Aplikasi Kbbi (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring

Sungguh memprihatinkan memang, melihat anak – anak dewasa jaman kini suka melaksanakan hal yang abnormal – aneh. Seperti misalnya kasus anak “alay” yang suka merubah kata – kata seenaknya, pola menyerupai kata “aku” dirubah menjadi “aq”, kata “kamu” menjadi “kamyu”. Kata - kata alay menyerupai ini biasanya dipakai untuk SMS-an, dan update status di jejaring sosial.

Katanya sih, kalo tidak begitu tidak gaul. Entah itu dapat dibilang kreatif atau bukan, yang niscaya berdasarkan saya “enggak banget dehh!!”. Makanya saya lebih suka pake kata – kata baku sesuai bahasa Indonesia yang benar.

Nah, daripada sobat – sobat ikut – ikutan menyerupai mereka, lebih baik kita mencar ilmu memahami arti/definisi dari sebuah kata. 

Di kesempatan ini saya ingin membagikan sebuah aplikasi yang bernama KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring. Aplikasi ini berisi kumpulan kata – kata bahasa Indonesia beserta definisinya, yang dapat sobat pelajari.

Biasanya KBBI itu bersifat online alasannya ialah berupa website, namun yang satu ini dapat sobat gunakan secara luring (Luar Jaringan) atau Offline. Kita patut mengucapkan terima kasih pada mas Ebta Setiawan selaku pembuat aplikasi ini. 

Beliau ialah pemilik dan penulis di situs http://ebsoft.web.id. Beliau memiliki hobi programming, sehingga sudah berhasil menciptakan beberapa aplikasi bermanfaat yang mengedukasi, misalnya KBBI ini.

Aplikasi KBBI Luring (Offline) memiliki database sebanyak ribuan kata beserta definisinya. Kita hanya perlu mengetik kata yang diinginkan, dan definisi dari kata tersebut akan ditampilkan. Seluruh kata – kata dalam database ini di ambil dari situs PusatBahasa yang beralamat di http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi.

Untuk sobat – sobat yang sudah ingin tau bagaimana tampilannya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

 anak dewasa jaman kini suka melaksanakan hal yang abnormal  Aplikasi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring
Gambar 1.

Saat pertama menjalankan aplikasi KBBI Luring, akan tampil menyerupai gambar 1 diatas. Teman dapat mencari kata yang diinginkan dengan mengetikkannya pada kolom “Lema”, sehabis itu klik “Cari”. 

Contoh saya mencari kata “Aku”, maka akan tampil menyerupai di bawah ini.

 anak dewasa jaman kini suka melaksanakan hal yang abnormal  Aplikasi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring
Gambar 2.

Lihatlah, kata “Aku” definisinya ditampilkan beserta ada juga berupa singkatan yang miring berwarna hijau, yang menunjukan suatu label kelas kata yang bersangkutan, menyerupai label akronim, label bidang ilmu, dan lainnya. Semua arti label itu dapat sobat ketahui dengan menekan tombol “?” (Tanda tanya) pada aplikasi ini.

Sampai dikala ini, versi terbaru dari KBBI Luring ialah 1.5.1. Dan mungkin di masa mendatang akan dikembangkan lagi untuk menjadi lebih baik. Silahkan bagi yang tidak sabar ingin mencobanya, silahkan unduh aplikasinya melalui link di bawah ini. 

Nama: KBBI Luar Jaringan
Unduh: Disini (3.24MB)

SEMOGA BERMANFAAT dan TERIMA KASIH

0 Response to "Aplikasi Kbbi (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Luring"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel