Cara Mengganti Icon Drive Di Windows 7, 8, 10

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Om Swastyastu…

Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10 - Halo sobat, berjumpa lagi dengan aku admin yang paling ganteng. Di artikel ini kita akan membahas perihal bagaimana caranya mengganti icon drive supaya terlihat menarik di Windows Explorer.

Terkadang merasa bosan melihat tampilan icon drive yang itu - itu saja setiap hari, ingin rasanya menggantinya dengan icon lain supaya tampil beda. Nah, sesudah mencari di Google, aku menemukan dua cara yaitu dengan memanfaatkan file autorun.inf dan melalui registry.

Tapi, disini aku hanya akan membahas yang melalui registry saja. Karena sebelumnya aku sudah menulis artikel cara mengganti icon flashdisk memakai file autorun.inf. 

Sebelum memulai tutorial, berikut ialah hal yang harus dipersiapkan…

  1. Drive yang ingin diganti iconnya (misal: drive E:)
  2. File icon “.ico” (misal: aku taruh di -> E:\icon_drive_baru.ico) 
  3. Backup registry Windows (untuk jaga – jaga)


Mengganti Icon Disk Drive Melalui Registry


Munculkan obrolan Run dengan cara menekan Win+R dan ketikkan “regedit”, sesudah itu klik tombol OK untuk memunculkan jendela Registry Editor.

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Silahkan navigasi ke alamat registry HKEY_LOCAL_MACHINE –> SOFTWARE –> Microsoft –> Windows –> CurrentVersion -> Explorer -> DriveIcons.

Jika key DriveIcons belum ada, silahkan buatlah key gres dengan cara klik kanan pada Explorer kemudian pilih New -> Key. Setelah itu, beri nama key tersebut dengan “DriveIcons” sehingga akan menjadi menyerupai gambar dibawah ini.

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Silahkan buat lagi key gres pada DriveIcons, caranya sama menyerupai sebelumnya. Namun beri nama dengan karakter drive yang ingin diganti iconnya, misalkan “E”. Contohnya menyerupai gambar ini…

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Kemudian buat lagi key gres dan beri nama “DefaultIcon”. Sehingga alamat registry menjadi menyerupai dibawah ini…

“HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\DriveIcons\E\DefaultIcon”

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Pada key DefaultIcon di kolom sebelah kanan, klik 2x value yang berjulukan “(Default)”. Lalu ubah nilainya menjadi alamat file icon yang ingin digunakan, contohnya “E:\Icon_Drive_baru.ico”. Setelah itu klik OK dan tutup jendela Registry Editor.

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Sebenarnya hingga disini kita sudah berhasil mengganti icon drive, untuk membuktikannya silahkan buka Windows Explorer dan lihatlah, icon drive sudah diganti…

 berjumpa lagi dengan aku admin  yang paling ganteng Cara Mengganti Icon Drive di Windows 7, 8, 10

Demikianlah cara mengganti icon drive secara manual melalui registry. Jika cara diatas berdasarkan kau begitu ribet, aku punya solusi lain yang lebih simpel dengan memakai aplikasi buatan aku yang berjulukan Easy Drive Icon Changer.

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om…



0 Response to "Cara Mengganti Icon Drive Di Windows 7, 8, 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel