aktif atau berolahraga badan akan memproduksi endorfin, adalah suatu zat yang sanggup mengurangi rasa sakit dan juga sebagai painkiller dan peningkat mood secara natular atau memperbaiki suasana hati.

6. Konsumsi obat pereda rasa nyeri

teman sanggup juga mengkonsumsi obat-obatan penahan sakit untuk mengurangi dan meredakan rasa sakit. Akan tetapi, teman jangan lupa untuk memperhatikan secara saksama hukum pemakaiannya. Selain dari itu, jangan mengkonsumsi obat melebihi takaran yang sudah ditentukan oleh tim medis meskipun teman masih mencicipi rasa sakit akhir kram perut dan nyeri ketika menstruasi atau haid. Jangan teman mengkonsumsi obat tersebut jikalau teman pernah mengalami riwayat alergi obat tersebut sebelumnya. Berikut ini daftar obat-obatan yang sanggup teman sanggup tanpa resep dokter:
  • Paracetamol. Tapi ingat, baca dulu hukum pakainya. Jika teman ragu, berkonsultasilah dengan dokter biar sanggup diberikan obat dan takaran yang sesuai.
  • Acetaminophen (harus konsultasikan terlebih dahulu ke dokter bila teman ingin mengonsumsinya ketika sedang hamil)
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Aspirin (tidak boleh dikonsumsi oleh perempuan yang berusia di bawah 20 tahun, kecuali atas proposal dokter)
Jika teman masih mencicipi sakit dan nyeri ketika haid bila melaksanakan sudah melaksanakan cara-cara diatas dan sangat di anjurkan teman harus memeriksakan diri ke dokter bila teman masih mengalami:

  • Rasa sakit yang semakin parah dan tidak sanggup ditahan lagi
  • Kram masih terus terjadi padahal masa menstruasi teman sudah selesai
  • Keluhan teman bertambah, contohnya demam
  • Rasa sakit dan kram ini terjadi semakin sering dan sangat menyiksa sobat
  • Keluarnya gumpalan darah yang banyak
  • Keluarnya cairan vagina yang kental dan berbau busuk

Akhir kata......

Demikianlah Cara Alami Untuk Atasi Kram Perut dan Nyeri Saat Haid.

 tidak memperlihatkan pesan yang tersirat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Referensi:
Institute for Quality and Efficiency in Health Care (IQWiG).(2016). Period pain: Overview. Informed Health Organization. NHS Choices UK (2016). Period pain. Mayo Clinic (2018). Menstrual cramps. Cirino, E. Healthline (2017). Menstrual cramps. Doheny, K. Everyday Health (2017). 10 Ways to Relieve Period Cramps. Wong, C. Verywell Health (2019). Aromatherapy Massage Benefits.

0 Response to "Cara Alami Untuk Atasi Kram Perut Dan Nyeri Dikala Haid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel