Cara Menulis Abjad Bali Di Komputer

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 1.

Hai teman, berjumpa lagi dengan saya. Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat – sobat yang orang Bali menyerupai saya. 

Apakah sobat sudah hafal yang namanya huruf Bali?. Aksara Bali, yang bunyinya (H)A, Na, Ca, Ra, Ka, Da, Ta, Sa, Wa, La, Ma, Ga, Ba, Nga, Pa, Ja, Ya, Nya. Tapi disini aku tidak akan mengajari wacana itu, alasannya aku juga gres belajar, Hehehe.

Seperti yang diketahui, pelajaran huruf Bali biasanya kita mulai sanggup semenjak masih SD (Sekolah Dasar). Selain mengucapkannya, diajarkan juga cara menulisnya. Banyak buku – buku yang berisi huruf Bali, tapi apakah sobat juga ingin menulis (mengetik) huruf Bali pada komputer sendiri?. Jika Iya, lanjutkan membaca artikel ini.

Cara yang kita gunakan yaitu dengan proteksi sebuah font yang berjulukan Bali Simbar. Dengan ini kita sanggup mengetik gaya huruf Bali pada aplikasi terkenal Microsoft Office. Font ini dibentuk oleh orang Bali sendiri yang berjulukan Made Suatjana, kita patut ucapkan terima kasih kepada beliau.

Oke tidak usah berlama - usang lagi...

Tutorial - Menulis Aksara Bali Di Komputer.

Siapkan dulu font Bali Simbar-nya. Jika belum punya, sobat sanggup mengunduhnya lewat link berikut – Unduh Bali Simbar.

Filenya berbentuk ZIP, jadi silahkan ekstrak dulu. Setelah di ekstrak, maka akan tercipta sebuah folder dan di dalamnya akan berisi sebuah file:

  • b_simbar.ttf – File font Bali Simbar yang nantinya akan kita pasang pada komputer.
 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 2.


Setelah itu, pasang fontnya. Berikut yaitu cara memasang font Bali Simbar pada komputer. Klik kanan pada file b_simbar.ttf, kemudian pada sajian pilih “Install”. Selesai...

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer

 Gambar 3.


Sebenarnya hingga disini sudah akibat proses pemasangannya. Untuk memastikan fontnya berhasil terpasang pada Windows, sobat sanggup mengeceknya dengan klik “Start” > “Control Panel” > “Font”. 

Dan berikut yaitu screenshot yang aku ambil dari komputer saya. Fontnya sudah terpasang dengan nama Bali Simbar-B.

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 4.

Bagaimana? gampang bukan cara memasangnya?. Nah berikut yaitu cara menerapkan font Bali Simbar pada aplikasi Microsoft Office Word:

Silahkan buka aplikasi Ms. Office Word, sesudah itu pada tab “Home”, pilih font Bali Simbar seperti gambar dibawah ini.

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
 Gambar 5.

Setelah itu kemudian sobat sanggup coba dengan mengetikkan sebuah huruf, contohnya huruf “H”. Lihatlah hasilnya.

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 6.

Disini sobat sanggup bebas mengetik sepuasnya dengan gaya goresan pena huruf Bali. Tapi perlu sobat ingat, font ini tidak akan otomatis menerjemahkan apa yang diketik, jadi perlu pembiasaan dulu. Untuk jenis yang lainnya menyerupai “gantung – gantungan”, sobat sanggup lihat dari tool bawaan Windows yang berjulukan Character Map.

Cara membukanya yaitu dengan melalui “Start” > “All Programs” > “Accessories” > “System Tools” > “Character Map”.

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 7.

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 8.

 Pada kesempatan ini aku mau mengembangkan suatu hal yang menarik untuk sobat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 9.


Oke, sekian dulu artikel Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer.

CATATAN: Tutorial ini sudah di tes memakai komputer dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1, dengan Microsoft Office 2010 dan 2013.

SEMOGA BERMANFAAT dan TERIMA KASIH

0 Response to "Cara Menulis Abjad Bali Di Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel