Alasan Tribunnews Dibenci Para Blogger Dan Cara Memblokirnya

Selamat Datang di . Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak dikunjungi hari ini. Tercatat di alexa rank indonesia memberikan bahwa tribunnews menempati peringkat ke tiga dibawah google.com dan diatas youtube.com sebagai situs yang paling terkenal di negara indonesia raya.

Sayangnya situs tribunnews ini terlalu kontroversial dalam memberikan berita. Seperti halnya beberapa waktu kemudian ketika tribun memposting berita  “5 Artis Ini Ditolak Deddy Corbuzier Tampil di Hitam Putih, Termasuk Perempuan Ini”, postingan ini pribadi ditanggapi deddy corbuzer melalui akun facebook pribadinya ibarat ini :

Ini kenapa saya tidak pernah di Infotainment, atau media online atau mendapatkan wawancara wartawan belakangan ini.. Apalagi media yang tidak pernah wawancara kemudian ambil gosip sana sini dan di kompile, kasih judul provokatif..
Makanya buat kita yang pintar-pintar jangan kebanyakan baca media online ini lah… Uya kuya, Ivan Gunawan, Chika jessica, ayu tingting, lucinta luna..
Sejak kapan gue blacklist dari program gue ya? YES KALAU tidak sesuai dengan konsep program gue memang hingga Goblok juga gak akan gue undang. Jangankan mereka.. Justin Bieber ke Indo juga gak gue undang kalau gak sesuai dengan konsep program gue di episode itu.
Tapi kok gue gak ingat ya ada wawancara sama mereka di tanya beginian…
Selama mereka punya karya… Tukang becak juga gue undang..
But that’s not the point.. I did mention Lucinta luna.. Kalau tidak sempurna dengan konsep program saya kalau dikala itu di undang dikala lagi heboh gosip beliau operasi dll.. But that’s it.. gue gak ingat ada nyebut nama orang lain..
So u.. Media…. Mostly u yang nulis ini… Kurang berita? Or takut alasannya kini sosmed para artis sudah lebih tinggi traffic nya di banding kalian.. So we don’t really need u?… That’s… A question of life… Tribune style.

Karena postingan penjelasan yang dibentuk deddy corbuzier viral, tribunnews dan beberapa situs agregatornya pribadi menghapus postingan gosip tersebut.

Beberapa waktu kemudian tribun juga disemprot oleh ari lasso gara-gara memuat gosip "Gara-gara salah paham , maia estianty curhat pernah disiram istri ari lasso" lewat status instagramnya yang berbunyi

"Cuma modal ngutip doang dari Instagram masih salah juga. Dasar BODOH dan Goblok!!" tulis Ari di Insatgram pada Kamis (19/12). "Silakan gaesss di tag itu koran (emoji tertawa hingga menangis). Media jaman kini payahh."

Itu alasannya portal gosip tribun menyalah artikan dialog antara ari lasso dengan maia estiyanti disalah satu foto yang diunggah ari lasso kedalam status instagram

 Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak d Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya

Rupanya, dalam komunitas blogger ataupun wordpress indonesia juga sama saja. Tribunnews seolah menjadi momok angker yang merajai hampir setiap kata kunci.

Hampir semua niche terkenal telah diambil tribun termasuk travelling , konten video , makanan , chord gitar, lirik lagu , spoiler anime , tips blogging , bisnis , kesehatan , download lagu mp3/video dan lainnya yang umumnya niche ini diambil oleh web/blog personal

 Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak d Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya
unggahan facebook
Para blogger selalu mengeluhkan konten-konten tribun yang mendominasi halaman pertama google untuk setiap kata kunci tertentu. Ungkapan kekecewaan , makian , ketakutan hingga kesedihan dilemparkan oleh para blogger kepada tribun alasannya dianggap merebut potensi visitor organik mereka. Beberapa blogger mengalami penurunan trafik hingga penurunan pendapatan akhir kalah berkompetisi dengan tribunnews

Wajar saja mereka marah, tribunnews yang dulunya berisi seputar media gosip politik, sosial telah melebarkan sayapnya hingga pada niche spoiler anime , lirik lagu, chord kunci gitar , tips seo blogging dsb yang biasanya niche ini diambil oleh blog-blog personal

Banyak blogger yang mulai hengkang dan menjajali profesi lain ibarat vlog, trading dsb alasannya hampir semua niche sudah disikat habis oleh tribunnews yang tersisa hanyalah microniche yang sulit untuk ditemukan.

Tribunnews tidak hanya menargetkan visitor secara organik dari search engine, banyak sekali layanan iklan mulai dari googleads, facebookads , iklan televisi , sponsor program , berafilasi dengan google news dan lain sebagainya tidak luput dari pasar marketing tribun

Tribunnews juga mempunyai banyak subdomain lokal yang menyajikan informasi gosip lokal ibarat kediri.tribun , medan.tribun , madura.tribun dll sehingga menciptakan otoritas domain utamanya semakin berpengaruh dan hampir seluruh domain utama dan subdomain mendominasi halaman pertama google hingga batas tertentu

Kebanyakan orang awam ketika membaca gosip di internet tidak membedakan apakah itu situs tribunnews atau detik.com , selama gosip tersebut muncul dihalaman pertam google sudah niscaya itulah yang akan dibuka pertamakali oleh pengguna

Dirangkum dari group blogger indonesia, inilah yang menciptakan tribun dibenci :

  • Satu gosip dipecah menjadi beberapa halaman yang banyak sehingga menciptakan pembaca merasa malas
  • Iklan yang ada disitus tribun sangat banyak meskipun pengguna menyalakan adblock termasuk iklan video autoplay yang menguras kuota
  • Halaman tribun sangat lambat untuk dimuat baik diperangkat seluler maupun dekstop, terkadang menjadikan web browser hang
  • Judul beritanya clickbait atau terkesan dilebih-lebihkan
  • Terkadang antara judul dengan isinya berbeda sama sekali
  • Untuk gosip pendek, tribun menggabungkannya dengan gosip lain semoga jumlah halamannya terlihat banyak padahal isinya sudah keluar dari judul utama
  • Niche tribun semakin luas termasuk membagikan lagu mp3 meski diarahkan ke joox atau membagikan film meski nantinya diarahkan ke netflix untuk berlangganan. Namun alasannya keyword mereka merajai halaman pertama google tak heran kalau banyak web wapka download mp3 tersingkir atau web download/streaming film bajakan terlempar ke halaman terbawah (bagus juga sih gotong royong membasmi blog/web ilegal)
  • Isi gosip tribun kurang sanggup dipercayai ibarat beberapa pola kasus dengan para artis yang saya sebutkan diatas
  • Jika tribun mengcopas artikel dari blog, mereka mencantumkan sumber url bukan dalam bentuk tautan link aktif (ini yang menciptakan blogger kecewa alasannya tidak mendapatkan backlink)
  • Judul beritanya terkesan sadis , "Segini Harga Harley yang Tabrak Nenek di Bogor..."

Sejarah berdirinya tribunnews

Diambil dari wikipedia :

Tribunnews.com ialah situs gosip online Indonesia yang dipublikasikan oleh PT. Indopersda Primamedia. Situs gosip online dengan tagline “Berita Terkini Indonesia” ini, berkantor sentra di Gedung Group of Regional Newspaper Kompas, Jl. Palmerah Selatan No.3, Jakarta Pusat. 

Merupakan suatu divisi koran kawasan Kompas, Tribunnews didukung oleh reporter yang bertempat di Jakarta. Situs gosip ini, menyediakan banyak sekali macam gosip yang terjadi baik itu gosip lokal, nasional, hingga internasional secara kasatmata dan cepat. Tribunnews menyediakan wadah bagi masyarakat untuk ikut serta dalam menyebarkan informasi ataupun memberikan gagasan dan pengalaman empiris yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa melalui dua rubrik Tribunnews, yaitu Tribuners dan Citizen Reporter. 

Selain sebagai situs gosip online yang menyediakan electronic paper (epaper) sebagai replika dari koran edisi cetak, Tribunnews juga menyediakan gosip dalam bentuk digital paper, yaitu koran yang terbit secara online dalam format digital. Tribunnews juga mengelola lembaga diskusi serta beberapa komunitas online, ibarat melalui Facebook, Twitter, dan Google+. 

Sesuai dengan perkembangan zaman, Tribunnews juga menyediakan Tribunnews mobile dengan alamat m.tribunnews.com, sehingga memudahkan para pembaca dan memungkinkan untuk memperoleh gosip dimanapun dan kapanpun.

Di ulang tahunnya yang ke-4 pada tanggal 21 Maret 2014, Portal Berita Tribunnews berdasarkan Alexa menempati posisi tiga besar sehabis Detik.com dan Kompas.com (sekarang peringkat 3 besar -2019). Portal Berita ini didukung oleh 500 wartawan dari 22 surat kabar Lokal di 19 kota

Tribun Network ialah kelompok surat kabar kawasan yang dimiliki oleh Kompas Gramedia. Saat ini, kelompok ini telah menerbitkan 29 surat kabar daerah, yang tersebar di 24 kota dan kabupaten di Indonesia. Tidak heran jikalau kalian mendapatkan koran koran Tribun dengan  nama nama: Tribun Batam, Tribun Bandung, Tribun Palembang dst..dst.

Pada tahun 1987, Kompas Gramedia mengambil alih kepemilikan harian Sriwijaya Post di Palembang, Sumatra Selatan. Pada masa itu, ada imbauan dari Menteri Penerangan RI semoga koran-koran besar membantu koran-koran kawasan yang terhambat permasalahan SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers).

Pada final 1987 didirikan unit perjuangan Kelompok Pers Daerah (Persda) dengan nama perjuangan PT Indopersda Prima Media yang kiprah awalnya ialah membantu koran-koran kawasan yang membutuhkan pertolongan. 

Pada tahun 1988, Kompas Gramedia mengambil alih Mingguan Mimbar Swadaya yang namanya diubah menjadi Serambi Indonesia di Banda Aceh, serta surat kabar mingguan Surya di Surabaya (yang didirikan oleh harian Pos Kota pada tahun 1986) yang kemudian diubah waktu terbitnya menjadi harian. 

Tahun 1992, Kompas Gramedia mengambil alih harian Pos Kupang, dan pada tahun 1994 mengambil alih harian Banjarmasin Post.

Pada perkembangan selanjutnya, Persda memperkuat bisnisnya dengan mendirikan sendiri koran kawasan di hampir seluruh provinsi dengan merek Tribun. Diawali dengan Tribun Kaltim pada tahun 2003, kemudian diikuti dengan Tribun Timur, Tribun Jabar, dan surat kabar bermerek Tribun lainnya.

Pada tanggal 22 Maret 2010, Persda berganti nama menjadi Tribun Network. Hal ini bertujuan sebagai "transformasi dari kesan kawasan yang mencolok menjadi berwarna nasional".

Tribun merupakan jaringan sindikat gosip terbesar

Karena induknya tribun sebesar kompas gramedia, maka tak heran kalau tribun mempunyai sumber dana dan keuangan yang berpengaruh untuk mempromosikan pengaruhnya melalui semua saluran gosip milik mereka sendiri atau melalui jasa media besar lainnya ibarat google , facebook , twitter , instagram dsb

Di komunitas blogger indonesa, tribun selalu menjadi topik pembicaraan yang hangat dan sekaligus menjadi topik diskusi yang paling menarik. Tribun ialah situs yang besar dan terkenal, semakin dibicarakan maka pengaruhnya akan semakin kuat. Ini memancing orang-orang untuk membuka situs tribunnews sekedar mencari kesalahan untuk materi hujatan atau penasaran seberapa buruknya halaman tribun

Kebiasaan pengguna membuka halaman tribun akan disimpan kedalam preferensi akun google dan pengguna justru akan lebih sering melihat iklan gosip atau hasil pencarian dari tribun 

Di media umum ibarat facebook kita juga sering melihat gosip tribun , apalagi kalau kita hingga berkomentar atau menanggapi kiriman dimasa depan gosip tribun akan semakin memenuhi halaman beranda facebook kita 

Karena pengaruhnya yang berpengaruh , tribun sanggup melaksanakan apa saja... termasuk mewawancarai presiden , mewawancarai tokoh-tokoh terkenal baik dari generasi pengusaha , pebisnis online , pengrajin , seniman , pejabat atau siapapun alasannya tribun mempunyai kapasitas untuk melaksanakan itu

Kapasitas itu termasuk merek merk yang terkenal, legalitas tubuh perjuangan dimata aturan , tersedianya biaya, SDM yang mencukupi , pengaruhnya yang besar..

Para Blogger tidak akan sanggup bersaing dengan tribun

Maksudnya disini bukan dari segi peringkat. Tentu saja jikalau para blogger mau berusaha lebih keras, mereka niscaya menemukan kompetisi yang sanggup mereka menangkan

Namun para blogger memang tidak sanggup bersaing dengan tribun dalam banyak hal. Konten-konten tribun hampir sebagian besar mendominasi halaman pertama google baik untuk pencarian web , gosip ataupun video. Itu ialah hal yang masuk akal mereka dapatkan alasannya mereka membayar mahal untuk seluruh sumber daya yang mereka miliki

Mereka berbasis tubuh perjuangan , karyawannya di isi oleh penulis mahir , tim IT profesional , pemasar bersertifikat , serta orang-orang yang menguasai keahlian khusus

Mereka juga membayar untuk iklan baik online maupun offline , mereka mewawancarai para tokoh utama , memperluas kantor cabangnya dikota-kota dan banyak hal lain yang mustahil sanggup dilakukan oleh personal blogger

Tribun ialah sindikat tubuh perjuangan yang memang tujuannya untuk berbisnis. Berbeda dengan blog alasannya diawal kemunculannya dulu sekitar tahun 2012 kebawah kala itu blog hanya dianggap sebagai diary online. Barulah pada tahun 2013 adsense mendukung indonesia dan para blogger memonetisasi blognya dengan jaringan periklanan adsense untuk menghasilkan uang

Hingga hari ini, orang-orang mulai menciptakan blog di blogger atau wordpress untuk menghasilkan uang baik secara personal maupun berkelompok. Jika mereka menargetkan kemudian lintas organik maka mereka harus bersaing dengan situs-situs yang mempunyai tubuh perjuangan dan berpengaruh dari sisi modal ibarat tribunnews

Jangankan bersaing dengan situs tribun, bersaing dengan sesama blogger saja sudah sulit apalagi dengan situs berbadan perjuangan lainnya ibarat detik, merdeka , okezone , tempo, mnc news dst

Hari ini, menjadi blogger memang sanggup menghasilkan uang. Berbeda dengan 10 tahun kemudian dimana acara blogging hanya dianggap sebagai sarana menulis buku diary online.

Jumlah blogger terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun belum lagi fenomena vlogger (video blogger) yang terkenal menciptakan para blogger semakin terjepit , fakta lainnya berdasarkan survey PISA: minat membaca masyarakat indonesia yang rendah menempati peringkat 62 dari 70 negara yang disurvey menciptakan konten berbasis teks mulai kurang diminati

Baca juga: Ngeblog ialah pekerjaan jadul!!

Menariknya, hal ini mungkin menjadi perbincangan yang ramai di indonesia. Blogger luar negeri mempunyai kesadaran yang tinggi dan berpikir 2x sebelum melawan situs lain yang berbadan usaha

Blogger indonesia bisanya cuma menghujat , mengeluh , mengkritik dan menyalahkan tribun tanpa ada perjuangan lebih untuk menolong blog mereka yang kian terpuruk. Tentu saja para seorang mahir SEO tribun akan menargetkan tempat-tempat yang strategis untuk menjangkau audiens. Sementara para blogger indonesia hanya nyepam digroup 😂 

Apakah pekerjaan freelance sebagai blogger masih tetap eksis ditahun 2020?

Tentu saja, meskipun banyak orang yang menyampaikan niche blogging tidak menguntungkan atau jarang ada yang klik iklan alasannya pengunjungnya juga para blogger sendiri , kenyataanya saya masih sanggup gajian dari adsense.

Ini ialah sedikit tips untuk menolong blog anda yang trafiknya terpuruk oleh kompetitor-kompetitor yang terus bermunculan :

> Jika niche blog anda fokus pada niche tertentu maka lakukan branding , ibarat halnya mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama kedalam suatu wadah (komunitas, group , halaman ...)

> promosi , ada banyak sekali tempat yang potensial untuk mendatangkan trafik selain dari mesin pencari. Jika ingin melaksanakan promosi berbayar sebaiknya pelajari dulu teknik dasarnya semoga tidak merugi kedepannya. Saya rasa ebook panduan beriklan fbads atau googleads sanggup anda dapatkan secara gratis di internet

> buatlah konten original yang selalu dicari , sudah gak jamannya lagi curhat diblog sanggup bayaran. Menulis artikel dengan potensi pencarian kurang dari 100 dan mengharapkan penghasilan ialah sia-sia

> action, sudah khatam membaca ebook kitab SEO, kitab adsense , kitab blogger, kitab wordpress.. kini saatnya praktek!

> manfaatkan balik situs media masa online ibarat tribun dengan menulis gosip di susukan tribunner atau tribun citizen untuk mempromosikan blog anda. Media portal gosip lain yang sanggup anda manfaatkan ibarat citizen liputan6, kompasiana , kumparan , babe , soloensis dll

Sekarang ini sedang menjamur metode fbads to adsense, pinterest to adsense , twitter to adsense, youtube to adsense, googleads to adsense dsb alasannya disana dianggap sebagai sumber trafik yang lebih menguntungkan daripada search engine

Berdasarkan pengalaman pribadi, lebih gampang mengarahkan 1000 visitor direct dari sosial media lewat jaringan periklanan, pada risikonya visitor direct tersebut akan membantu menaikkan peringkat konten anda dihalaman serp *win-win

Apakah blog saya tergusur oleh tribun? mungkin saja tetapi coba lihat di usia domain yang genap menginjak 1 tahun pertama , helmykediri.com mempunyai peringkat alexa global yang anggun yaitu 190.000

 Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak d Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya
Alexa ialah layanan pemasaran dan bisnis milik perusahaan amazon , meski tidak berafilasi pribadi dengan google tetapi peringkat alexa ranks menjadi metrik yang terkenal untuk memilih peringkat situs dan menghipnotis harga jualnya hehe

Cara menghilangkan tribunnews dari pencarian google

Bagi anda yang tidak ingin membaca gosip dari situs tribunnews.com dengan banyak sekali alasan coba gunakan cara ini

A) Menggunakan operator pencarian

- Silahkan buka web browser apapun itu (chrome , mozilla, baidu , uc browser dll)

- Buka mesin pencari google kemudian kita gunakan operator untuk mengecualikan hasil pencarian

- Ketik kata kunci gosip atau apapun yang ingin anda baca digoogle , tambahkan tanda strip - situs yang ingin di kecualikan misal "pembunuhan -tribun" kemudian tekan enter

- Hasil pencarian yang mengarahkan pada situs tribunnews.com akan disembunyikan atau dihilangkan alasannya fungsi operator tersebut ialah untuk menghilangkan halaman khusus yang terkait dengan kata kunci tribun

 Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak d Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya

B) Blokir tribunnews dari pengaturan pencarian google

- Silahkan buka tools > advanced search > pada none this keyword masukkan tribun dan lainnya yang ingin anda sembunyikan

- Lalu klik simpan dan anda akan di arahkan kembali kehalaman pencarian google

 Tribunnews telah menjadi situs media massa terbesar di indonesia dan yang paling banyak d Alasan tribunnews dibenci para blogger dan cara memblokirnya

Demikian postingan mengenai alasan situs tribunnews dibenci oleh sebagian besar blogger indonesia. semoga bermanfaat. Isi artikel berupa opini dan pendapat pribadi , apabila ada yang tidak sesuai silahkan disampaikan melalui kolom komentar dibawah semoga saya sunting

0 Response to "Alasan Tribunnews Dibenci Para Blogger Dan Cara Memblokirnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel