5 Prediksi Era Depan - Dunia Sepenuhnya Berubah

Layaknya prakiraan cuaca, masa depan juga mempunyai prakiraannya sendiri. Para pemrediksi ini disebut sebagai futuris - sama halnya dengan gitaris, ataupun pianis.
Menurut para futuris, dunia akan mengalami perubahan drastis di bidang teknologi. Akan menyerupai apa sih dunia di masa depan?

1. Hidup di Luar Angkasa

 masa depan juga mempunyai prakiraannya sendiri 5 Prediksi Masa Depan - Dunia sepenuhnya Berubah
Astronomis Carl Sagan bersama Viking Lander dalam eksaminasi pendaratan untuk Mars | Sumber: en.wikipedia.org
Semenjak menjadi populer dengan cosmonaut dan perjalanan ke bulan oleh Neil Armstrong, kehidupan di luar angkasa mulai bertransformasi dari kemungkinan menjadi kenyataan. Akhir-akhir ini, perjalanan luar angkasa menjadi tren perkembangan teknologi - dengan diluncurkannya Curiosity Rover ke tanah Mars, dan rencana diluncurkannya roket ruang angkasa terkuat sedunia, Space Launch System pada tahun 2017.

Bayangkan bila di sebuah lift, tombol-tombol yang kau pencet bukan membawamu ke lantai lain, tapi planet lain. Menurut ilmuwan, hal ini akan menjadi kenyataan sekitar 40-50 tahun lagi. (Sumber: Space Elevator)

2. Komputer Super Kecil

 masa depan juga mempunyai prakiraannya sendiri 5 Prediksi Masa Depan - Dunia sepenuhnya Berubah
Chip DARPA-TIMU yang besarnya hanya seperempat koin Amerika | Sumber: wikimedia.org
Tahukah kau bahwa perusahaan-perusahaan teknologi raksasa menyerupai Intel, mempunyai divisi sendiri untuk memrediksi teknologi di masa depan?
Seperti yang kita tahu, pada tahun 1940an, komputer dimulai dari kotak logam besar. Namun sekarang, komputer pun dapat genggam - ya, smartphone yang kita gunakan sehari-hari itu ialah wujud perkembangan dari komputer yang dulunya sebesar tubuh kita, tentunya dengan pembiasaan fungsi dan kebutuhan sumber daya.

Seorang pendiri Intel, Gordon E. Moore, pernah memrediksi bahwa setiap 2 tahun, jumlah transistor yang ada dalam suatu chip komputer akan bertambah dua kali lipat - dalam kata lain, komputer bertambah kecil menjadi setengahnya setiap 2 tahun.

3. Privasi Data

 masa depan juga mempunyai prakiraannya sendiri 5 Prediksi Masa Depan - Dunia sepenuhnya Berubah
Privasi data menjadi perhatian ketika ini | Sumber: pixabay.com

Mungkin inilah salah satu hal yang paling ditakutkan di masa depan. Sering tidak kita sadari bahwa data (foto, video, dokumen) yang kita upload ke internet itu tidak dapat sepenuhnya kita kendalikan. Dengan semakin pintarnya search engine menyerupai Google yang makin dapat menyajikan apa yang orang cari - privasi kita mungkin suatu ketika akan ada di ambang batas, dimana semua informasi dapat dibeli.

4. Neurohacking

 masa depan juga mempunyai prakiraannya sendiri 5 Prediksi Masa Depan - Dunia sepenuhnya Berubah
Ekspresi seniman Nevit Dilmen wacana gelombang otak ketika kita berpikir | Sumber: commons.wikimedia.org
Hampir sama dengan problem privasi data di atas, neurohacking juga menjadi problem privasi besar di masa depan. Menerjemahkan impuls listrik yang ada di otak kita menjadi ekspresi-ekspresi yang dapat diketahui orang lain ialah hal yang sedang dikembangkan. Sementara itu, coba kita bayangkan sejenak hal apalagi yang dapat kita rahasiakan - bila privasi data dapat dibeli, dan pikiran pun dapat dibaca.

Para ilmuwan di California dan Berkeley sedang berbagi cara untuk membaca pikiran seseorang. Beberapa tahun yang lalu, mungkin perkembangannya dapat diragukan - namun sekarang, perkembangannya menjadi sangat cepat. Sebuah website HowStuffWorks bahkan telah menjelaskan proses kerja otak secara mudah dan dapat dimengerti semua orang.

5. Unjuk Rasa Online

 masa depan juga mempunyai prakiraannya sendiri 5 Prediksi Masa Depan - Dunia sepenuhnya Berubah
Bentuk unjuk rasa di masa depan dapat jadi sangat berbahaya | Sumber: wikimedia.org
Sebelum kurun ke-21, generasi muda belum pernah menjadi sangat terhubung satu sama lain melalui komunikasi jarak jauh. Meskipun terlihat positif, hal ini dapat jadi mempunyai pengaruh negatif yang lebih besar. Dengan sikap generasi muda kini yang pemberontak, dan persebaran seks bebas yang tinggi, suatu ketika - mungkin akan datang saatnya dimana jumlah pengangguran meledak. Di ketika itu, dapat terjadi pemberontakan dimana-mana, online maupun offline. Dan dapat jadi, pemberontaan online ini berwujud menjadi hackers yang akan sulit untuk dihentikan.

Itulah 5 dari banyak prediksi yang dilakukan oleh para futuris. Dengan 5 hal ini saja, dunia dapat menjadi sangat berbeda. Bagaimana menurutmu?

0 Response to "5 Prediksi Era Depan - Dunia Sepenuhnya Berubah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel