11 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog


Cara Meningkatkan Pengunjung Blog - Kebanyakan seorang blogger mengingikan blognya selalu ramai oleh pengunjung, sudah niscaya itu merupakan  sebuah hal yang lumrah. Yang banyak di idamkankan oleh seluruh blogger

Meskipun niat awal kita iseng ngeblog untuk menyalurkan hobby kita sebagai penulis, niscaya bahagia juga kalau blognya kebanjiran pengunjung kaya pengunjung pasar senggol.

Apalagi yang melaksanakan aktivitas ngeblog dengan tujuan mendapat uang dari blog, sudah niscaya meningkatkan pengunjung blog merupakan sebuah keharusan, lantaran semakin banyak pengunjung blongnya sudah niscaya semakin banyak juga pundi-pundi dolar yang bisa dikumpul.

Tapi yang menjadi sebuah pertanyaan besar dalam benak kita semua adalah, gimana sih cara untuk meningkatkan pengunjung blog ???

Pertanyaan tersebut sering sekali di lontarkan oleh blogger-blogger pemula baik di lembaga diskusi blogger, di group facebook khusus blogger dll.

Baca Juga Artikel : Tips Agar Visitor Blog Tetap Stabil Meskipun Malas Mengupload Artikel

Padahal semua itu sudah di paparkan oleh sebagian besar blogger senior tanah air di antaranya : klik mania.net, sugeng.id, maxmonroe.com yang susahnya kita malas membaca dan malas untuk bereksperimen dengan ilmu yang mereka berikan secara Cuma-Cuma itu.

Nah kali ini saya akan mencoba untuk  memaparkan dan juga menjawab pertanyaan singkat dari teman-teman semua khususnya blogger pemula.

Budayakan membaca hingga tamat artikel ini.

Pertanyaan pertama adalah 

# Kenapa blogku selalu sepi oleh pengunjung???

Sebelum melangkah terlalu jauh wacana cara meningkatkan pengunjung blog, tidak ada salahnya  kita juga harus ketahui dulu apa alasan yang fundamental hingga blog kita sepi pengunjung.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika gres berguru ngeblog, ada beberapa alasan tertentu kenapa blog kita sepi pengunjung???

1. Baru Belajar Ngeblog

Penyebab paling utama yakni kita gres terjun di dunia #Blogging atau dengan kata lain gres berguru ngeblog dan juga juga masih terlalu minim pengalaman wacana blog.

Membuat blog memang praktis tidak hingga 5 menit kita sudah bisa membuatnya dan hal tersebut bisa dilakukan orang awam sekalipun. Tapi susahnya kalau menciptakan blog yang kita miliki populer dan banyak pengunjungnya.

Jika teman-teman masih pemula menyerupai saya ,tidak perlu ragu dan khawatir kalau blog kita sepi pengunjung, lantaran kita butuh waktu dan proses yang panjang dan lebih ulet berguru dalam hal ngeblog.

Tapi kalau teman-teman sudah usang terjun di dunia blogging trus blognya masih sepi pengunjung perlu di pertanyakan dengan cara ngeblognya.

2. Berharap Hal Konyol Yakni “ Pengunjung Akan Datang Sendiri ’’.

Pernah saya tanya diseorang blogger senior wacana cara biar meningkatkan pengunjung blog, Jawabnya simple ajha, yakni banyak-banyak posting ajha dulu artikelnya mas nanti pengunjung akan tiba sendiri.

Bagiku ada benarnya juga sich, tapi kalau itu dilakukan dahulu kala pada awal peluncuran aplikasi blogger. Karena ketika itu kurang persaingan antara para blogger kalau kita sering update artikel maka blog kita akan nangkring dihalaman satu google. 

Tapi hal tersebut tidak berlaku untuk kini lantaran dengan bermodal update artikel saja tidak bakalan cukup, ada hal lain juga yang harus diutamakan yakni SEO dan promosi blog yang kita miliki dengan cara yang benar.

3. Kualitas Konten Yang Biasa-Biasa Saja

Faktor yang memilih seseorang menjadi blogger sukses yakni kualitas konten yang ada didalamnya. Dan kalau ingin mendapat banyak pengunjung blog teman, maka saran dari saya perhatikan juga kualitas konten teman-teman yang ada didalam blog.

Apabila dalam blog teman-teman membahas topik-topik yang sudah rame di bahas, dan kualitas konten tersebut biasa-biasa saja, yakin dan percaya saja bahwa blog teman-teman akan mati dalam persaingan dan usang kelamaan akan mati tenggelang ditengah gencarnya persaingan.

Apabila hal tersebut terjadi pada diri teman-teman, saran dari saya biar teman-teman lebih memfokuskan diri dulu untuk memperbaiki konten-konten yang ada dalam blog jangan dulu pusingin untuk mendapat banyak pengunjung.

4. Selalu Beranggapan Semua Blog Itu Sama.

Jika teman-teman beranggapan bahwa semua blog yang bertebaran di internet itu semuanya sama saja…upss,,,itu anggapan yang salah besar lantaran blog itu mempunyai banyak jenis mulai dari topik pembahasan, sasaran pengunjung dan tujuan dari blog itu sendiri apa?? dan masih banyak lainnya.

Jika teman-teman ingin blognya banyak pengunjung maka syaratnya harus paham dulu perbedaan-perbedaan yang ada, alasannya simple ajha supaya teman-teman bisa menemukan taktik yang baik untuk promosikan blog teman-teman.

5. DLL ( Beberapa Penyebab Lainnya)

Selain 4 poin di atas, masih banyak lagi penyebab kenapa blog teman-teman sepi pengunjung diantaranya desain template yang kurang cantik dan kecepatan loading yang juga super lelet


4 poin diatas sekedar intermezzo supaya lebih membenahi lagi untuk kedepannya, mungkin lebih baiknya kita kembali lagi ke topik. Jangan hingga mati penasaran..hehehehe

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Nah kali ini saya akan coba membeberkan sedikit tips yang bias diterapkan untuk meningkatkan pengunjung di blog teman-teman.

Beberapa tips yang saya paparkan ini diambil dari tumpuan terpercaya dan sudah saya coba di blogku.

1. SEO (Search Engine Optimization) 

Seo atau dengan kata lain melaksanakan meningkatkan secara optimal dimesin pencari yakni sebuah cara meningkatkan pengunjung blog yang masih popular hingga kini ini dan bahkan hamper di lakukan oleh semua blogger (blogger pemula dan blogger senior ).

mengapa demikian???  

Kita ketahui bersama bahwa mesin pencari merupakan sumber paling utama untuk trafik blog terbesar yang ada di internet. Selain itu, SEO bisa diterapkan disegala jenis blog baik itu blog niche, blog gado-gado, blog berita, blog bisnis, blog personal dll.

Tapi meskipun demikian kebanyakan para blogger menganggap SEO bukan merupakan hal tidak niscaya dan cuman buang-buang waktu ajha.

SEO itu sangat penting lho !!!!!

Cuman masalahnya berguru SEO tidak praktis kita bayangkan lantaran SEO selalu berubah-rubah seiring bergantingnya waktu. Butuh kesabaran, ketekunan, tekat yang berpengaruh serta  serta semangat pantang mengalah biar menjadi master ilmu SEO.

Apakah dengan menjadi pakar SEO, master SEO dan lain sebagainya menjamin blog kita akan kebanjiran pengunjung????

No…..tidak !!!!!!!!!!!!!!

Sebuah persepsi yang amat keliru kalau ingin banyak pengunjung harus jadi master SEO, lantaran untuk blogger pemula menyerupai saya tidak perlu harus menjadi master SEO, pakar SEO dll. Teman-teman cuman terapkan teknik SEO dasarnya ajha diantaranya :

  • Riset keyword sebelum upload artikel di Google Adwords
  • Buatlah artikel berkualitas biar disukai  pihak google
  • Terakhir hindari kesalahan-kesalahan SEO yang sering di lakukan pemula menyerupai saya ini



2. Promosikan Blog Dan Konten Di Media Sosial

Berikut yang harus dilakukan yakni harus ulet promosikan blog serta konten yang kita miliki di media sosial, kita ketahui bersama bahwa media umum merupakan sumber trafik paling banyak menempati urutan kedua sesudah mesin pencari atau search engine.

Kendala yang dialami niscaya ada dimana kita sudah berusaha sebarkan link di akun Facebook,Twitter dll tapi pengunjung masih ajah sepi bahkan tidak ada orang yang mampir di blog dan membaca isi postingan kita !!!

Seperti halnya SEO, promosi di akun media umum juga ada tekniknya, tidak semudah sebar link sesudah itu selesai dan berharap pengunjung akan membanjiri blog anda.

Ada beberapa teknik yang harus anda kuasai sebelum mempromosikan blog atau konten di media umum antara lain adalah

Harus aktif dimedia sosial yang paling teman-teman gemari

Pilih salah satu media yang secara pribadi teman-teman sukai atau sesuai sasaran pengunjung blog, kalau blog sobat ramai pengunjungnya dari facebook maka aktif di facebook, tapi malah lebih cantik kalau teman-teman aktif disemua media umum lantaran akan lebih meningkatkan lagi trafik untuk blog.

Gunakan media umum sesuai dengan fungsinya

Jangan terlalu memfokuskan diri dimedia sosial hanya untuk promosikan blog, yakin dan percaya itu ngga bakalan efektif. Gunakan media umum untuk aktifitas social juga bukan semata-mata untuk promosikan blog dan konten tapi juga saling sharing dan memecahkan persoalan yang di alami bloger lain.

Banyakin sahabat di media sosial, gres promosi blog

Percuma juga kita berusaha promosikan blog gres tidak ada sahabat di akun media social, jadi banyakin sahabat atau follower kita gres langkah selanjutnya promosikan blog.

3. Biasakan Blogwalking ( Berkomentar Di Blog Orang Lain )

Berkomentar di blog orang lain merupakan hal yang paling praktis untuk mendatangkan pengunjung di blog. Dilain sisi dengan berkomentar di blog orang lain bisa juga sebagai ajang silaturahim antara sesama blogger dan juga kawasan kita saling berbagi.

Meskipun demikian cara tersebut tidak menjamin blog anda akan kebanjiran pengunjung. Tapi akan sangat penting untuk blogger pemula.

4. Bagi Secara Cuma-Cuma ( Gratisan )

Semua orang niscaya suka yang gratisan, hal tersebut dibilang sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung blog, diantaranya: bagi Ebook, Software, Video tutorial, Foto, Desain Gambar secara gratis.

5. Selalu Welcome Dengan Pengunjung

Ini juga salah satu yang sudah saya lakukan semenjak pertama saya menciptakan blog ini, yaitu peduli dengan pengunjung.

Sedikit apapun pengunjung blog sobat ketika ini, kalau sobat peduli dengan pengunjung bukan mustahil pengunjung yang sedikit tersebut bisa menjadi pintu gerbang untuk ribuan atau bahkan ratusan ribu pengunjung yang lain.

6. Guest Posting

Guest posting atau dalam bahasa indonesianya menulis di blog orang lain merupakan suatu cara yang bisa dikatakan tidak mengecewakan efektif untuk mendatangkan pembaca, apalagi blog sahabat masih baru.

Meskipun demikian hal tersebut belum pernah saya terapkan mungkin belum kini kali.

7. Aktif Di Forum Dan Situs Tanya Jawab

Forum menjadi alternative lain untuk menjaring pengunjung, sudah niscaya promosikan blog di lembaga jangan sembarangan 

Carilah lembaga sesuai dengan topik yang ada di blog teman-teman dengan menjawab pertanyaan dari anggota lembaga tersebut dan menunjukkan tips-tips yang bermanfaat.

Sama halnya disitus Tanya jawab anda bisa menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang bisa membantu angota lain atas permasalahannya sekaligus mencantumkan alamat blog dan apabila pertanyaannya ada di artikel yang kita bahas beritahu saja supaya membacanya atau copy URLnya.

Beberapa situs Tanya jawab 


8. Submit Artikel Di Situs Social Bookmarking

Situs Social Bookmarking bisa dijadikan teladan juga untuk mendapat banyak pengunjung dan bisa mendapat backlink secara Cuma-Cuma(gratis)

Tidak sedikit lho blogger yang mendapat ratusan pengunjung setiap harinya hanya dengan Social Bookmarking.

9. Membuat Video Di Youtube

Teman-teman bisa menciptakan sebuah video sesuai dengan topik di blog. Karena youtube merupakan website urutan ketiga sesudah google dan fecebook, jadi hal tersebut menjadi alternatife lain untuk menarik pengunjung blog.

10. Tulislah Judul Postingan Yang Menarik Minat Untuk Membaca.

Judul merupakan potongan awal yang dilirik pembaca, kalau judul postingan teman-teman tidak menarik dan terkesan membosankan sudah taukan apa yang terjadi.

Tapi sebaliknya kalau judul postingan menarik minat pembaca, bisa jadi menciptakan orang yang tadinya nda ada niat membaca menjadi begitu ingin tau dengan judul postingan yang begitu menarik hati dan menarik.

11. Buatlah Artikel Yang Lagi Trend  

Untuk mencari topik artikel yang lagi trends, sahabat bisa eksklusif ajha ke Google Trends, akan mendatangkan banyak pengunjung lantaran lagi hangat di bicarakan. 

Kesimpulan sesudah membaca secara detail postingan diatas yakni sbb : Jika teman-teman pendatang gres di dunia blogging atau gres berguru ngeblog, maka saran dari saya untuk menerapkan cara yang paling praktis dulu. Kalau nanti sudah cukup banyak pengalaman wacana blog gres mencoba cara yang lebih sulit. mungkin itu saja cara meningkatkan pengunjung blog Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "11 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel